Lech Kaczyński

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lech Kaczyński
Presiden Polandia
Masa jabatan
23 Desember 2005 – 10 April 2010
Perdana Menteri Kazimierz Marcinkiewicz
Jarosław Kaczyński
Donald Tusk
Didahului oleh Aleksander Kwaśniewski
Digantikan oleh Bronisław Komorowski (Pejabat)
Wali kota Warsawa
Masa jabatan
18 November 2002 – 22 Desember 2005
Didahului oleh Wojciech Kozak
Digantikan oleh Mirosław Kochalski (Pejabat)
Menteri Kehakiman
Masa jabatan
12 Juni 2000 – 4 Juli 2001
Perdana Menteri Jerzy Buzek
Didahului oleh Jerzy Buzek (Pejabat)
Digantikan oleh Stanisław Iwanicki
Presiden Kamar Agung Kontrol
Masa jabatan
14 Februari 1992 – 8 Juni 1995
Didahului oleh Walerian Pańko
Digantikan oleh Janusz Wojciechowski
Ketua Hukum dan Keadilan
ke-1 Ketua Partai Hukum dan Keadilan
Masa jabatan
13 Juni 2001 – 18 Januari 2003
Didahului oleh Tidak ada
Digantikan oleh Jarosław Kaczyński
Informasi pribadi
Lahir 18 Juni 1949
Warsawa, Polandia
Meninggal 10 April 2010 (umur 60)
Smolensk, Rusia[1]
Partai politik Independen (2006–2010)
Afiliasi politik
lain
Hukum dan Keadilan (2001–2006)
Suami/istri Maria Mackiewicz (m. 1978-2010)
Anak Marta Dubieniecka
Alma mater Universitas Warsawa
Universitas Gdańsk
Profesi Pengacara
Agama Katolik Roma
Tanda tangan

Lech Aleksander Kaczyński pengucapan bahasa Polski: [ˈlɛx alɛkˈsandɛr kaˈt͡ʂɨɲskʲi] ( simak), IPA: ['lεx alε'ksandεr ka'ʧɨɲskʲi] (lahir di Warsawa, Polandia, 18 Juni 1949 – meninggal di Oblast Smolensk, Rusia, 10 April 2010 pada umur 60 tahun) adalah Presiden Polandia dari tahun 2005 sampai kematiannya yang mendadak pada tahun 2010, dan seorang politisi dari partai Hukum dan Keadilan (Prawo i Sprawiedliwość/PiS). Kaczyński menjabat sebagai Wali kota Warsawa dari tahun 2002 sampai dengan 22 Desember 2005, sehari sebelum pelantikannya menjadi presiden. Dia adalah kembar identik dengan adiknya, mantan Perdana Menteri Polandia dan Ketua partai Hukum dan Keadilan saat ini, Jaroslaw Kaczynski.[2][3] On 10 April 2010, he died in the crash of a Polish Air Force Tu-154 while attempting to land at Smolensk-North airport in Russia.[4][5] Ia meninggal dunia bersama istrinya dalam sebuah kecelakaan pesawat di kota Smolensk, Rusia barat pada 10 April 2010. Sesuai dengan konstitusi, jabatan presiden sementara dijabat oleh Ketua Parlemen Bronisław Komorowski. Komorowski adalah lawan politik Kaczyński dan pro-Uni Eropa.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Kaczyński lahir di Warsawa, anak Rajmund (seorang insinyur yang menjabat sebagai seorang prajurit dari Armia Krajowa dalam Perang Dunia II dan seorang veteran dari Pemberontakan Warsawa)[6] dan Jadwiga (seorang filolog di Academy of Sciences Polandia).[7] Pada tahun 1962, bersama Jaroslaw, dia membintangi film anak-anak yang berjudul Dua Orang yang Mencuri Bulan (Inggris: The Two Who Stole the Moon, atau dalam bahasa Polandia-nya: O dwóch takich, co ukradli księżyc). Dalam film tersebut, dia berperan sebagai "pencuri bulan". Film yang ceritanya dikarang oleh Kornel Makuszynski ini menjadi sangat terkenal di kalangan anak-anak. Pers Indonesia menulis sosoknya dengan judul "Pencuri Bulan".

