Toyota Kijang Innova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Toyota Kijang Innova
Toyota Kijang Innova
Produsen Toyota Astra Motor
Toyota Motor Vietnam
Toyota Kirslokar Motor
Kuozui Motors
Toyota Motor Philippines
Masa dalam produksi 2004—sekarang
Perakitan Bangalore, India
Karawang, Indonesia
Santa Rosa City, Laguna, Filipina
Jhongli, Taiwan
Vĩnh Phúc, Vietnam
Kelas MPV
Bentuk kerangka 5 pintu MPV
Platform N-series
Mesin 1TR-FE 2.0L & 2TR-FE 2.7L bensin (VVT-i),
2KD-FTV 2.5L Diesel (D4-D).
Transmisi Manual 5 percepatan dan Otomatis 4 percepatan
Jarak sumbu roda 2.750 mm (108.3 in)
Panjang 4.555 mm (179.3 in)
Lebar 1.770 mm (69.7 in)
Tinggi 1.750 mm (68.9 in)
Berat kosong 1.665 kg (3,671 lb)
Mobil terkait Toyota Fortuner
Toyota Hilux Vigo
Toyota Kijang Innova
Guangzhou Toyota Innova
Kijang Innova facelift (2008-2011)
Grand New Kijang Innova (Kijang Innova generasi kedua, Agustus 2011-2013)
New Kijang Innova (facelift Kijang Innova generasi kedua, Agustus 2013-sekarang)

Toyota Kijang Innova adalah sebuah MPV buatan Toyota Motor Corporation yang diproduksi di Indonesia oleh Toyota Astra Motor sejak tahun 2003. Merupakan kelanjutan dari Toyota Kijang dan dipasarkan tahun 2004. Kijang Innova adalah salah satu dari tiga produk IMV (lainnya adalah Toyota HiLux dan Toyota Fortuner) yang digagas Toyota sebagai basis produk kendaraan global yang berasal dari satu platform. Di negara lain, mobil ini hanya disebut Toyota Innova.

Menurut Filosofi, Toyota Kijang Innova merupakan Kelanjutan Dari Toyota Kijang Long Wheel Base karena Chasisnya kurang lebih Sama Panjangnya.

Kijang Innova juga dijual di India (menggantikan Toyota Qualis), Malaysia (menggantikan Unser), Filipina (menggantikan Toyota Revo), Taiwan (menggantikan Toyota Zace surf),Vietnam (menggantikan Toyota Zace) dan Thailand. Mobil ini juga tersedia di pasar Brunei Darussalam, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Mesin[sunting | sunting sumber]

Dibekali dengan mesin 2.0 liter (136 hp) 1TR-FE VVT-i dan 2.7 liter 2TR-FE VVT-i untuk mesin bensin, serta 2.5 liter (102 hp) 2KD-FTV D4-D common rail variable geometry turbocharger untuk mesin dieselnya. Versi 2.7 liter kini tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Ketika masih dipasarkan, versi 2.7 liter hanya dijual untuk Tipe V dengan transmisi otomatis. Mesin ini sama dengan mesin yang digunakan Fortuner bensin.

Tipe[sunting | sunting sumber]

Tipe Bisnis[sunting | sunting sumber]

Hanya dijual di Indonesia, Merupakan versi paling standard daripada Tipe J. Dilengkapi AC depan, Power steering, Power window, dan Kursi berkapsitas 5 orang.

Tipe J[sunting | sunting sumber]

Hanya dijual di Filipina dan Indonesia, merupakan varian Innova paling standar. Dilengkapi AC depan, power steering, power window, interior standar 2-tone, dan velg besi 14 inchi. Tidak dilengkapi peralatan audio. Di generasi ketiga Kijang Innova, Tipe J telah dilengkapi Head Unit 2Din CD dengan 2 Speaker, AC Double Blower, velg besi 14 inchi Ditutupi Wheel Cap, Wiper Belakang & Intermittent Wiper. Di generasi Kijang Innova keempat Telah Dilengkapi SRS Airbag dan Sabuk Pretensioner dan Force Limiter (PT/FL), tetapi di sisi eksterior Tipe J Tidak mengalami Perubahan eksterior. Diperkenalkan tahun 2009 dengan harga Rp.179 juta. Hanya tersedia dalam versi manual saja dengan mesin 2.0L bensin. Kini tipe J dijual dengan harga 200 juta-an.

