Pertempuran Aisne Pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Aisne I
Bagian dari Perang Dunia I
Race to the Sea 1914.png
Peta posisi pasukan pada tanggal 21 September 1914
Tanggal 13 - 24 September 1914
Lokasi Sungai Aisne, Perancis
Hasil Status Quo
Pihak yang terlibat
Bendera Britania Raya Inggris
Bendera Perancis Perancis
Bendera Kekaisaran Jerman Kekaisaran Jerman
Komandan
Bendera Britania Raya John French, Earl Pertama Ypres
Bendera Perancis Louis Franchet d'Esperey
Bendera Perancis Michel-Joseph Maunoury
Bendera Perancis Joseph Joffre
Bendera Kekaisaran Jerman Alexander von Kluck
Bendera Kekaisaran Jerman Karl von Bülow
Bendera Kekaisaran Jerman Josias von Heeringen
Kekuatan
Dua pasukan AD Perancis dan BEF Tiga pasukan AD Jerman
Korban
Inggris: 12.000 Tak diketahui

Pertempuran Aisne terjadi pada 13 - 24 September 1914 di lembah Aisne. Pertempuran ini merupakan bagian dari Perang Dunia I setelah Pertempuran Marne Pertama

Pertempuran Aisne Pertama adalah lanjutan serangan Sekutu terhadap sisi kanan Angkatan Darat Pertama Jerman (yang dipimpin oleh Alexander von Kluck) & Angkatan Darat Kedua (dipimpin oleh Karl von Bülow) mundur setelah Pertempuran Marne Pertama pada bulan September 1914.

Serangan dimulai pada malam 13 September, setelah mengejar Jerman.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Setelah kekalahan Jerman di Marne, Divisi Jerman mundur ke utara, Aisne, antara 10 dan 14 September.

Joffre ingin menjadi pemenang dan pada 13 September, memerintahkan pasukan Perancis dan Inggris untuk menyerang tentara musuh. Dia menganjurkan taktik mengepung sisi kanan Jerman. Di Chemin des Dames, Angkatan Darat Keenam Perancis gagal untuk mengalahkan musuh yang dilengkapi dengan artileri berat[1].

Pada tanggal 17 September, manuver Joffre tidak berhasil karena pasukan Jerman mendapat bantuan von Heeringen (Angkatan Darat Ketujuh). Namun ia memutuskan untuk menyelesaikan dengan mengepung bagian barat laut. Ia memanggil beberapa pasukan Castelnau yang diberada di Lorraine.

Pada tanggal 18 September, pertempuran di sekitar Aisne, tentara Inggris menderita kerugian besar.

Pada tanggal 20 September, serangan Prancis dilakukan di wilayah antara Noyon dan Peronne. Sia-sia karena kurang peralatan untuk sebuah serangan yang efektif (amunisi, makanan, artileri berat). Komandan Jerman, von Bülow, menemukan tempat yang efektif dan pasukan mulai berputar sebagai kontra manuver yang memaksa pasukan Perancis untuk bergerak ke utara. Dan menyebar di Dunkerque sebagai awal pertempuran untuk mencapai laut dan perang posisi [2].

Pada tanggal 21 September, Jenderal Castelnau tiba di Noyon

Pada tanggal 22 September, ia mengusir musuh dari posisi mereka: Brigade keempat Maroko (Aljazair dan Senegal bersenjatakan senapan) dimulai dengan masuk hutan dan memenangkan pertempuran. Serangan berikutnya gagal[3].

Chemin des Dames[sunting | sunting sumber]

Chemin des Dames adalah medan pertempuran pada tahun 1914. Pada tanggal 31 Agustus 1914, pasukan Perancis terpaksa meninggalkan posisi mereka di Chemin des Dames dihadapan Jerman. Tetapi pada Pertempuran Marne Pertama, pasukan Sekutu kembali mencapai Lembah Aisne (13 September) sebelum mereka mendesak pasukan Jerman. Jerman berkumpul di semenanjung untuk melakukan serangan balasan. Antara tanggal 13 dan 15 September, Inggris dan tentara Perancis mencoba merebut dataran tinggi. Ribuan tentara tewas dalam serangan yang tidak berguna[4].

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pertempuran Marne
  2. ^ Posisi pasukan pada tanggal 21 September 1914
  3. ^ Pertempuran Marne
  4. ^ F. Rousseau, "Le Chemin des Dames en 1914. La leçon oubliée" in N. Offenstadt, Le Chemin des Dames. De l'évènement à la mémoire, Stock, 2004