Lech Kaczyński adalah lulusan hukum dan administrasi Universitas Warsawa. Pada tahun 1980, ia dianugerahi gelar Ph.D. dari Universitas Gdańsk. Pada tahun 1990, ia menyelesaikan habilitasi di tenaga kerja dan hukum ketenagakerjaan. Dia kemudian mengambil posisi profesor di Universitas Gdańsk dan Kardinal Stefan Wyszyński Universitas di Warsawa.

Oposisi terhadap Komunisme[sunting | sunting sumber]

Pada 1970-an, Kaczyński menjadi aktivis gerakan pro-demokrasi anti-Komunis di Polandia, Pekerja Komite Pertahanan, serta gerakan Serikat Buruh Independen. Pada bulan Agustus 1980, ia menjadi penasihat Inter-Enterprise Komite Strike di Gdańsk Shipyard dan gerakan Solidaritas. Setelah komunis dipaksakan darurat militer pada bulan Desember 1981, dia diinternir sebagai elemen anti-sosialis. Setelah dibebaskan, ia kembali menjadi aktivitas perdagangan serikat buruh, menjadi anggota Solidaritas bawah tanah.

Ketika Solidaritas disahkan lagi di akhir 1980-an, Kaczyński menjadi seorang penasihat aktif untuk Lech Walesa dengan jabatan Komitet Obywatelski Solidarnosc pada tahun 1988. Dari Februari hingga April 1989, ia berpartisipasi dalam Meja Bundar pembicaraan.

Setelah 1989 aktivitas politik[sunting | sunting sumber]

Kaczyński terpilih menjadi Senator pada pemilu Juni 1989, dan menjadi wakil ketua serikat buruh Solidaritas. Dalam pemilu legislatif 1991, ia terpilih di parlemen sebagai anggota non-partai. Dia mendapat dukungan komite pemilu Civic Center Aliansi , terkait erat tetapi tidak identik dengan partai politik Pusat Persetujuan (Porozumienie Centrum) yang dipimpin oleh saudaranya. Dia juga penasihat utama dan pendukung Lech Walesa ketika yang terakhir terpilih sebagai Presiden Polandia pada Desember 1990. Walesa Kaczyński dicalonkan untuk menjadi Menteri Keamanan dalam Kanselir Presiden namun memecatnya pada tahun 1992 selama menjadi konflik tentang pemerintah Jan Olszewski.

Hukum dan Keadilan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, ia mendirikan partai politik Hukum dan Keadilan (Prawo i Sprawiedliwość - PIS), biasanya diberi label 'konservatif' oleh media, dengan saudaranya Jaroslaw. Lech Kaczyński adalah presiden dari partai antara 2001 dan 2003. Jaroslaw, saudaranya adalah ketua saat ini.

Walikota Warsawa[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, Kaczyński terpilih menjadi Walikota Warsawa. Dia memulai masa jabatannya dengan mendeklarasikan perang terhadap korupsi. Dia sangat mendukung pembangunan Museum Pemberontakan Warsawa dan pada tahun 2004 menunjuk sebuah panel historis untuk memperkirakan kerugian material yang menimpa kota oleh Jerman dalam Perang Dunia Kedua (85% diperkirakan kota itu hancur dalam Pemberontakan Warsawa) sebagai respon langsung terhadap klaim tinggi yang berasal dari [Pengusiran dari Jerman setelah Perang Dunia II|expellees Jerman dari Polandia]]. Panel memperkirakan kerugian harus minimal € 45300000000 ($ 54 miliar) pada nilai saat ini. Dia juga mempromosikan pembangunan museum Yahudi di Warsawa Polandia dengan menyumbang tanah kota untuk proyek.

Kaczyński dua kali melarang Warsawa parade Gay Pride pada tahun 2004 dan lagi pada tahun 2005, secara lokal dikenal sebagai Parada Równości(Parade Kesetaraan), menyatakan bahwa penerapan penyelenggara parade belum benar diajukan,[8] juga mengatakan bahwa ia tidak menghormati hak homoseksual 'untuk menunjukkan yang menyatakan, "Aku menghormati hak Anda untuk menunjukkan sebagai warga negara. Tapi bukan sebagai homoseksual.”[8] Selain itu, ia takut parade akan mempromosikan "gaya hidup homoseksual" dan mengeluh bahwa polisi tidak menggunakan cukup kekuatan dalam memecahkan itu dengan menyatakan "Mengapa kekuatan tidak digunakan untuk memecah sebuah demonstrasi ilegal?”.[8][9] Kaczynski disebut penyelenggara parade kebanggaan gay sebagai "penyimpang".[10] Pada tahun 2004 lawan yang disebut tindakannya inkonstitusional dan ia berulang kali dikritik oleh Mazowieckie Provinsi administrasi, yang secara resmi mengawasi Walikota Warsawa. Pada tahun 2005, dia membiarkan counter-demonstrasi, Parade "dari Normalitas."[11]

