Umlaut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dwititik atau umlaut atau terma ( ¨ ) adalah istilah digunakan untuk menyebut dua istilah yang saling berhubungan: modifikasi huruf vokal khusus dan huruf vokal yang menggambarkan fenomenanya.

Dwititik Jermanik[sunting | sunting sumber]

Dwititik pada sebuah papan ketik komputer Jerman. Nampak pula ligatur ß.

Dalam linguistik, proses umlaut (dari bahasa Jerman um- "sekitar", "transformasi" + Laut "bunyi") or i-mutasi dalah modifikasi dari huruf vokal belakang yang membuatnya dieja lebih ke depan untuk memudahkan pengucapan huruf vokal depan yang muncul di suku kata sesudahnya. Biasanya suku kata sesudahnya itu adalah imbuhan terinfleksi proses ini ditemukan di banyak bahasa.

Istilah "umlaut" awalnya digunakan untuk studi Bahasa Jermanik. Dwititik dulu menjadi produktif dalam sejarah dari bahasa bahasa tersebut (Proto-Germanik), dan hasilnya dapat dilihat dalam huruf vokal pada banyak bahasa Jermanik.

Dwititik jangan dibingungkan dengan fenomena vokal lainnya seperti ablaut (gradasi huruf vokal), yang dapat dilihat dari deklensi kata kerja kuat Jermanik seperti sing/sang/sung.

N̈n̈[sunting | sunting sumber]

"", atau "" (disebut juga n-dwititik) adalah grafem dari alfabet Latin N dengan sebuah dwititik.

Huruf ini ditemukan pada ortografi bahasa Jacaltec (sebuah dialek Maya), dan Malagasy, dan keduanya melambangkan bunyi velar nasal (/ŋ/ in AFI).

Huruf "" ini sangat jarang digunakan, dan hanya ada dalam segelintir bahasa saja, oleh sebab itu huruf ini tidak dapat ditemukan di papan ketik komputer dalam bahasa apapun. Huruf ini juga tidak masuk dalam entitas HTML.

"" dan "" keduanya bukan karakter resmi dalam set karakter Unicode, dan untuk menuliskannya, kedua huruf itu harus ditulis menggunakan huruf "N" atau "n" yang digabung dengan menambahkan dwititik U+0308.

Öö[sunting | sunting sumber]

Huruf ö (O dwititik), sering ditemukan dalam bahasa Jerman dan merupakan gabungan antara huruf "O" dan "E". Bunyinya pun merupakan gabungan dari kedua suara itu, antara huruf "O" dan "E", mirip dengan ucapan untuk dwihuruf "eu" dalam bahasa Perancis (tetapi tidak sama dengan "eu" dalam bahasa Sunda).

Dalam bahasa Jerman, huruf ini merupakan transliterasi dari kata-kata yang diambil dari bahasa Yunani seperti "oikonomia", menjadi "ökonomie" (ekonomi). Contoh kata-kata lain yang menggunakan huruf "ö" ini adalah "römisch-katholisch" (Katolik Roma), dan "trösten" (menghibur).

Huruf "ö" juga digunakan dalam bahasa Swedia dan Finlandia dengan ucapan yang sama dengan bahasa Jerman, dengan pengecualian dalam bahasa Finlandia.

Contoh:

  • Bahasa Swedia: varför = mengapa
  • Bahasa Finlandia: tyttö = anak perempuan

Di dalam bahasa Indonesia huruf ini hanya dijumpai pada kata nanggroë dan sagoë dan nama Aceh.

Keterangan teknis[sunting | sunting sumber]

Karakter Kode jendela kode laman Kode CP850
ä Alt+0228 Alt+132
ë Alt+0235 Alt+137
ï Alt+0239 Alt+139
ö Alt+0246 Alt+148
ü Alt+0252 Alt+129
ÿ Alt+0255 Alt+152
Ä Alt+0196 Alt+142
Ë Alt+0203 Alt+211
Ï Alt+0207, Alt+02255 Alt+651
Ö Alt+0214 Alt+153
Ü Alt+0220 Alt+154
Ÿ Alt+0159 N/A
Umlauts
Karakter Penggantian HTML Unicode
ä a or ae ä U+00E4
ö o or oe ö U+00F6
ü u or ue ü U+00FC
Ä A or Ae Ä U+00C4
Ö O or Oe Ö U+00D6
Ü U or Ue Ü U+00DC
Other double dots
Karakter HTML Unicode
ë ë U+00EB
U+1E27
ï ï U+00EF
U+1E85
U+1E8D
ÿ ÿ U+00FF
Ë Ë U+00CB
U+1E26
Ï Ï U+00CF
U+1E84
U+1E8C
Ÿ Ÿ U+0178


Note: when replacing umlaut characters with plain ASCII, use ae, oe, etc. for German language, and the simple character replacements for all other languages.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]