Pertempuran Isonzo Kesepuluh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Isonzo ke-10
Bagian dari blok Italia pada Perang Dunia I
Italian Front 1915-1917.jpg
Sebelas Pertempuran Isonzo
Juni 1915 — September 1917
Tanggal 10 Mei8 Juni 1917
Lokasi Lembah Isonzo, Slovenia
Hasil Kemajuan Italia terbatas
Pihak yang terlibat
Bendera Italia Italia  Austria-Hongaria
Komandan
Luigi Cadorna Svetozar Boroević
Kekuatan
400.000[1] 200.000[2]
Korban
150.000 (35.000 terbunuh) 75.000 (7.300 terbunuh)

Pertempuran Isonzo Kesepuluh adalah serangan Italia terhadap Austria-Hongaria selama tanggal 10 Mei sampai 8 Juni 1917 pada Perang Dunia I.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Dengan sembilan pertempuran Isonzo yang tidak berhasil dalam jangka waktu 18 bulan, Kepala Staf Italia Luigi Cadorna bertanggung jawab atas kesembilan pertempuran di Sungai Isonzo dan Dia menjadi semakin tidak nyaman pada prospek intervensi Jerman di blok Italia.

Perdana Menteri Inggris baru, David Lloyd George, sudah lama percaya bahwa perang tidak bisa dimenangkan di blok Barat. Dijuluki sebagai "bangsa timur" di rumah Lloyd George tetap mendukung Inggris dan Perancis mengalihkan kekuatan dari blok Barat ke Italia sepanjang Sungai Isonzo, untuk "memukul keluar" dari bawah Kekuatan Tengah.

Namun Lloyd George komandan pelaksana harian, termasuk Panglima Douglas Haig, bersama Perancis, tidak setuju, dengan alasan bahwa kekuatan tidak dapat menghindar dari blok Barat, terutama Komandan Perancis Robert Nivelle pada Serangan Aisne mendatang, yang bertujuan untuk mengakhiri perang di barat dalam waktu 48 jam.

Akibatnya Nivelle dikirim Ferdinand Foch untuk bertemu dengan Cadorna dan mendiskusikan kemungkinan alternatif. Inggris dan Prancis sepakat untuk bergegas memberi bantuan kepada Italia hanya dalam keadaan darurat; misalnya, bantuan militer Jerman ke Austria-Hongaria; sebuah rencana kontingensi dikembangkan sebagai persiapan.

Rencana yang telah disetujui sebagaimana mestinya disiapkan pada akhir Oktober 1917 setelah bencana Italia di Caporetto pada Pertempuran Isonzo Keduabelas.

Dengan mengatur rencana, Prancis menekan Cadorna untuk meluncurkan serangan besar sepanjang sungai Isonzo secara umum koordinasi dengan mereka berskala besar seperti Serangan Aisne (April 1917). Cadorna setuju dan Serangan kesepuluh di Sungai Isonzo diluncurkan dengan pemboman artileri pada 10 Mei 1917.

Italia, mengerahkan 38 divisi, hanya melawan 14 divisi Austria-Hongaria. Sebelumnya, tiga pertempuran Isonzo telah melihat Cadorna berkonsentrasi pendek, inisiatif tajam terhadap target yang ditetapkan, biasanya ditujukan untuk memperpanjang jembatan di timur Gorizia. Kali ini Italia kembali ke dataran tinggi Kras, tenggara Gorizia, pengaturan infanteri sepanjang 40 km dalam rangka mencapai terobosan menuju Trieste. Tujuan kedua serangan itu untuk menaklukkan Gunung Škabrijel, sehingga membuka jalan ke Vipava Valley.

Awalnya ada kemungkinan keberhasilan dari serangan tersebut. Namun pada akhir Mei tentara Italia telah maju sejauh 15km dari Trieste hampir mencapai kota pantai Duino, meskipun serangan kompi di tempat lain gagal. Namun, Austria-Hongaria memberikan serangan balasan pada tanggal 3 Juni mereklamasi semua tanah yang hilang pada saat pertempuran dan semua wilayah kecil yang telah diperoleh oleh Cadorna pada tanggal 8 Juni dibatalkan seiring dengan waktu.

Beberapa pertempuran juga terjadi di bagian utara Julian Alpen, tempat posisi kekuatan Austria-Hongaria berada di sepanjang punggungan gunung Vršič.

Korban terus bertambah menjadi : 157.000 Italia, dengan lebih dari 75.000 korban Austria-Hongaria. Dengan semangat tentara Italia terjun. Cadorna merencanakan satu upaya terobosan lebih lanjut saat ia berkumpul dengan jumlah terbesar dari divisi dan artileri di sepanjang sungai Isonzo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thompson, Mark (2008) The White War: Life and Death on the Italian Front, 1915-1919, Faber and Faber, London, p. 251
  2. ^ Thompson, Mark (2008) The White War: Life and Death on the Italian Front, 1915-1919, Faber and Faber, London, p.251

Pranala luar[sunting | sunting sumber]