Pada tahun 2007, Polandia, diwakili oleh Kaczyński, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan HAM Eropa karena melanggar prinsip kebebasan berkumpul berdasarkan Pasal 11 dari Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia.[12][13][14]

Kepresidenan[sunting | sunting sumber]

Pemilihan Presiden[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 Maret 2005, dia secara resmi menyatakan keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu Oktober 2005. Dia juga turut ambil bagian dalam peringatan ke-21 kematian tokoh Stanislaw Kostka Warsawa pada 19 Oktober 2005.

Setelah meraih suara tertinggi kedua pada Pemilu Presiden pada putaran pertama dengan 4.947.927 (33,1%), Kaczyński maju pada putaran kedua (run-off) dan menang dengan meraih 8.257.468 suara (54,04%). Ia mengalahkan saingannya, Donald Tusk dari Partai Program Kepentingan Umum (PO: Platforma Obywatelska) yang neokonservatif yang memperoleh 7.022.319 (45.96%) suara.

Kaczyński adalah tokoh konservatif yang mengedepankan nasionalisme Polandia dan didukung oleh orang-orang tua yang tak terdidik serta warga pedesaan. Dalam kampanye pemilu presiden 2005, ia memikat pendukungnya dengan mengampanyekan pentingnya intervensi negara dalam mengatur bantuan ekonomi dan sosial untuk kelompok tak mampu.

Pengamat politik dari Institut Keilmuwan Polandia, Mikolaj Czesnik seperti dikutip AFP, menyatakan kemenangan Kaczynski disebabkan oleh kesalahan Donald Tusk pada minggu terakhir kampanye. Donald Tusk dianggap gagal dalam mengkampa-nyekan konsep yang jelas untuk membangun Polandia. Lech Kaczyñski telah "mencuri" kemenangan dalam pemilu presiden putaran kedua dan mengakiri jabatan Walikota Warsawa begitu dilantik menjadi presiden pada 23 Desember 2005. "Negara ini tidak bisa menjalankan tugas-tugas dengan semestinya. Karena itulah harus dibersihkan dan dibangun kembali," kata Lech Kaczyński.

Kebijakan Domestik[sunting | sunting sumber]

Dalam pidato publik pertama sebagai presiden terpilih, Kaczyński mengatakan bahwa presiden itu akan mengejar tugas ameliorating Republik, sebuah proses yang katanya akan terdiri dari "membersihkan berbagai patologi dari kehidupan kita, yang paling menonjol khususnya kejahatan (...), pidana korupsi - yang terburu-buru, seluruh besar untuk memperoleh pengayaan tidak adil, terburu-buru yang keracunan masyarakat, [dan mencegah negara dari memastikan] jaminan sosial dasar, keamanan kesehatan, kondisi dasar untuk pengembangan keluarga [dan] keamanan perdagangan dan dasar kondisi untuk pembangunan ekonomi.[15]

Selama pelantikannya dia menyatakan beberapa tujuan dia akan mengejar selama kepresidenannya. Di antara mereka urusan internal berkaitan adalah: meningkatkan solidaritas sosial di Polandia, membawa keadilan bagi mereka yang bertanggung jawab, atau terpengaruh oleh kejahatan komunis di Republik Rakyat Polandia, memerangi korupsi, memberikan keamanan dalam perekonomian, dan keamanan bagi pengembangan keluarga. Kaczyński juga menyatakan bahwa ia akan berusaha untuk menghapus kesenjangan ekonomi antara berbagai daerah di Polandia. Dalam pidatonya ia juga menekankan menggabungkan modernisasi dengan tradisi dan mengingat ajaran-ajaran Paus Yohanes Paulus II.

