Gabriel Fauré

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan cat minyak Gabriel Fauré oleh John Singer Sargent, sekitar 1889 (Museum Musik Paris)

Gabriel Urbain Fauré (12 Mei 1845[1] – 4 November 1924) adalah seorang komponis, organis, pianis, dan guru Perancis. Ia adalah komponis Perancis paling terkemuka dari generasinya. Gaya musiknya memengaruhi banyak komponis abad ke-20. Bahasa harmoni dan melodinya memengaruhi bagaimana harmoni kelak diajarkan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Fauré dilahirkan di Pamiers, Ariège, Midi-Pyrénées, dalam keluarga Toussaint-Honoré Fauré dan Marie-Antoinette-Hélène Lalène-Laprade. Ia dikirim untuk tinggal bersama seorang inang pengasuh selama empat tahun. Pada usia 9 tahun ia dikirim untuk belajar di École Niedermeyer, sebuah sekolah yang mempersiapkan para oganis gereja dan dirigen paduan suara di Paris, dan melanjutkan di sana selama 11 tahun. Ia belajar dengan beberapa musikus Perancis terkemuka, termasuk Camille Saint-Saëns, yang memperkenalkan kepadanya musik dari sejumlah komponis kontemporer, termasuk Robert Schumann dan Franz Liszt.

Pada 1870, Fauré mendaftarkan diri di dinas ketentaraan dan ikut serta dalam upaya meningkatkan Pengepungan Paris selama Perang Perancis-Prusia. Selama Paris Commune ia tinggal di Rambouillet dan di Swiss. Di sana ia mengajar di transported École Niedermeyer. Ketika ia kembali ke Paris pada Oktober 1871, ia diangkat menjadi asisten organis di Saint-Sulpice sebagai pengiring paduan suara, dan menjadi organis tetap di salon Saint-Saëns. Di sana ia bertemu dengan banyak musikus Paris terkemuka dengan mereka ia bertemu di sana dan di salon Pauline Viardot ia membentuk Société Nationale de Musique. Pada 1874, Fauré berhenti bekerja di Saint-Sulpice dan dan mulai menggantikan Saint-Saëns Église de la Madeleine ketika ia sering absen. Ketika Saint-Saëns pension pada 1877, Fauré menjadi pemimpin paduan suara. Pada tahun yang sama ia bertunangan dengan Marianne Viardot, anak perempuan Pauline Viardot, tetapi pertunangan itu kemudian diputuskan oleh Marianne. Setelah kekecewaannya ini, ia pergi ke Weimar. Di sana ia berjumpa dengan Liszt, dan Cologne untuk mengawasi produksi Der Ring des Nibelungen karya Richard Wagner. Fauré mengagumi Wagner, tetapi ia, salah seorang dari segelintir komponis saja, tidak terpengaruhi oleh Wagner.

Karya terpilih[sunting | sunting sumber]

Media[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beberapa sumber menyebutkan bahwa ia dilahirkan pada 13 Mei; namun catatan kelahiran yang memuat tanggal ini menyebutkan "dilahirkan kemarin".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rekaman[sunting | sunting sumber]