A View to a Kill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
A View to a Kill
007AVTAKposter.jpg
Sutradara John Glen
Produser Albert R. Broccoli
Michael G. Wilson
Pemeran Roger Moore
Chris Walken
Tanya Roberts
Grace Jones
Musik John Barry
Distributor Metro-Goldwyn-Mayer
Negara Bendera Inggris Inggris
Bendera Perancis Perancis
Bendera Amerika Serikat AS
Bahasa Inggris
Anggaran $30,000,000
Pendapatan kotor $157,800,000
Didahului oleh Octopussy (1983)
Diikuti oleh The Living Daylights (1987)

A View to a Kill merupakan film James Bond ke-14 yang dirilis tahun 1985. Film ini merupakan film ketujuh dan terakhir untuk Roger Moore sebagai pemeran James Bond sebelum ia digantikan oleh Timothy Dalton dalam The Living Daylights tahun 1987. Film ini juga menjadi film terakhir bagi Lois Maxwell dalam memerankan tokoh Miss Moneypenny. Sutradara film ini adalah John Glen, sementara lagu temanya yang berjudul sama dinyanyikan oleh Duran Duran.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Alkisah pada pertengahan 1980-an, terjadi kemajuan teknologi terutama di bidang chip komputer di dunia barat. Banyak aplikasi canggih terutama militer yang menggunakan teknologi komputer sehingga akan berbahaya jika jatuh ke tangan salah. Tidak heran jika dunia barat sangat melindungi teknologi chip komputer agar tidak jatuh ke tangan musuh yang saat itu sedang berkecamuk Perang Dingin adalah Uni Soviet dan sekutunya.

Alangkah kagetnya ketika pihak Inggris yang berhasil merampas sebuah chip silikon dari Uni Soviet karena menemukan desainnya sangat mirip dengan desain prototip chip Inggris yang mampu menahan radiasi elektromagnetik yang luar biasa dari ledakan nuklir. Pihak pemerintah Inggris mencurigai ada kebocoran dari perusahaan industri teknologi canggih Zorin Industries yang merancang chip tersebut. Oleh karena itu, pihak Inggris lalu menugaskan agen rahasia terbaiknya, James Bond untuk menyelidiki perusahaan tersebut yang dimiliki oleh Max Zorin (Christopher Walken), seorang industrialis jenius.

Kecurigaan Inggris ternyata beralasan, bahkan kasus pembocoran teknologi chip canggih pada Uni Soviet itu didalangi oleh Max Zorin sendiri. Namun James Bond kemudian menemukan bahwa kasus pembocoran itu tidak sesederhana kelihatannya sebab Max Zorin ternyata memiliki ambisi sangat luar biasa yaitu memonopoli teknologi chip. Untuk memenuhi ambisi itu, Zorin berencana mengisi San Andreas Fault dengan air sehingga akan menimbulkan gempa luar biasa yang akan menyapu habis Lembah Silikon (Silicon Valley).

Lembah Silikon merupakan hal vital dalam dunia teknologi komputer sebab lembah tersebut yang terletak di California, Amerika Serikat itu merupakan pusat penelitian dan produsen utama hampir seluruh chip komputer dunia. Kini James Bond berusaha mencegah rencana Zorin yang diliputi kegilaan itu namun ia harus menghadapi anak buah Zorin yang berjumlah banyak. Terutama tangan kanan Zorin yang merupakan pembunuh paling berbahaya, May Day (Grace Jones). Untunglah dalam melawan Max Zorin dan kelompoknya, James Bond dibantu oleh seorang wanita cantik bernama Stacey Sutton (Tanya Roberts).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]