Toyota Century

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Toyota Century
Toyota Century 1995
Informasi
ProdusenToyota Motor Corporation
Masa produksi1967-2016
KesamaanMercedes-Benz S600
BMW 750il
Nissan President
Bodi & rangka
Kelasmobil mewah
Bentuk kerangkasedan 4 pintu
Tata letakFR layout

Toyota Century adalah sebuah limosin empat pintu produksi Toyota khusus untuk pasar Jepang. Mobil ini mulai diproduksi Toyota sejak tahun 1967 dan hanya mengalami sedikit perubahan saja sampai diganti model tahun 1997. Toyota Century diambil namanya dari peringatan 100 tahun kelahiran Sakichi Toyoda, pendiri dari Toyota Industries. Mobil ini hanya tersedia dengan mesin V8 dari awal produksinya tahun 1967 sampai 1997. Sekarang mobil ini hanya tersedia dengan mesin V12, mesin yang khusus dibuat untuk Century.

Toyota Century diproduksi dalam jumlah sangat terbatas dan dibuat dengan tangan (hand-made). Biasanya digunakan oleh Perdana Menteri Jepang, para pemimpin senior, dan para pebisnis eksekutif. Dapat dibandingkan dengan Austin Princess/Daimler DS420, ZIS/ZIL, Red Flag, Rolls-Royce dan Maybach. Toyota Century juga dibuat bersaudara dengan Toyota Crown Majesta, sebuah sedan dengan sentuhan modern sehingga menarik para pembeli muda.

Produksi Toyota Century dihentikan pada bulan Oktober 2016, dengan penjualan di Jepang dihentikan pada tanggal 4 Februari 2017.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]