Toyota Avalon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Toyota Avalon
2003–2004 Toyota Avalon XLS
Produsen Toyota
Juga disebut Toyota Pronard (Jepang)
Masa dalam produksi 1994–sekarang
Model berikutnya Toyota Aurion (Australia)
Kelas Full-size
Bentuk kerangka Sedan 4 pintu
Layout FF layout
Mobil terkait Toyota Camry

Toyota Avalon adalah mobil sedan berukuran besar yang dibuat oleh Toyota di Kentucky, Amerika Serikat dari tahun 1994 sampai sekarang. Avalon juga dirakit di Victoria Australia, dan kemudian digantikan oleh Toyota Aurion berbasis Toyota Camry.


Generasi Pertama (1995-2005)[sunting | sunting sumber]

Toyota Avalon CSX MCX10

Avalon pertama kali dibuat pada tahun 1994 untuk model tahun 1995. Trim level yang tersedia adalah XL dan XLS. Mesin yang digunakan adalah 1MZ-FE 3000 cc V6 dengan transmisi automatic 4 speed. Avalon dapat dipesan dengan jok depan bucket atau bench yang dapat memuat 3 orang.

Untuk tahun 1998, Avalon mendapat facelift dengan lampu depan dan belakang yang baru, serta bagasi yang terbuka lebih lebar.

Setelah produksi di Amerika digantikan oleh model baru, Avalon lama tetap diproduksi di Australia. Versi Australia memiliki lampu depan dan grille yang berbeda dari versi Amerika.


Generasi Kedua (2000-2005)[sunting | sunting sumber]

Toyota Avalon XLS MCX20

Avalon ini lebih besar dari model sebelumnya. Dipasarkan di Jepang dengan nama Pronard. Mesin yang digunakan adalah 1MZ-FE berkapasitas 3.0 liter dengan transmisi automatic.


Generasi Ketiga (2006-Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Toyota Avalon XLS GSX30

Avalon baru hanya untuk Amerika. Pronard tidak lagi dijual di Jepang. Avalon menggunakan mesin baru 3.5 liter 2GR-FE dengan Dual VVT-i yang membuatnya efisien dan ramah lingkungan. Transmisinya adalah automatic 5 speed. Avalon ditawarkan dalam trim level XL, XLS, Touring, dan Limited.

Model facelift hadir untuk tahun 2008, dan memiliki transmisi automatic 6 speed. Untuk tahun 2009, semua model Avalon hadir dengan Vehicle Stability Control sebagai perlengkapan standard, dan model Touring tidak lagi diproduksi.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]