Pertempuran Isonzo Kesembilan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Isonzo Kesembilan
Bagian dari blok Italia selama Perang Dunia I
Italian Front 1915-1917.jpg
Pertempuran Isonzo ke-9
Juni 1915 — September 1917
Tanggal 31 Oktober4 November 1916
Lokasi Lembah Sungai Isonzo, Slovenia
Hasil Desakan Italia terbatas
Pihak yang terlibat
Bendera Italia Italia  Austria-Hongaria
Komandan
Luigi Cadorna Jenderal Svetozar Boroević
Kekuatan
225 batalyon, 1,390 artileri 170 batalyon, 990 artileri
Korban
39.000 33.000

Pertempuran Isonzo Kesembilan adalah serangan Italia terhadap Austria-Hungaria selama Perang Dunia I yang terjadi pada tanggal 31 Oktober sampai 4 November 1916. Pertempuran dilakukan setelah Italia berhasil merebut Gorizia pada bulan Agustus 1916 untuk memperpanjang jembatan ke sebelah kiri kota, berakhir dengan kegagalan bagi Kepala Staf Italia Luigi Cadorna.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Dengan pertempuran kesembilan antara tanggal 1—4 November 1916 jumlah korban gabungan dari tiga pertempuran terbukti cukup berat untuk memastikan bahwa setiap serangan berdurasi pendek (masing-masing kurang dari seminggu). Italia menderita 5.000 korban dan Austria-Hongaria 63.000.

Seperti biasa sepanjang Isonzo, Komando Angkatan Darat Austria-Hongaria dari daerah pegunungan yang diritangai secara alami dan tangguh membuat Italia berupaya untuk melakukan terobosan. Ini dimaksudkan untuk memastikan Italia tak dapat menerobos seperti terobosan di belakang perebutan Gorizia selama Pertempuran Isonzo Keenam, melainkan perang berlama-lama berkumpul kecepatan.

Tidak satu pihak pun mampu membayar korban tapi Austria-Hongaria pada khususnya telah menemukan garis-garis pertahanan mereka semakin bergerak. Menyadari hal ini mereka terus berseru kepada sekutu Jerman untuk menyediakan bantuan militer pada sektor pertempuran. Ketika Jerman setuju (dirasakan potensi runtuhnya posisi Austria-Hungaria) dan membangun kekuatan gabungan untuk Pertempuran Isonzo Kedua Belas, hasilnya dramatis.

Namun sembilan pertempuran dibatalkan pada tanggal 4 November 1916 dan orang-orang Italia dapat disangkal melemah oleh operasi penyerangan secara terus-menerus sepanjang tahun 1916 dan melihat operasi Isonzo lima yang telah dilakukan empat tahun sebelumnya.

Istirahat yang panjang diambil untuk musim dingin. Dan Operasi diperbaharui melalui Pertempuran Isonzo Kesepuluh pada tanggal 12 Mei 1917.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tucker, Spencer The Great War: 1914 - 1918 (1998)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]