William Blake

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
William Blake
William Blake by Thomas Phillips.jpg
William Blake dilukis oleh Thomas Phillips (1807)
Lahir 28 November 1757
London, Inggris
Meninggal 12 Agustus 1827 (umur 69)
London, Inggris
Pekerjaan Penulis, pelukis, Seni grafis
Aliran sastra Visionary, poetry
Angkatan Romantisisme
Karya terkenal Songs of Innocence and of Experience, The Marriage of Heaven and Hell, The Four Zoas, Jerusalem, Milton a Poem, And did those feet in ancient time
Pasangan Catherine Blake (1782–1827)


William Blake (lahir di London, Inggris, 28 November 1757 – meninggal di London, Inggris, 12 Agustus 1827 pada umur 69 tahun) adalah seorang pelukis Inggris, penyair dan zaman Renaisans. Sebagian besar belum diakui selama hidupnya, Blake sekarang dianggap sebagai tokoh mani dalam sejarah puisi dan seni visual dari Umur Romantik. Puisi kenabiannya telah dikatakan untuk membentuk "apa yang sebanding dengan manfaatnya tubuh setidaknya membaca puisi dalam bahasa Inggris".[1] kesenian visual yang Nya menyebabkan satu kritikus seni kontemporer untuk menyatakan dia "jauh dan seniman terbesar Inggris yang pernah dihasilkan ".[2] pada tahun 2002, Blake ditempatkan di nomor 38 dalam jajak pendapat BBC dari 100 Greatest Britons.[3] Meskipun ia tinggal di London seluruh hidupnya (kecuali untuk tiga tahun yang dihabiskan di Felpham),[4] ia menghasilkan oeuvre beragam dan simbolis yang kaya, yang memeluk imajinasi sebagai "Tubuh Tuhan"[5] atau "Eksistensi Manusia itu Sendiri".[6]

Biografi[sunting | sunting sumber]

William Blake lahir di London pada tanggal 28 November 1757, James, kaus kaki dan pakaian, dan Catherine Blake. Dua dari enam saudaranya meninggal saat masih bayi. Dari anak usia dini, Blake berbicara memiliki visi-empat ia melihat Allah "meletakkan kepalanya ke jendela"; sekitar usia sembilan, sambil berjalan dathrough pedesaan, ia melihat sebuah pohon penuh dengan malaikat. Meskipun orang tuanya berusaha untuk mencegah dia dari "berbohong," mereka amati bahwa ia berbeda dari teman-temannya dan tidak memaksa dia untuk masuk sekolah konvensional. Ia belajar membaca dan menulis di rumah. Pada usia sepuluh, Blake menyatakan keinginan untuk menjadi pelukis, sehingga orang tuanya mengirimnya ke sekolah menggambar. Dua tahun kemudian, Blake mulai menulis puisi. Ketika ia berusia empat belas tahun, ia magang dengan pengukir karena sekolah seni terbukti terlalu mahal. Salah satu tugas Blake sebagai magang adalah membuat sketsa makam di Westminster Abbey, memperlihatkan dia untuk berbagai gaya Gothic dari mana ia akan menarik inspirasi sepanjang karirnya. Setelah jangka waktu tujuh tahun itu berakhir, ia belajar sebentar di Royal Academy.

Pada 1782, ia menikah dengan seorang wanita buta huruf bernama Catherine Boucher. Blake mengajarinya membaca dan menulis, dan juga menginstruksikan dia dalam penggambaran mistar. Kemudian, ia membantunya mencetak puisi diterangi yang ia ingat hari ini; pasangan tidak punya anak. Pada 1784 ia mendirikan printshop dengan teman dan mantan rekan magang, James Parker, tapi usaha ini gagal setelah beberapa tahun. Untuk sisa hidupnya, Blake membuat hidup sedikit sebagai pengukir dan ilustrator untuk buku dan majalah. Selain istrinya, Blake juga mulai melatih adiknya Robert dalam menggambar, melukis, dan ukiran. Robert jatuh sakit selama musim dingin 1787 dan menyerah, mungkin untuk konsumsi. Seperti Robert meninggal, Blake melihat roh kakaknya naik melalui langit-langit, "bertepuk tangan kegirangan." Dia percaya bahwa roh Robert terus mengunjunginya dan kemudian mengklaim bahwa dalam mimpi Robert mengajarinya metode pencetakan yang ia gunakan dalam Songs of Innocence dan lainnya "diterangi" karya.

Karya pertama dicetak Blake, Puitis Sketsa (1783), adalah kumpulan ayat magang, sebagian besar meniru model klasik. Puisi-puisi protes menentang perang, tirani, dan pengobatan Raja George III dari koloni-koloni Amerika. Dia dipublikasikan koleksi yang paling populer, Songs of Innocence, pada tahun 1789 dan diikuti, pada 1794, dengan Songs of Experience. Beberapa pembaca menafsirkan Songs of Innocence secara langsung, mengingat terutama buku anak-anak, tetapi yang lain telah menemukan petunjuk pada parodi atau kritik dalam lirik yang tampaknya naif dan sederhana. Kedua kitab Lagu yang dicetak dalam format ilustrasi mengingatkan manuskrip. Teks dan ilustrasi yang dicetak dari pelat tembaga, dan setiap gambar selesai dengan tangan di cat air.

