Pertempuran Aisne Kedua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini mengenai pertempuran pada tahun 1917. Pertempuran lain dari Aisne dapat dilihat di Pertempuran Aisne.
Pertempuran Aisne Kedua
Bagian dari Blok Barat dalam Perang Dunia I
WesternFront1917.jpg
Blok Barat pada tahun 1917
Tanggal 16 April - 9 Mei, dan 24 Oktober 1917
Lokasi Antara Soissons dan Reims, Perancis
Hasil Kegagalan Operasi, Kemenangan Taktik Jerman
Pihak yang terlibat
Bendera Perancis Perancis Bendera Kekaisaran Jerman Kekaisaran Jerman
Komandan
Robert Nivelle
Charles Mangin
François Anthoine
Mazel
Max von Boehn
Fritz von Below
Kekuatan
1.000.000,
7.000 senjata
480.000
Korban
118.000 korban[1] 40.000 korban[1]

Pertempuran Aisne Kedua adalah serangan utama pasukan Perancis, Serangan Nivelle atau Serangan Chemin des Dames pada tahun 1917 selama Perang Dunia I.

Robert Nivelle, Komandan pasukan Perancis, memprakarsai rencana ini pada Desember 1916 setelah ia digantikan Joseph Joffre, setelah mengalami serangkaian kekalahan strategis. Tujuan dari rencananya adalah untuk mengamankan 80 km dari timur ke barat sisi sungai berdasarkan besar, gua-gua yang digali telah melindungi tentara Jerman dari artileri Perancis.

Serangan frontal Perancis sepanjang Chemin des Dames sejak April 1917 mengakibatkan jumlah korban yang mengerikan. Pertempuran utama berakhir dengan bencana hanya beberapa minggu setelah dimulai, Nivelle menghancurkan kariernya dan memicu pemberontakan tersebar luas di seluruh tentara Perancis.

Bukit di Chemin des Dames akhirnya direbut Perancis pada Pertempuran La Malmaison yang dipimpin oleh Marsekal Philippe Pétain, lima bulan kemudian.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Garis depan pada berbagai tahap dalam pertempuran.

Pada 16 April 1917, setelah seminggu pengalih serangan oleh Inggris di Arras (lihat :(Pertempuran Arras]]), sembilan belas divisi dari Angkatan Darat ke-5 dan ke-6 Perancis, dipimpin oleh Mazel dan Charles Mangin, menyerang baris pertahanan Jerman sepanjang 80 km membentang dari Soissons ke Reims.[2] Sebuah jumlah yang mengesankan kekuatan tembakan artileri terkonsentrasi pada garis pertahanan Jerman, tetapi tidak berhasil karena sisi sungai merupakan tambang bawah tanah yang berfungsi sebagai tempat persembunyian. Diperingatkan bahwa Jerman telah mengkonsentrasikan sekitar 100 senapan mesin, termasuk MG08/15 senapan mesin ringan baru, untuk setiap 1000 meter.[3] Dan diletakan di dataran tinggi yang menghadap ke lembah Sungai Aisne, Angkatan Darat ke-7 Jerman (dibawah von Boehm) mempunyai sedikit kesulitan mempertahankan posisi mereka. Pada hari pertama pertempuran, Perancis menderita lebih dari 40.000 korban dan kehilangan 150 tank. Pertahanan merayap juga buruk dan gagal dilaksanakan untuk melindungi[4].

Pada hari kedua, Angkatan Darat ke-4 Perancis, yang dipimpin oleh François Anthoine, melancarkan serangan ke arah timur Reims Moronvilliers (Pertempuran Bukit). Angkatan Darat Pertama Fritz von Below mudah menghalau serangan ini.

Nivelle terus memerintahkan untuk menyerang dengan skala penuh sampai 20 April 1917. Beberapa keuntungan kecil dibuat oleh Mangin yaitu mendesak ke barat Soissons dan meskipun serangan itu menurun selama beberapa minggu, sejak 5 Mei 1917, 4 km ke timur sepanjang sisi Chemin des Dames di daerah dataran tinggi California dan kota Craonne telah direbut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b P Simkins, G Jukes, & M Hickey (2003). The First World War: The War To End All Wars. Osprey Publishing. hlm. 123. ISBN 1-84176-738-7. 
  2. ^ Strachan, 246.
  3. ^ Strachan, 247.
  4. ^ Keegan, John. Perang Dunia I. (New York: Alfred A. Knopf, 1999). 327.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]