Triskaidekafobia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Triskaidekafobia adalah sebuah rasa takut yang irasional akan bilangan 13. Kata triskaideka berasal dari bahasa Yunani: tris = 3, kai = dan, deka = 10. Hal ini sering kali dianggap sebagai takhayul. Ketakutan akan hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 disebut paraskavedekatriafobia atau friggatriskaidekafobia.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Konon di Dunia Barat ketakutan akan bilangan 13 dihubungkan dengan posisi ke-13 pada Perjamuan Terakhir Yesus, yaitu Yudas Iskariot, si pengkhianat. Kemudian sebuah tahun solar ataupun lunar selalu terdiri dari 12 bulan sementara sebuah tahun lunisolar terdiri dari 13 bulan.
Namun Triskaidekafobia juga memengaruhi bangsa Viking – oleh mereka dipercayai bahwa Loki dalam panteon Dewa Norwegia merupakan Dewa ke-13. Di kemudian hari oleh orang Kristen dikatakan bahwa ia adalah Iblis, atau merupakan malaikat ke-13.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Fobia mirip[sunting | sunting sumber]

Di Tiongkok, Jepang, dan Korea, yang ditakutkan adalah angka 4. Karena dalam bahasa Mandarin atau bahasa Tionghoa secara umumnya, pelafalan kata “mati” dan “empat” adalah sama. Selain itu harus diperhatikan pula bahwa bilangan 1+3 (yang berada pada angka 13) jika dijumlahkan menghasilkan angka 4.

Sementara di Afghanistan orang tidak mau menggunakan angka 39 pada plat nomor kendaraan atau nomor telepon karena dianggap sebagai angka sial. Tahyul akan angka 39 ini berawal dari cerita tentang nasib buruk seorang germo yang mempunyai mobil dengan plat nomor 39 dan kebetulan juga mempunyai rumah bernomor 39.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Angka 39 dianggap sebagai angka sial di Afghanistan". mbakbro.com.