Pada tanggal 21 Desember 2008, Kaczyński Polandia menjadi kepala negara pertama yang mengunjungi sinagoge Polandia dan untuk menghadiri pelayanan keagamaan diselenggarakan di sana. Kehadirannya bertepatan dengan malam pertama Hanukkah.[16]

Kaczyński diabadikan banyak pahlawan nasional Polandia dikenal sebagai prajurit yang tewas mengutuk di tangan polisi rahasia Polandia, Uni Soviet NKVD, yang SMERSH, dan organ-organ represif lainnya pemerintahan komunis. Pahlawan nasional, seperti Witold Pilecki, Agustus Fieldorf, dan banyak lainnya, yang direhabilitasi dan diberikan anumerta dengan dekorasi Polandia tertinggi untuk keberanian.[butuh rujukan]

Presiden Grasi[sunting | sunting sumber]

Dari 2005-2007, dalam pasal 133 sesuai dari Konstitusi Republik Polandia, Kaczyński telah memberikan pengampunan kepada 77 orang dan menolak untuk mengampuni terhadap 550 orang.

Hubungan Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Pertemuan dengan rekannya dari Lituania, Dalia Grybauskaite, di Vilnius di Istana Kepresidenan, 2010-04-08. Ini menjadi pertemuan terakhir Kaczyński dengan sesama kepala negara.

Dalam hubungan luar negeri, Kaczyński mencatat bahwa banyak masalah Polandia yang terkait dengan kekurangan keamanan energi dan masalah ini harus diselesaikan dalam rangka melindungi kepentingan Polandia. Memperkuat hubungan dengan Amerika Serikat sambil terus mengembangkan hubungan dalam Uni Eropa adalah dua tujuan utama dari hubungan luar negeri, serta meningkatkan hubungan dengan Perancis dan Jerman, meskipun beberapa masalah dalam hubungan dengan yang kedua. Selain dari isu-isu, tujuan langsungnya adalah untuk mengembangkan kemitraan strategis yang nyata dengan Ukraina dan kerjasama yang lebih besar dengan negara-negara Baltik dan Georgia. Dia sangat dikagumi di Israel, karena dia dipromosikan mendidik anak Polandia tentang Holocaust. Ada kesedihan luas di Israel atas kematiannya.[17]

Menteri Pertahanan Radoslaw Sikorski dibandingkan direncanakan Rusia untuk pipa gas Jerman ke Pakta Molotov Ribbentrop dan Menteri Luar Negeri Anna Fotyga menyatakan bahwa pipa merupakan ancaman untuk keamanan energi Polandia.[18]

Pada bulan November 2006 di Helsinki, pada pertemuan Uni Eropa-Rusia, Polandia memveto peluncuran Uni Eropa-Rusia kemitraan pembicaraan karena larangan Rusia pada daging Polandia dan produk tanaman impor.[19]

Lech Kaczyński dan presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, 2008.

Sebagai reaksi terhadap klaim oleh kelompok pengasingan Jerman Preussische Treuhand, yang mewakili pasca-1945 expellees Jerman dari Eropa Timur, Menteri Luar Negeri Polandia Fotyga keliru mengancam untuk membuka kembali 1990 Perjanjian memperbaiki Oder dan Neisse sebagai sungai perbatasan antara kedua negara bukan Perjanjian Lingkungan ditandatangani pada tahun yang sama.[20][21]

Setelah konflik militer antara Rusia dan Georgia pada tahun 2008, Kaczyński disediakan website dari Presiden Polandia untuk penyebaran informasi bagi diblokir oleh Federasi Rusia portal internet Georgia.

Selama kunjungan kenegaraan ke Serbia pada tahun 2009, Kaczyński mengatakan bahwa pemerintah Polandia, berdasarkan kompetensi konstitusional, memutuskan untuk mengakui Kosovo dan menekankan bahwa ia, sebagai Presiden negara, tidak setuju dengan itu.[22]

Pernikahan dan Keluarga[sunting | sunting sumber]

Presiden Polandia Lech Kaczyński bersama istrinya, Maria Kaczyńska

Kaczyński menikah dengan ekonom Maria Kaczyńska pada 1978.[23] Mereka punya satu anak perempuan, Marta Kaczyńska-Dubieniecka, dan dua cucu bernama Ewa dan Martyna. Saudaranya Jaroslaw Kaczynski, mantan Perdana Menteri Polandia.[24]

Meninggal[sunting | sunting sumber]

Peti mati Lech Kaczynski terletak di kapel Istana Presiden, Warsawa

Pada hari Sabtu tanggal 10 April 2010, sejumlah pejabat elite Polandia tewas dalam kecelakaan pesawat tipe Tupelov Tu-154M yang jatuh di kota Smolensk (Rusia barat) pada pukul 08:41 Waktu Eropa Timur (06:41 UTC).

