Pertempuran St Quentin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran St. Quentin
Bagian dari Penarikan mundur pasukan pada Blok Barat Perang Dunia I
German advance (1914).jpg
Pasukan Inggris berada dekat St. Quentin.
Tanggal 29 - 30 Agustus 1914
Lokasi Saint Quentin, Aisne, Perancis
Hasil Kemenangan Taktik Jerman
Pihak yang terlibat
Bendera Perancis Perancis Bendera Kekaisaran Jerman Kekaisaran Jerman
Komandan
Charles Lanrezac Karl von Bülow
Kekuatan
Angkatan Darat Kelima Perancis Angkatan Darat kedua Jerman
Korban
12,000 7,000

Pertempuran St Quentin (juga disebut Pertempuran Guise Pertama) terjadi di Guise, Aisne (1914) pada Perang Dunia I.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Agustus 1914, Sekutu mundur dari Le Cateau ke Saint Quentin. Komandan pasukan Perancis, Joseph Joffre, diperlukan Angkatan Darat Kelima di bawah komando Charles Lanrezac untuk menahan serangan balasan Jerman, meskipun empat mil terpisah dari Angkatan Darat Keempat Perancis di sisi kanan pasukan, dan BEF mundur ke sisi kiri.

Pada tanggal 28 Agustus, Gerakan Korps kelima Lanrezac sebagian besar berbalik arah, dari menghadap ke utara menjadi ke barat bertempur di St. Quentin.

Pada tanggal 29 Agustus Angkatan Darat Kelima Perancis menyerang St Quentin dengan kekuatan penuh. Karena perintah merebut wilayah ini dari seorang perwira Prancis, Bülow menyadari serangan balasan, dan punya waktu untuk mempersiapkan diri. Serangan-serangan terhadap Guise oleh Korps XVIII yang menderita banyak korban berat dan sedikit berhasil, tetapi Korps X dan III di sisi kanan yang terhubung dengan komandan Korps I, Louis Franchet d'Esperey. Keberhasilan perlawanan di sisi kanan Guise memaksa Jerman untuk mundur termasuk unit elit Bülow dari Korps Pengawal.

Joffre mengeluarkan perintah kepada Lanrezac untuk mundur dan menghancurkan jembatan ke Oise. Perintah tidak sampai ke Angkatan Darat Kelima sampai pagi tanggal 30 Agustus, dan penarikan mundur pasukan terlambat beberapa jam. Namun, proses ini berjalan tanpa gangguan (tidak diserang atau dikejar) Angkatan Darat Kedua Jerman.

Jerman melihat pertempuran itu, seperti laporan Bülow tentang pertempuran tersebut, sebagai kemenangan, namun pengiriman perwira ke Angkatan Darat Pertama Jerman dan Alexander von Kluck untuk melaporkan bahwa pasukan terlalu lelah untuk mengejar pasukan Perancis.

Kluck, yang gagal bergabung dengan Moltke, Kepala Staf Jerman, kemudian berinisiatif mendukung Bülow. Pada tanggal 2 September, pasukannya ditempatkan dari Marne di Chateau-Thierry sampai Oise. Berkat pengintaian udara, Kepala Staf Perancis, Jenderal Joseph Joffre, mendapat informasi tentang perubahan arah pasukan Jerman yang sedang menyiapkan serangan besar-besaran melawan pasukan Perancis dan Inggris di sepanjang Marne. Pertempuran ini menyebar dari Audigny sampai Voulpaix.

Monumen dibangun sebagai tanda penghormatan Angkatan Darat kelima Perancis di Guise

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]