Blake adalah seorang non-konformis yang terkait dengan beberapa pemikir radikal terkemuka pada zamannya, seperti Thomas Paine dan Mary Wollstonecraft. Bertentangan abad ke-18 konvensi neoklasik, ia imajinasi istimewa atas alasan dalam penciptaan kedua puisi dan gambar-Nya, menyatakan bahwa bentuk-bentuk yang ideal harus dibangun bukan dari pengamatan alam tetapi dari visi batin. Dia menyatakan dalam satu puisi, "Aku harus membuat sistem atau diperbudak oleh yang lain manusia." Bekerja seperti "The French Revolution" (1791), "Amerika, sebuah Ramalan" (1793), "Visi Putri Albion" (1793), dan "Eropa, Prophecy sebuah" (1794) menyatakan ketidaksetujuannya terhadap monarki Inggris, dan untuk abad ke-18 tirani politik dan sosial pada umumnya. Tirani teologis adalah subjek dari Kitab Urizen (1794). Dalam prosa bekerja Pernikahan Surga dan Neraka (1790-1793), ia satir otoritas menindas di gereja dan negara, serta karya-karya Emanuel Swedenborg, seorang filsuf Swedia yang gagasannya pernah menarik minatnya.

Pada 1800 Blake pindah ke kota pesisir dari Felpham, di mana dia tinggal dan bekerja sampai 1803 di bawah naungan William Hayley. Dia belajar sendiri bahasa Yunani, Latin, Ibrani, dan Italia, sehingga ia bisa membaca karya-karya klasik dalam bahasa asli mereka. Dalam Felpham ia mengalami wawasan rohani yang mendalam yang mempersiapkan dirinya untuk pekerjaan matang, epos visioner besar ditulis dan terukir antara sekitar 1804 dan 1820. Milton (1804-1808), Vala, atau The Four Zoas (1797; ditulis ulang setelah tahun 1800), dan Yerusalem (1804-1820) tidak memiliki rencana tradisional, karakter, sajak, atau meteran. Mereka membayangkan jenis baru dan lebih tinggi tidak bersalah, jiwa manusia dimenangkan dalam alasan.

Blake percaya bahwa puisinya bisa dibaca dan dipahami oleh masyarakat umum, tapi ia bertekad untuk tidak mengorbankan visinya untuk menjadi populer. Pada 1808 ia memamerkan beberapa cat air di Royal Academy, dan pada bulan Mei 1809 ia memamerkan karya-karyanya di rumah saudara James nya. Beberapa dari mereka yang melihat pameran memuji kesenian Blake, tetapi yang lain menganggap lukisan "mengerikan" dan lebih dari beberapa menyebutnya gila. Puisi Blake tidak dikenal oleh masyarakat umum, tapi ia disebutkan dalam A Biographical Dictionary of Authors Hidup Britania Raya dan Irlandia, yang diterbitkan pada 1816. Samuel Taylor Coleridge, yang telah meminjamkan salinan Agung of Innocence dan Pengalaman , dianggap Blake "orang dari Genius," dan Wordsworth membuat salinan sendiri dari beberapa lagu. Charles Lamb mengirimkan salinan "The Chimney Sweeper" dari songs of Innocence James Montgomery untuk nya teman Chimney-Sweeper ini, dan anak laki-laki Climbing 'Album (1824), dan Robert Southey (yang, seperti Wordsworth, dianggap Blake gila) menghadiri pameran Blake dan termasuk "Mad Song" dari puitis Sketsa di varia, The Doctor (1834-1837).

Tahun-tahun terakhir Blake, menghabiskan dalam kemiskinan yang besar, yang bersorak oleh persahabatan mengagumi dari sekelompok seniman muda yang menyebut diri mereka "the Ancients." Pada 1818 ia bertemu John Linnell, seorang seniman muda yang membantunya secara finansial dan juga membantu untuk membuat bunga baru dalam karyanya. Itu Linnell yang, pada tahun 1825, menugaskan dia untuk merancang ilustrasi untuk Divine Comedy Dante, siklus gambar yang Blake bekerja sampai kematiannya pada tahun 1827.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • All Religions Are One (1788)
  • America, a Prophecy (1793)
  • Europe, a Prophecy (1794)
  • For Children: The Gates of Paradise (1793)
  • For the Sexes: The Gates of Paradise (1820)
  • Poetical Sketches (1783)
  • Songs of Experience (1794)
  • Songs of Innocence (1789)
  • The Book of Ahania (1795)
  • The Book of Los (1795)
  • The First Book of Urizen (1794)
  • The Marriage of Heaven and Hell (1790)
  • The Song of Los (1795)
  • There Is No Natural Religion (1788)
  • Visions of the Daughters of Albion (1793)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frye, Northrop and Denham, Robert D. Collected Works of Northrop Frye. 2006, pp 11–12.
  2. ^ Jones, Jonathan (25 April 2005). "Blake's heaven". The Guardian. UK.
  3. ^ "BBC – Great Britons – Top 100". Internet Archive. Archived from the original on 2002-12-04. Retrieved 12 April 2013.
  4. ^ Thomas, Edward. A Literary Pilgrim in England. 1917, p. 3.
  5. ^ Yeats, W. B. The Collected Works of W. B. Yeats. 2007, p. 85.
  6. ^ Wilson, Mona. The Life of William Blake. The Nonesuch Press, 1927. p. 167.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]