Selain Presiden Lech Kaczyñski dan ibu negara Maria Kaczyńska, setidaknya 88 pejabat elite seperti Ryszard Kaczorowski (mantan Presiden Republik Polandia), Jerzy SzmajdziDski (Menteri Pertahanan dan Wakil Ketua Sejm), Wladyslaw Stasiak (Asisten Pesiden), Aleksander Szczyglo (mantan Menteri Pertahanan dan Kepala Badan Keamanan Nasional), Pawel Wypych (Asisten Presiden), Mariusz Handzlik (Asisten Presiden), Andrzej Kremer (Wakil Menteri Luar Negeri), Krystyna Bochenek (Deputi Senat), Stanislaw Zajc (anggota Senat), Jenderal Franciszek Gagor (Kepala Staf Angkatan Darat), Andrzej Przwoznik (Menteri yang bertanggung jawab atas Pengenangan Perang Dunia II), Slawomir Stanislaw Skrzypek (Gubernur Bank Sentral), Janusz Kurtyka (Ketua Lembaga Pengenangan Nasional), Janusz Bogumil Kochanowski (Komisaris Hak Sipil), Przemyslaw Gosiewski (Pembuat Undang-undang), Zbigniew Wassermann (Pembuat Undang-undang), Bishop Tadeusz Ploski (Pastur Tentara), sejumlah anggota parlemen dan para pejabat lain meninggal dalam kecelakaan itu. Total penumpang pesawat sejumlah 96 orang.

Presiden dan para anggota delegasi sedang dalam rangka lawatan kenegaraan atas undangan Pemerintah Rusia. Sedianya, Presiden Rusia Dmitry Medvedev akan memberi penghormatan bersama dengan Presiden Lech Kaczyński di satu lokasi di kawasan Hutan Katyn. Tragedi Katyn adalah peristiwa pembantaian lebih dari 20.000 tentara dan pejabat Polandia oleh polisi rahasis Uni Soviet setelah mereka menyerbu Polandia pada tahun 1939. Kejadian itu membuat hubungan Polandia-Rusia memburuk setelah tumbangnya pemerintahan komunis di Soviet. Kunjungannya ke kota Smolensk tersebut adalah yang pertama dalam status kenegaraan.

Selain Lech Kaczyñski, sejumlah pemimpin negara yang juga tewas dalam kecelakan pesawat adalah Salomon Arvid Achates Lindman (Perdana Menteri Swedia), Wladyslaw Eugeniusz Sikorski (Perdana Menteri Polandia), Barthélemy Boganda (Perdana Menteri Republik Afrika Tengah), Dag Hjalmar Agne Carl Hammarskjöld (Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa), Abdul Salam Arif (Presiden Irak), Džemal Bijedic (Perdana Menteri Yugoslavia), Jaime Roldós Aguilera (Presiden Ekuador), Jenderal Omar Efraín Torrijos Herrera (Pemimpin Panama periode 1968–1981), Samora Moisés Machel (Presiden Mozambik), Jenderal Muhammad Zia-ul-Haq (Presiden Pakistan), Juvénal Habyarimana (Presiden Rwanda), Cyprien Ntaryamira (Presiden Burundi), Boris Trajkovski (Presiden Republik Makedonia), dan Dr John Garang de Mabior (Presiden Sudan Selatan dan Wakil Presiden I Sudan).

Hari Berkabung dan Pemakaman Negara[sunting | sunting sumber]

Ketua Parlemen (kemudian menjabat Presiden Sementara) Bronislaw Komorowski menyampaikan pengumuman masa berkabung selama tujuh hari dalam pidato nasional. Sejak Selasa tanggal 13 April 2010, jenasah pasangan suami-istri petinggi Polandia ini disemayamkan di Istana Kepresidenan di Warsawa.

