Toyota Auris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
2007 Toyota Auris

Toyota Auris adalah mobil kompak berbentuk Hatchback yang menggunakan platform tipe E yang sama dengan Corolla. Auris didisain oleh Studio Toyota Eropa di Perancis, dan ditargetkan untuk bersaing di pasar mobil Hatchback di Eropa yang sangat kompetitif. Auris juga dipasarkan di Jepang. Di Australia dan Selandia Baru, Auris disebut Corolla Hatchback, karena brand image Corolla yang sudah sangat kuat disana.

Auris pertama kali diperkenalkan pada pameran mobil di Paris tahun 2006, dan mulai dipasarkan pada awal tahun 2007. Auris dirakit di Jepang, Inggris, dan Turkey.


Generasi Pertama (2006-2012)[sunting | sunting sumber]

2010 Toyota Auris facelift

Toyota Auris tersedia dalam model Hatchback 3 pintu dan 5 pintu, dan khusus di Irlandia juga tersedia model Van 3 pintu. Meskipun berbentuk Hatchback, Auris lebih lebar dari pada Corolla Sedan, serta interior-nya luas. Auris memiliki posisi tuas transmisi yang unik dan tinggi yang disebut Flying Buttress, berbentuk seperti jembatan antara center console dan dashboard, dan dibawahnya terdapat terowongan untuk menyimpan barang-barang kecil.

Mesin yang digunakan oleh Toyota Auris di Eropa adalah 1.4 liter, 1.6 liter, 1.8 liter bensin yang semuanya dilengkapi VVT-i, mesin common rail diesel D-4D 1.4 liter dan 2.0 liter, diesel D-CAT 2.2 liter, serta mesin Hybrid Synergy Drive (HSD) 1.8 liter. Untuk pasar domestik Jepang, mesin untuk Auris hanya 1.5 liter 1NZ-FE dan 1.8 liter 2ZR-FE. Kedua mesin tersedia dengan penggerak roda depan dan all-wheel drive. Corolla Hatchback di Australia hanya menggunakan mesin bensin 1.8 liter 2ZR-FE, sedangkan di Selandia Baru juga tersedia dengan mesin diesel 1.4 liter.

Toyota Blade[sunting | sunting sumber]

Toyota Blade adalah versi mahal dari Auris yang hanya dijual di Jepang. Blade hadir dengan penampilan yang berbeda dengan Auris pada semua panel bagian depan, lampu depan, serta lampu belakang. Interiornya juga lebih mewah. Mesin yang digunakan oleh Toyota Blade adalah 4 silinder 2.4 liter 2AZ-FE and V6 3.5 liter 2GR-FE. Mesin ini juga digunakan oleh Toyota Camry dan Lexus IS350.

Generasi Kedua (2012-Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Toyota Auris Touring Sports

Auris generasi kedua diperkenalkan pada akhir tahun 2012, dan terdiri dari model Hatchback, dan yang benar-benar baru yaitu model Station Wagon yang disebut Touring Sports. Tersedia dengan mesin bensin, diesel, dan hybrid. Di Australia, Auris tetap disebut Corolla Hatchback.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]