Tomorrow Never Dies

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tomorrow Never Dies
007TNDposter.jpg
Sutradara Roger Spottiswoode
Produser Michael G. Wilson
Barbara Broccoli
Penulis Raymond Benson
Pemeran Pierce Brosnan
Teri Hatcher
Jonathan Pryce
Michelle Yeoh
Musik David Arnold dan K.D. Lang
Distributor Metro-Goldwyn-Mayer
Negara Bendera Inggris Inggris
Bendera Jerman Jerman
Bahasa Inggris
Anggaran $110,000,000
Pendapatan kotor $346,600,000
Didahului oleh GoldenEye (1995)
Diikuti oleh The World Is Not Enough (1999)

Tomorrow Never Dies adalah film James Bond ke-18 yang dirilis tahun 1997. Film ini merupakan film kedua Pierce Brosnan dalam memerankan James Bond. Film ini juga merupakan film terakhir bagi produser Albert R. Broccoli yang wafat sebelum film ini resmi dirilis. Sutradara film ini adalah Roger Spottiswoode. Film ini ditulis berdasarkan novel berjudul sama yang dikarang oleh penulis AS, Raymond Benson. Lagu tema film ini sendiri dinyanyikan oleh penyanyi Sheryl Crow.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Plot[sunting | sunting sumber]

MI6 mengirim James Bond 007 (Brosnan) ke perbatasan Rusia untuk mengintai dan melacak sebuah pameran senjata-senjata teroris. Melalui TV, MI6 dan militer Inggris mengidentifikasi beberapa target penting, di antaranya seorang tekno-teroris Amerika bernama Henry Gupta (Ricky Jay) yang sedang memmbeli alat pengacak sinyal GPS buatan Amerika. Meski ditentang M (Judi Dench). Laksamana Roebuck dari AL Inggris, meluncurkan rudal ke arah bazar tersebut. James meloloskan diri dengan sebuah pesawat L-39 Albatros yang membawa 2 rudal nuklir peninggalan Soviet. Gupta sendiri berhasil meloloskan diri dengan alat tersebut.

Raja media Elliot Carver (Jonathan Pryce), pimpinan Carver Media Group Network (CMGN), memulai rencananya untuk memicu perang antara Inggris melawan China, yang akan menggantikan pemerintahan China dengan pemerintahan baru yang mendukung rencananya untuk hak siar eksklusif di China. Dengan bantuan Gupta, ia mengacaukan sinyal GPS dan membuat kapal perang Inggris HMS Devonshire keluar jalur menuju perairan milik China di Laut China Selatan, di mana kapal siluman Carver, dikomandani antek Carver, Mr. Stamper, menenggelamkan kapal itu dengan cara mengebor lambungnya, serta mencuri salah satu rudalnya. kemudian, mereka menembak jatuh sebuah MiG-21 (Chengdu J-7) milik China dan membunuh korban selamat Devonshire dengan persenjataan China. Setelah mendengar pemberitaan CMGN. Roebuck lantas mengirim armada AL Inggris untuk menyelidiki dan mengevakuasi kapal tersebut, dan kemungkinan membalas, membuat M hanya memiliki waktu 48 jam untuk menyelidiki kasus ini.

James Bond lantas ditugaskan untuk menyelidiki Carver, dan mendapati pada hari tenggelamnya kapal itu, salah satu satelit komunikasi Carver mengirim sinyal mencurigakan. Bond kemudian menggoda Paris (Teri Hatcher), istri Carver, yang pernah menjadi pacar Bond, untuk dapat masuk markas besar media Carver di Hamburg, Jerman. Setelah Bond berhasil mendapat kembali pelacak GPS tersebut. Carver memerintahkan Paris dan Bond dibunuh. Di kamar hotel Bond, Paris dibunuh oleh Dr. Kaufman, pembunuh pribadi Carver yang memiliki kemampuan seni penyiksaan chakra, dan seorang ahli forensik. Namun, Bond membunuh Kaufman dan meloloskan diri dengan BMW 750i, mobilnya. Bond kemudian pergi ke Laut China Selatan dengan bantuan temannya, agen CIA Jack Wade, untuk menyelidiki bangkai kapal frigat tersebut, dan mendapati satu rudal yang dibawanya hilang. Bond dan Wai Lin (Michelle Yeoh), agen China yang sedang menyelidiki kasus yang sama, ditangkap oleh Stamper dan dibawa ke gedung CMGN di Ho Chi Minh City, Vietnam, namun mereka berhasil lolos dan menyelidiki kasus tersebut bersama-sama (dan jatuh cinta satu sama lain).

Bond dan Wai Lin kemudian menghubungi Angkatan Laut Inggris dan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China dan memberitahukan rencana Carver yang sebenarnya. Mereka berhasil menemukan kapal siluman Carver di Teluk Ha Long, dan menaiki kapal tersebut untuk mencegahnya menembakkan rudal curian ke Beijing yang dapat membunuh anggota-anggota pemerintahan China dan menggantikannya dengan pemerintah baru yang dipimpin Jenderal Chang (Phillip Kwok), yang pro rencana Carver. Namun, Wai Lin ditangkap. Bond kemudian menyandera Gupta, namun Carver membunuh Gupta. Bond memasang peledak di badan kapal dan meledakkannya untuk membuat kapal tersebut terdeteksi radar dan lebih mudah untuk diserang AL Inggris. Sementara Wai Lin melumpuhkan mesin kapal, Bond mencari rudal tersebut. Ia dipojokkan dan sempat akan dihabisi Carver ketika Bond mengarahkan bor kapal tersebut kepada Carver, yang akhirnya membunuhnya. Kemudian, Bond mencoba menghancurkan hulu ledak rudal tersebut namun Stamper datang dan melawannya. Bond akhirnya membunuh Stamper dengan memerangkapnya ke mekanisme peluncur rudal tersebut dan meledakkannya. Bond dan Wai Lin kemudian menyelamatkan diri dan berapung-apung di puing kapal siluman tersebut sedang kapal Inggris HMS Bedford mencari mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]