Tujuh hari (seminggu) kemudian atau tepatnya 17 April 2010, ratusan ribu warga Polandia memberikan penghormatan terakhir. Upacara penghormatan dilaksanakan di Pilsudski Square di Warsawa. Prosesi penghormatan berlangsung selama empat jam. Sirene dan lonceng gereja dibunyikan serempak pukul 08.56 waktu setempat. Lalu lintas dihentikan sementara. Warsawa senyap seketika. Tidak ada suara kendaraan bermotor dan televisi yang menyala. Segenap warga menundukkan kepala untuk memperingati tujuh hari wafatnya sang pemimpin negara.

Sebuah salib besar dipasang di tengah dua panel hitam besar yang berisi foto seluruh korban pesawat dan namanya disebutkan satu per satu. Jarosław Kaczyński (saudara kembar almarhum) duduk di barisan depan bersama keluarga Kaczyński termasuk putri mendiang, Marta (29 tahun). Setelah upacara penghormatan terakhir selesai, kedua jenasah dipindahkan ke Katedral Santo Yohanes.

Setelah diarak pelan melewati tempat-tempat kenangan hidup Lech Kaczyński termasuk gedung dewan kota tempat dia pernah bertugas sebagai Walikota Warsawa, jenasah Presiden Polandia ini diterbangkan ke Krakow. Jenasah Lech Kaczyński dan istrinya dikebumikan pada Senin tanggal 18 April 2010 di Katedral Wawel, St. Leonard's Crypt, Warsawa. Kedua jenasah itu dimakamkan di antara makam para pujangga, raja, dan orang kudus di antaranya makam Jadwiga yang sudah ditetapkan sebagai orang kudus (santo) oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1997. Di tempat itu juga ada makam Jenderal Władysław Sikorski yang tewas dalam kecelakaan pesawat di Gibraltar pada tahun 1943 serta makam Tadeusz Kościuszko.

Upacara pemakaman diadakan di Basilika Santa Maria yang dipimpin Uskup Agung Krawkow Stanislaw Dziwisz. Anak perempuan dan saudara kembar almarhum duduk di barisan depan. Sejumlah tokoh elite politik Polandia, para pemimpin dari Estonia, Belarusia, Armenia, Latvia, Lithuania, Ukraina, Ceko, Slovakia, dan Slovenia hadir dalam acara pemakaman tersebut. Presiden Rusia Dmitry Medvedev akhirnya bisa hadir di Krawkow. Banyak pemimpin negara yang semula berniat hadir akhirnya batal akibat penerbangan ke Polandia terhambat abu vulkanik dari Islandia. Para pemimpin yang batal menghadiri upacara pemakaman adalah Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, Pangeran Charles dari Inggris, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Spanyol José Luis Rodríguez Zapatero, dan Perdana Menteri Kanada Stephen Harper.

Ribuan orang turut menghadiri misa pemakaman itu. Prosesi inti dari seluruh rangkaian pemakaman hanya diikuti keluarga, sahabat, dan tamu kehormatan yang mewakili beberapa negara. Meski demikian, warga Krawkow lainnya bisa mengikutinya melalui layar raksasa yang dipasang di beberapa sudut kota.

Keputusan untuk memakamkan Kaczyński dan istri di Wawel sempat menuai protes dalam beberapa hari terakhir. Sejumlah elemen masyarakat berpendapat, meski kecelakaan itu merupakan tragedi nasional, Kaczyński bukanlah tokoh terkenal Polandia.

