GoldenEye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
GoldenEye
007GEposter.jpg
Sutradara Martin Campbell
Produser Barbara Broccoli,
Tom Pevsner,
Anthony Waye,
Michael G. Wilson
Penulis Michael France
Pemeran Pierce Brosnan,
Sean Bean,
Izabella Scorupco,
Famke Janssen,
Joe Don Baker
Distributor MGM/UA Distribution Co.
Durasi 130 menit
Negara  Britania Raya
Anggaran $60.000.000


GoldenEye adalah sebuah film produksi tahun 1995 yang diedarkan oleh MGM/UA Distribution Co.. Film ini garapan sutradara mereka Martin Campbell.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dengan adegan kilas-balik beberapa tahun sebelum cerita dimulai, ketika James Bond yang berkode 007 bersama sahabatnya 006 (Sean Bean) terlibat dalam sebuah operasi rahasia ke sarang musuh asal Uni Soviet bernama Jendral Ourumov (Gottfried John). Saat melarikan diri, Bond berhasil lolos sementara 006 yang bernama Alec Trevelyan tidak sehingga dianggap gugur.

Adegan kembali ke masa kini, ketika Bond, saat sedang menikmati liburannya, bertemu dengan perempuan cantik namun mematikan bernama Xenia Onatopp (Famke Janssen), salah satu anggota mafia Rusia. Segera keduanya terlibat ’duel’ seru, dan Bond gagal menghadang Xenia dan konconya merebut helikopter 'Tiger, sebuah desain baru yang tidak bisa terlacak radar.

Sementara itu di pedalaman Rusia, Natalya Siminova (Izabella Scorupco) menjadi satu-satunya orang yang selamat ketika stasiun tempatnya bekerja, yang mengoperasikan satelit GoldenEye, diserbu Xenia dan bosnya yang ternyata adalah Jendral Ourumov. Mendengar itu, pemerintah Inggris melalui M (Judi Dench) mengirim Bond untuk menyelamatkan Natalya sekaligus menyelidiki dimana pengendali GoldenEye berada.

Pasalnya, mereka diancam harus menyerahkan tebusan uang dalam jumlah besar kalau tidak mau kota London dibombardir oleh sinyal satelit tersebut, yang mampu merusak semua benda elektronik. Petualangan Bond membawanya kembali bertemu dengan musuh lama Jendral Ourumov, dan yang lebih mengejutkan lagi sahabatnya Alec ternyata masih hidup dan selama ini bekerja untuk pihak musuh.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]