Tipe E[sunting | sunting sumber]

Di banyak negara, tipe E merupakan varian paling standar. Dilengkapi kunci manual (tanpa remote control), tidak ada kipas belakang (single blower) (Pada Pergantian mesin Euro2, Innova E telah dilengkapi AC Double blower dan Toyota Auto Alarm) , dan tidak ada lampu kabut, tapi sudah memakai velg aluminium (Di tipe E Automatic) . Sudah ditambah head unit kaset dan 4 speaker. Di Generasi Ketiga, Tipe E kini menggunakan velg terbaru, Head Unit 2Din CD dengan 4 Speaker, Dan Rear Wiper. Pada Generasi Keempat, Tipe E Telah Dilengkapi SRS Airbag dan Sabuk Pretensioner dan Force Limiter (PT/FL), Serta Mengalami Perubahan eksterior. Dijual dengan harga mulai Rp. 220-250 juta.

Tipe G[sunting | sunting sumber]

Varian dari Tipe G ditambahkan head unit 2-DIN, sensor parkir, lampu kabut, kipas belakang. Mulai disediakan model captain seat, yaitu kursi penumpang bagian tengah terpisah menjadi 2 kursi sendiri.

Tipe V[sunting | sunting sumber]

Tipe V merupakan tipe teratas dari Kijang Innova. Dilengkapi dengan kantong udara (airbag), ABS (Anti-lock Braking System), panel informasi (MID/Multi Information Display), pengatur AC digital, jok kulit, head unit dengan DVD dan captain seats optional. Panel interiornya sebagian menggunakan wood panel. Di Kijang Innova Generasi Ketiga, Tipe ini Disediakan Rear Seat Entertainment yang sebelumnya hanya hadir di Tipe Luxury.

Luxury Series[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010, Diluncurkanlah tipe Luxury Series Pada tipe G dan V. Dilengkapi dengan, Spion dengan Lampu Sein, Kursi captain seat, dan Rear Seat Entertainment yang dilengkapi Wireless Headphone dan Remote Control. Di Genrasi Ketiga ini, Tipe Luxury Series telah dilengkapi Front & Rear Bumper Spoiler, Side Spoiler.

Kijang Innova generasi kedua[sunting | sunting sumber]

Konsep terakhir desain Toyota Kijang Innova 2016

Toyota telah mempersiapkan Kijang Innova generasi kedua yang rencananya akan dilempar ke publik tahun 2015. Model ini pertama kali ditemukan bulan Juni 2014 di Puncak, Jawa Barat, saat melakukan tes jalan. Selain itu, mobil ini pun telah melalui tahap tes jalan di Thailand dan India, dimana basis IMV berasal dari negara tersebut. Mobil ini akan tetap menggunakan sasis dan suspensi yang sama dengan Kijang Innova saat generasi sebelumnya. Mesinnya pun direncanakan sama dengan generasi sebelumnya: mesin bensin 1TR-FE 2.0 L 16 katup VVT-i 136 PS (100 kW) 182 Nm. Mesin dieselnya direncanakan akan menggunakan 2KD-FTV 2.5 L D4-D common-rail dengan variable nozzle turbo (VNT) 16 katup 144 PS (106 kW) 350 Nm sama seperti Toyota Fortuner. Jika Toyota memberikan pilihan mesin bensin 1.8L 2ZR-FE dari Toyota Corolla Altis atau mesin bensin 2.0L 3ZR-FAE dengan Valvematic seperti Toyota Nav1 pada mobil ini, itu merupakan pilihan terbaik untuk pasar Indonesia yang menginginkan Kijang yang lebih bertenaga dan lebih irit BBM, karena Kijang masih dikenal sebagai mobil yang haus BBM. Selain itu, mobil ini memiliki aroma desain Toyota Kijang Kapsul, dengan kap mesin yang lebih panjang. Desainnya lebih aerodinamis dengan bagian belakang yang agak pendek untuk membantu aliran udara. Pilar-D kini desainnya lebih menyerupai sebuah Suzuki Ertiga. Desain wajahnya lebih menyerupai Toyota Highlander atau Toyota RAV-4, dengan bahasa desain "Keen Look" seperti pada produk Toyota yang beredar saat ini. Lampu depannya pun telah menggunakan teknologi projector dan juga telah memiliki lampu DRL dengan LED.  

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Toyota Innova

Situs resmi[sunting | sunting sumber]