Honours dan Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Buku Pesona Selebriti di Panggung Politik oleh Epaphroditus Ph. Mariman (sedang dikerjakan)
  • Presiden Polandia Tewas Kecelakaan Pesawat, Koran Tempo edisi 11 April 2010
  • Polandia Berduka, Kompas edisi 11 April 2010
  • Presiden dan Pejabat Polandia Tewas, Indopos edisi 11 April 2010
  • Misa Agung bagi Kaczyński, Harian Seputar Indonesia edisi 18 April 2010
  • Jenasah Presiden Polandia Dikuburkan, Koran Tempo edisi 19 April 2010
  • Kaczyński Dimakamkan, Kompas edisi 19 April 2010
  1. ^ "Polish president killed in plane crash - CNN.com". CNN. 10 Apr. 2010. Diakses 10 Apr. 2010. 
  2. ^ "Kaczynski Often a Source of Tension Within E.U." Obituary New York Times, 11 April 2010; page A12.
  3. ^ "Polish leader known as a feisty battler" Obituary Los Angeles Times, 11 April 2010; page A13.
  4. ^ "Polish President Lech Kaczynski dies in plane crash". BBC News. 10 April 2010. Diakses 10 April 2010. 
  5. ^ "Polish President Lech Kaczynski Killed When Plane Crashed On Approach To Smolensk Airport In Russia". Diakses 10 Apr. 2010.  Text " World News " ignored (help); Text " Sky News " ignored (help)
  6. ^ "Rajmund Kaczyñski h. Pomian: genealogia (Potomkowie Sejmu Wielkiego)" (dalam bahasa (Polandia)). Sejm-wielki.pl. 14 Dec. 2004. Diakses 11 Apr. 2010. 
  7. ^ "Jadwiga Jasiewicz h. Rawicz: genealogia (Potomkowie Sejmu Wielkiego)" (dalam bahasa (Polandia)). Sejm-wielki.pl. Diakses 11 Apr. 2010. 
  8. ^ a b c [1][pranala nonaktif]
  9. ^ "BBC News: Gay marchers ignore ban in Warsaw". 11 June 2005. Diakses 5 January 2010. 
  10. ^ "Two for the price of one, in the shape of Tweedledum and Tweedledee | April 2007 | New Internationalist". Newint.org. Diakses 26 May 2010. 
  11. ^ "Pinknews: Anti-gay Warsaw Mayor, Lech Kaczynski, wins Polish Presidential election". 
  12. ^ "Polish gay activists win human rights case". Poland.pl. 4 May 2007. Diakses 11 Apr. 2010. 
  13. ^ ""CASE OF BĄCZKOWSKI AND OTHERS v. POLAND, Verdict". Page 31". Diarsipkan dari aslinya tanggal 7 March 2012. Diakses 24 July 2009. 
  14. ^ "whole text of the judgement (en)". Diakses 24 July 2009. 
  15. ^ "Speech of the president-elect on his official webpage". 
  16. ^ Associated Press.Polish president visits synagogue for Hanukkah. accessed and written 21 Dec. 2008.
  17. ^ [2][pranala nonaktif]
  18. ^ "ENERGY DELIVERIES – Gas Diplomacy". The Warsaw Voice. 7 Jun. 2006. Diakses 16 Jan. 2006. 
  19. ^ "EU Divided After Poland’s Veto Hosts Russia’s Putin at Summit". MosNews. 24 Nov. 2006. Diakses 16 Jan. 2006. 
  20. ^ "Poles Angered by German WWII Compensation Claims". Der Spiegel. 18 Dec. 2006. Diakses 16 Jan. 2006. 
  21. ^ "Furious Poland Threatens to Re-Open German Border Treaty". Der Spiegel. 19 Dec. 2006. Diakses 16 Jan. 2006. 
  22. ^ "Talks Tadic – Kacinsky". Glassrbije.org. 14 May 2009. Diakses 11 Apr. 2010. 
  23. ^ "Biography". Notablebiographies.com. Diakses 11 Apr. 2010. 
  24. ^ Dempsey, Judy (10 Apr. 2010). "Kaczynski often a source of tension with E.U". The New York Times. Diakses 26 May 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Walerian Pańko
Presiden Kamar Agung Kontrol
1992–1995
Diteruskan oleh:
Janusz Wojciechowski
Didahului oleh:
Jerzy Buzek
Menteri Kehakiman
2000–2001
Diteruskan oleh:
Stanisław Iwanicki
Didahului oleh:
Wojciech Kozak
Walikota Warsawa
2002–2005
Diteruskan oleh:
Mirosław Kochalski
Didahului oleh:
Aleksander Kwaśniewski
Presiden Polandia
2005–2010
Diteruskan oleh:
Bronisław Komorowski
Pejabat

Templat:Presiden Warsawa Templat:Kandidat Pemilihan Umum Presiden Polania, 1995 Templat:Kandidat Pemilihan Umum Presiden Polania, 2005

Templat:Use British (Oxford) English