Hector Berlioz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangHector Berlioz
Nama dalam bahasa asli(fr) Hector Berlioz
Biografi
Kelahiran(fr) Louis-Hector Berlioz
11 Desember 1803
La Côte-Saint-André
Kematian8 Maret 1869 (65 tahun)
Paris
Tempat pemakamanPemakaman Montmartre, 20
Data pribadi
AgamaAteisme
PendidikanConservatoire de Paris
Kegiatan
SpesialisasiMusik seni, musik, music composing (en), conducting (en) dan Komposisi musik
PekerjaanWartawan, dirigen, penulis, otobiografer, music critic (en), librettist (en), Virtuoso, Pustakawan dan komponis
Periode aktif1815  –
GenreOpera, simfoni, musik klasik dan musik romantik
AliranRomantisisme
Murid dariAnton Reicha dan Jean-François Le Sueur
MuridAntoine Elwart dan Théodore Ritter (en)
InstrumenGitar, Flageolet, suling dan Saksofon
Karya kreatif
Keluarga
Pasangan nikahHarriet Smithson (en)
AyahLouis Berlioz (en)
Tanda tangan

Situs web<span%20class= "penicon"%20data-bridge-edit-flow="single-best-value"> Laman resmi
IMDB: nm0075685 IBDB: 485477
Spotify: 11T8SOX82xraocZzUXzkvM iTunes: 219726 Last fm: Hector+Berlioz Musicbrainz: 274774a7-1cde-486a-bc3d-375ec54d552d Lieder.net: 3401Songkick: 434437 Discogs: 108565 IMSLP: Category:Berlioz,_Hector Allmusic: mn0001436021 Goodreads author: 27838 Find a Grave: 89 Project Gutenberg: 31953
Hector Berlioz, tahun 1832

Hector Berlioz (11 Desember 1803 – 8 Maret 1869) adalah seorang komponis Prancis dari zaman Romantik. Karyanya yang terkenal adalah Symphonie Fantastique ("Simfoni Fantastis"), pertama kali ditampilkan pada tahun 1830.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ayah Berlioz adalah seorang dokter dan Hector dikirim ke Paris untuk belajar kedokteran pada usia delapan belas tahun. Berlioz merasa ngeri dengan pembedahan dan, walaupun tidak disetujui ayahnya, ia meninggalkan kedokteran dan belajar musik setahun berikutnya. Dia lalu mempelajari opera dan komposisi musik di konservatorium Paris.

Hector Berlioz meninggal di Paris pada tahun 1869 dan dimakamkan di sana bersama kedua istrinya, Harriet Smithson (wafat tahun 1854) dan Marie Recio (wafat tahun 1862).

Karya-karya[sunting | sunting sumber]

Selain Symphonie Fantastique, karya-karya lain Berlioz yang lazim disertakan sebagai repertoar orkestra sekarang termasuk La damnation de Faust (terjemahan harafiah: "Terkutuknya Faust") dan Roméo et Juliette ("Romeo dan Juliet"), yang keduanya merupakan gubahan skala besar untuk paduan suara dan orkestra.

Symphonie Fantastique mengisahkan "seorang seniman yang berbakat dengan imajinasi yang hidup" yang telah "meracuni dirinya sendiri dengan opium" dalam "lembah keputusasaan" karena "cinta yang tidak ada harapan dan tidak terbalaskan".

Latar belakang musik[sunting | sunting sumber]

Berlioz menggemari sastra, dan kebanyakan karya terbaiknya diilhami dari karya sastra. Symphonie Fantastique diilhami dari novel autobiografis sastrawan Inggris, Thomas de Quincey, berjudul Confessions of an English Opium-Eater ("Pengakuan Seorang Inggris Pemakan Opium"). Untuk La damnation de Faust, Berlioz mengacu pada sandiwara gubahan Goethe, Faust. Untuk Roméo et Juliette, Berlioz mengacu pada, tentunya, kisah Romeo dan Juliet karya Shakespeare.

Selain pengaruh sastra, Berlioz juga mengagumi Beethoven, yang pada waktu itu tidak terkenal di Prancis. Selain Beethoven, Berlioz juga mengagumi Christoph Willibald Gluck, Etienne Mehul, Carl Maria von Weber, dan Gaspare Spontini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]