Robert Schumann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Robert Schumann

Robert Schumann (lahir di Zwickau, 8 Juni 1810 – meninggal di Bonn, 29 Juli 1856 pada umur 46 tahun) adalah seorang penggubah dan pianis Jerman. Dia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik Romantik Eropa yang terpenting, serta seorang kritikus musik yang terkenal dalam sejarah. Seorang cendekiawan serta bersifat estetikus, musiknya menggambarkan sifat romantisme yang sangat pribadi. Mawas diri dan sering bertingkah, karya-karya musik pertamanya merupakan percobaan untuk melepaskan diri dari tradisi bentuk dan struktur klasik yang dia pikir terlalu membatasi.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Schumann lahir di Zwickau, Jerman, sebagai anak bungsu dari lima bersaudara.Ayahnya, August Schumann, memiliki sebuah toko buku. Hal ini yang membuat Schumann kecil sering membaca karya sastra klasik Eropa seperti Friedrich Schiller, van Goethe, Byron, dan tragedi-tragedi Yunani Klasik. Dia mulai mengenal musik sejak umur 7 tahun dan suka mencoba untuk menggubah beberapa komposisi tanpa bantuan orang lain. Pada zaman itu, musik-musik dari Ludwig van Beethoven, Wolgang Amadeus Mozart, dan Frank Schubert sedang mengalami kepopuleran dan mempengaruhi Schumann pada karya-karya selanjutnya. Ketika dia berumur 14 tahun, bersama ayahnya, menulis sebuah esai tentang estetika musik.

Kehidupan musik Schumann mengalami masalah ketika ayah Schumann meninggal ketika Schumann berumur 16 tahun. Ibu dan penjaga Schumann ingin Schumann masuk kuliah hukum. Pada tahun 1828, Schumann memilih untuk menuruti ibu dan penjaganya untuk kuliah hukum di Leipzig.

Kembali ke Musik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1830, di Frankfurt, Schumann mendengar konser dari Nicholas Paganini, seorang pemain biola dan komposer Italia yang ternama. Schumann, pada natal tahun yang sama, memutuskan untuk kembali belajar piano di bawah Frederich Wieck, seorang yang menyatakan bahwa Schumann pasti akan menjadi seorang pianis yang sukses setelah belajar beberapa waktu dengannya.

Karir pianis Schumann hancur ketika tangan kanannya mengalami cedera yang parah ketika dia berlatih dengan sebuah alat yang dirancang untuk melatih jari yang paling lemah. Tidak mungkin lagi untuk Schumann menjadi seorang pianis konser. Karena itu, Schumann mengabdikan diri untuk menjadi seorang komponis dengan belajar di bawah Heinrich Dorn, konduktor dari opera Leipzig.