Władysław Sikorski

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
General
Władysław Sikorski
Perdana Menteri Polandia
Masa jabatan
30 September 1939 – 4 Juli 1943
Presiden Władysław Raczkiewicz
Didahului oleh Felicjan Sławoj Składkowski (in country)
Digantikan oleh Stanisław Mikołajczyk
Perdana Menteri Polandia
Masa jabatan
16 Desember 1922 – 26 Mei 1923
Presiden Maciej Rataj (interim), Stanisław Wojciechowski
Didahului oleh Julian Nowak
Digantikan oleh Wincenty Witos
Inspektur Jendral Angkatan Perang Polandia
Masa jabatan
7 November 1939 – 4 Juli 1943
Presiden Władysław Raczkiewicz
Didahului oleh Edward Śmigły-Rydz
Digantikan oleh Kazimierz Sosnkowski
Informasi pribadi
Lahir 20 Mei 1881
Tuszów Narodowy, Austria-Hungary
Meninggal 4 Juli 1943 (aged 62)
Gibraltar
Partai politik None
Suami/istri Olga Helena Zubrzewska (1888-1972)
Anak Zofia Leśniowska (1912-1943)
Profesi Soldier, Statesman
Tanda tangan

Eugeniusz Władysław Sikorski (20 Mei 1881 - 4 Juli 1943) adalah seorang pemimpin militer dan politik Polandia.

Sebelum Perang Dunia I, ia mendirikan dan berpartisipasi dalam beberapa organisasi bawah tanah yang mempromosikan penyebab kemerdekaan Polandia. Dia berjuang dengan perbedaan dalam Poland Legions selama Perang Dunia I, dan kemudian di Polandia Tentara yang baru dibuat selama Perang Polandia-Soviet (1919-1921 ). Dalam peperangan itu ia memainkan peran penting dalam menentukan Pertempuran Warsawa.

Pada tahun-tahun awal Republik Kedua Polandia, Sikorski menduduki jabatan pemerintah, termasuk Perdana Menteri (1922-1923) dan Menteri urusan militer (1923-1924). Setelah Józef Piłsudski 's Kudeta Mei (1926) dan instalasi dariSanacjapemerintah, ia jatuh tidak disukai dengan rezim baru.

Selama Perang Dunia II ia menjadi Perdana Menteri Pemerintah Polandia dalam Pengasingan, Panglima Tertinggi dari Angkatan Bersenjata Polandia, dan pendukung kuat dari penyebab Polandia dalam bidang diplomatik. Ia mendukung pembangunan kembali hubungan diplomatik antara Polandia dan Uni Soviet, yang telah putus setelah Pakta Soviet dengan Jerman dan 1939 invasi Polandia - Namun, diktator Soviet Joseph Stalin memutuskan hubungan diplomatik Soviet-Polandia pada April 1943 setelah permintaan Sikorski's bahwa Palang Merah Internasional menyelidiki pembantaian Katyn

Pada bulan Juli 1943, sebuah pesawat yang membawa Sikorski terjun ke laut segera setelah lepas landas dari Gibraltar, menewaskan semua di papan kecuali pilot. Keadaan pasti kematiannya telah diperdebatkan, dan melahirkan sejumlah [konspirasi [teori | teori konspirasi]] seputar kecelakaan dan kematiannya. Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa luka Sikorski itu konsisten dengan kecelakaan pesawat (seperti dibahas dalam bagian ini kemudian di kontroversi seputar kematiannya)

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]