Mesin depan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Posisi dari mobil bermesin depan

Mesin depan adalah sebuah tatanan letak mesin dalam sebuah mobil yang berada di bagian depan. Letak mesin yang ada di depan adalah konfigurasi paling populer. Dalam konfigurasi ini mesin diletakan di depan kabin penumpang.

Keuntungan :[sunting | sunting sumber]

  1. Lebih Aman (mesin bisa menjadi tameng menghadapi benturan dari depan)
  2. Lebih mudah didinginkan (karena langsung menerima aliran angin)
  3. Lebih mudah dirawat (karena posisinya di depan, maka selalu terlihat oleh sopir dan penumpang)

Kerugian :[sunting | sunting sumber]

  1. Bobot mobil condong ke depan
  2. Bagi penggerak roda belakang akan banyak tenaga yang terbuang
  3. Membatasi aerodinamika

Mesin di depan menyebabkan sebagian besar bobot kendaraan terkonsentrasi di depan. Hal ini biasanya diatasi dengan berusaha membagi bobot kendaraan kebagian belakang.Seperti menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang, hal ini otomatis membuat berat lebih merata, karena perangkat penggerak roda dan transmisi yg diletakan di tengah bisa mengimbangi berat mesin di depan. Tetapi cara ini mempunyai kerugian banyaknya tenaga mesin yang terbuang dalam perjalanannya dari mesin di depan menuju ban di belakang, perlahan-lahan konfigurasi mesin depan-penggerak belakang mulai digantikan mesin depan - penggerak depan. Konfigurasi mesin depan-penggerak belakang masih populer untuk kendaraan angkut.

Konfigurasi mesin depan-penggerak roda depan sangat menarik untuk diproduksi karena mesin, tranmisi, steering dalam satu paket,sehingga :

  1. Murah
  2. Mudah
  3. Ringan
  4. Efisien

kerugian yang muncul adalah distribusi beban yang tidak merata, hal ini dikompensasi dengan perancangan yang lebih maju dan alat bantu elektronika yang bisa membuat mobil lebih stabil.