Polandball

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah Polandball yang dilukis dalam warna Bendera Polandia

Polandball, juga dikenal dengan countryball, adalah sebuah meme internet yang dibuat secara kolektif oleh para pengguna internet yang berasal dari forum /int/ di sebuah imageboard (forum internet berbasis foto) asal Jerman, Krautchan.net pada akhir 2009. Meme ini ditiru oleh banyak komik daring, dimana sebuah negara ditunjukkan dengan sebuah persona sferikal dan interaksi mereka sering kali di dalam bahasa slang Inggris. Gaya komik seperti ini disebut Polandball (meskipun seringkali, tak ada unsur Polandia dalam komik tersebut) dan countryball.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Sebuah komik Polandball bertema Spanyol dan sepak bola

Polandball berakar pada Agustus 2009, saat sebuah perang internet antara para pengguna Internet di Polandia dan sejumlah besar pengguna dari belahan dunia lain. Forum tersebut, yang menawarkan sebuah kanvas virtual, memperbolehkan pengguna untuk menggambar apapun yang mereka inginkan, dan memperbaiki gambar pengguna lain. Di Polandia, ide tersebut adalah menggambar Bendera Polandia di sebuah bola, dan ratusan orang Polandia ambil bagian untuk merebut drawball dengan lukisan warna putih dan merah, sesuai dengan warna bendera, dan tulisan POLSKA di tengah. Setelah koordinasi dengan 4chan, sebuah imageboard lain, kreasi ini kemudian ditutupi dengan sebuah swastika ala Nazi.[1][2]

Krautchan.net adalah sebuah imageboard yang berbahasa Inggris, dimana board /INT/ dikhususkan untuk para pengguna berbahasa Inggris. Awal meme ini dikreasikan oleh seorang wargan Inggris, Falco, yang membuat meme ini pada September 2009 menggunakan program Paint dalam jalur apolitis untuk menyaingi Wojak, seorang Polandia yang juga berkontribusi di board tersebut yang berkontribusi dalam broken English, setelah kartun Polandball digambar dengan antusias oleh orang-orang Rusia.[1][3][4]

Tema[sunting | sunting sumber]

Sebuah contoh komik Polandball mengenai berita Indonesia membeli tank-tank Jerman.

Polandball, yang meraih popularitas setelah kecelakaan di Smolensk yang menewaskan Presiden Polandia, Lech Kaczyński, mewakili Polandia dan sejarahnya, kebijakan luar negeri, dan steoreotip mengenai orang-orang Polandia.[3][5] , fokus terhadap megalomania orang-orang Polandia dan psikologi nasional. [2] Interaksi antar countryballs ditulis dalam bahasa slang Inggris dan slang internet.

Beberapa komik Polandball menanjak di premis bahwa Rusia bisa terbang ke luar angkasa, sementara Polandia tidak. Beberapa premis kartun Polandball paling populer dimulai dengan premis bahwa Bumi akan dihantam meteor raksasa, dan membuat seluruh negara dengan teknologi luar angkasa meninggalkan Bumi dan pergi ke orbit di antara planet. Di akhir kartun, Polandia, yang tetap di Bumi, sedang menangis, dan dalam slang Inggris mengucapkan catchprase "Polandia tidak bisa ke langit". [3] Dalam humor ini, orang Rusia akan berbincang dengan orang Polandia, negara mana yang paling superior di dunia.[1][3][5] Dalam komik Polandball lain yang menyajikan satir politik sejarah, Polandia tampaknya membuat negara lain bosan dengan proklamasi "Ketika kami menyerang Rusia dan Turki, kami adalah negara terbesar di dunia....dan....", membuat countryballs lain tertawa. Polandia, yang marah, mengucapkan kurwa, dan membentangkan papan berjudul "Urusan serius internet", yang menjadi slogan terkenal dikalangan netizen, dan di versi Polandia, berakhir dengan tangisan.[1][2]

Countryballs lain[sunting | sunting sumber]

Polandball versi Britania Raya

Polandball juga bisa mengandungi komik di negara lain, namun berdasarkan konvensi, komik-komik ini tetap dirujuk dengan nama Polandball,[1] meskipun mereka juga dapat disebut countryballs.[4] Menurut Lurkmore.to, Bavaria mempunyai versi tersendiri, dan versi lain telah dibuat untuk negara-negara bagian Amerika Serikat, Katalonia dan Siberia. Singapura merancang desain segitiga dan dipanggil Tringapore; Israel merancang sebuah hypercube (merujuk pada fisika Yahudi); Kazakhstan merancang sebuah batu-bata; dan Britania Raya ditampilkan memakai top hat dan monocle.[6]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Orliński, Wojciech (16 January 2010). "Wyniosłe lol zaborców, czyli Polandball" (dalam bahasa Polish). Gazeta Wyborcza. Diakses 25 March 2012. 
  2. ^ a b c Zapałowski, Radosław (15 February 2010). "Znowu lecą z nami w... kulki" (dalam bahasa Polish). Cooltura. Diakses 22 March 2012. 
  3. ^ a b c d Kapiszewski, Kuba (13/2010). "Fenomem - Polska nie umieć kosmos" (dalam bahasa Polish). Przegląd. Diakses 26 March 2012. 
  4. ^ a b "Polandball". Knowyourmeme. Diakses 26 Maret 2012. 
  5. ^ a b Cegielski, Tomek (12 April 2011). "MEMY. Legendy Internetu" (dalam bahasa Polish). Hiro.pl. Diakses 24 March 2012. 
  6. ^ "Int" (dalam bahasa Russian). Lurkmore.to. 26 December 2011. Diakses 27 March 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]