Robert Burns

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Robert Burns
PG 1063Burns Naysmithcrop.jpg
Potret paling terkenal Burns, berdasarkan Alexander Nasmyth, 1787 (detail)
Lahir 25 Januari 1759
Alloway, Ayrshire, Skotlandia
Meninggal 21 Juli 1796 (umur 37)
Dumfries, Skotlandia
Pekerjaan Poetlyricistfarmerexciseman
Kewarganegaraan Skotlandia
Angkatan Romantisisme
Karya terkenal

"Auld Lang Syne"
"To a Mouse"
"A Man's A Man for A' That"
"Ae Fond Kiss"
"Scots Wha Hae"
"Tam O'Shanter"
"Halloween"


"The Battle of Sherramuir"



Tanda tangan

Robert Burns (lahir di Alloway, Ayrshire, Scotland, 25 Januari 1759 – meninggal di Dumfries, Scotland, 21 Juli 1796 pada umur 37 tahun) adalah seorang penyair Skotlandia dan penulis lirik. Ia secara luas dianggap sebagai penyair nasional Skotlandia dan dirayakan di seluruh dunia. Dia adalah yang terbaik dikenal penyair yang telah ditulis dalam bahasa Skotlandia, meski jauh dari tulisannya juga dalam bahasa Inggris dan dialek Skotlandia ringan, dapat diakses oleh penonton di luar Skotlandia. Dia juga menulis dalam bahasa Inggris standar, dan dalam tulisan-tulisan ini komentar politik atau sipilnya sering pada yang tumpul.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Alloway, Skotlandia, pada tanggal 25 Januari 1759, Robert Burns pertama William dan Agnes Burnes 'tujuh anak. Ayahnya, seorang petani penyewa, mendidik anak-anaknya di rumah. Luka bakar juga dihadiri satu tahun matematika sekolah dan, antara 1765 dan 1768, ia menghadiri "petualangan" Sekolah yang didirikan oleh ayahnya dan John Murdock. Ayahnya meninggal dalam kebangkrutan pada tahun 1784, dan Burns dan saudaranya Gilbert mengambil alih peternakan. Kerja keras ini kemudian berkontribusi pada gangguan jantung yang Burns 'menderita sebagai orang dewasa.

Pada usia lima belas, ia jatuh cinta dan tak lama kemudian ia menulis puisi pertamanya. Sebagai seorang pemuda, di Burns mengejar cinta dan puisi dengan semangat biasa. Pada 1785, dia menjadi ayah yang pertama dari empat belas anaknya. Penulis biografinya, Delancey Ferguson, mengatakan, "itu tidak begitu banyak bahwa ia mencolok berdosa seperti yang ia berdosa mencolok." Antara 1784 dan 1785, Luka bakar juga menulis banyak puisi yang dikumpulkan dalam buku pertamanya, Puisi, Terutama di Dialek Skotlandia, yang dicetak pada tahun 1786 dan dibayar oleh langganan. Koleksi ini menjadi sebuah kesuksesan dan Burns dirayakan di seluruh Inggris dan Skotlandia sebagai besar "petani-penyair."

Pada 1788, ia dan istrinya, Jean Armour, menetap di Ellisland, di mana Burns diberi komisi sebagai perwira cukai. Dia juga mulai membantu James Johnson dalam mengumpulkan lagu-lagu rakyat untuk sebuah antologi berjudul The Scots Musical Museum. Burns 'menghabiskan dua belas tahun terakhir dari editing hidupnya dan meniru lagu-lagu rakyat tradisional untuk buku ini dan untuk Select Collection Original Scottish Sok. Volume ini sangat penting dalam melestarikan bagian dari warisan budaya Skotlandia dan termasuk lagu-lagu seperti terkenal sebagai "Luve saya adalah Seperti Red Red Rose" dan "Auld Tanah Syne." Robert Luka bakar meninggal akibat penyakit jantung pada usia tiga puluh tujuh. Pada hari kematiannya, Jean Armour melahirkan anak terakhirnya, Maxwell.

Sebagian besar puisi Burns 'ditulis dalam Skotlandia. Mereka mendokumentasikan dan merayakan budaya tradisional Skotlandia, ekspresi kehidupan pertanian, dan kelas dan perbedaan agama. Luka bakar menulis dalam berbagai bentuk: surat untuk teman-teman, balada, dan lagu. Puisinya yang paling terkenal adalah Tam mock-heroik o 'Shanter. Dia juga terkenal untuk lebih dari tiga ratus lagu yang ditulisnya yang merayakan cinta, persahabatan, kerja, dan minum dengan sering lucu dan lembut simpati. Luka bakar meninggal pada 21 Juli 1796, pada usia 37 tahun Bahkan saat ini, ia sering disebut sebagai Bard Nasional Skotlandia.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Poems, Chiefly in the Scottish Dialect (1786)
  • Tam O’ Shanter (1795)
  • The Cotters Saturday Night (1795)
  • The Jolly Beggars (1799)
  • Burns’ Poetical Works (1824)

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]