Pertempuran Mons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Mons
Bagian dari the Perang Dunia I
Battles of Charleroi and Mons map.png
Peta Pertempuran Charleroi dan Mons
Tanggal 23 Agustus, 1914
Lokasi 50°27′LU 03°57′BT / 50,45°LU 3,95°BT / 50.450; 3.950
Mons, Belgia
Hasil Kemenangan Taktik Inggris - aksi yang sukses, yang berpengaruh terhadap Sekutu untuk bergabung.
Pihak yang terlibat
Bendera Britania Raya Inggris Bendera Kekaisaran Jerman Kekaisaran Jerman
Komandan
Bendera Britania Raya Sir John French Bendera Kekaisaran Jerman Alexander von Kluck
Kekuatan
2 korps

total: 70,000 orang dan 300 senjata
4 korps
3 divisi kavaleri
total: 160,000 orang dan 600 senjata
Korban
1,638 5,000 (perkiraan)

Pertempuran Mons adalah aksi besar pertama dari British Expeditionary Force (BEF) dalam Perang Dunia I.

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

Setelah penyerahan benteng Liège oleh Angkatan Darat Belgia pada tanggal 16 Agustus 1914, Jerman maju terus menuju Paris sesuai dengan Rencana Schlieffen. Sisa dari tentara Belgia mulai mundur ke arah BEF, yang maju untuk menyerang pasukan Jerman. Sementara itu Perancis sedang terdesak ke ujung selatan dan tidak dapat membantu Belgia. Tentara Jerman gagal terhadap aksi kecil Inggris. Para BEF telah maju ke Belgia di sebelah kiri dari Tentara Kelima Perancis dan mengambil posisi di 20 mil (32 km) sepanjang Kanal Mons-Condé pada tanggal 22 Agustus 1914. Ketika Angkatan Darat Kelima dikalahkan dalam Pertempuran Charleroi, para komandan BEF, Marsekal Sir John French, sepakat untuk menyiapkan posisinya selama 24 jam.

Kontak pertama[sunting | sunting sumber]

Pada 6, pada tanggal 23 Agustus 1914, barisan depan Jenderal Alexander von Kluck's Jerman Pertama Angkatan Darat, tiba di Casteau, sebuah desa kecil di sepanjang Chausée de Bruxelles di pinggir Mons. Mayor Thomas Jembatan berada di perintah C Skuadron, 4th Dragoon Pengawal Kerajaan Irlandia dan ia memberi perintah untuk membuka api di kavaleri Jerman, setelah pengejaran singkat, menyebabkan mereka jatuh kembali. Drummer Edward Thomas melepaskan tembakan pertama senapan Inggris saat perang, sementara Kapten Hornby, yang memimpin charge, membunuh Jerman pertama dengan pedang. Thomas, yang selamat dari perang, kemudian dipindahkan ke Korps Senjata mesin dan dianugerahi Medali Militer.

BEF terdiri atas empat divisi tentara reguler disusun seperti Korps Pertama(Douglas Haig) dan Korps Kedua (Horace Smith-Dorrien). Tentara Inggris yang berpengalaman dan prajurit profesional, mampu menembak cepat dan akurat dengan senapan Lee-Enfield, rata-rata prajurit infanteri yang mampu memukul sasaran seukuran manusia pada jarak 300 meter dengan kecepatan minimal 15 tembakan permenit; banyak yang bisa menembak lebih. [1] Oleh karena itu, laporan setelah pertempuran mengulangi keyakinan Jerman bahwa prajurit mereka menjadi sasaran tembakan senapan mesin. [2] Ini adalah senjata api kecil yang wajib bagi militer, tentara Jerman tidak bisa berharap pada mereka untuk mencapai keterampilan dan peralatan sesuai yang diberikan. Mereka bersiap-siap dengan posisi bertahan.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pagi hari[sunting | sunting sumber]

Pukul 9 pagi, delapan batalyon Jerman, dibantu oleh tembakan artileri, maju melawan dua batalyon dari Divisi Infanteri ke-3 di "lapangan parade pembentukan" dan menderita kerugian besar. Begitu kuat dan terus menerus adalah penembakan bahwa Jerman percaya bahwa mereka menghadapi senapan mesin baterai tapi pada saat Inggris hanya memiliki dua senapan mesin per batalion-hampir semua [3] Para korban yang ditimbulkan oleh bersenjata senapan.

Segera setelah itu, sisa dari Angkatan Darat Pertama Jerman tiba. Tembakan artileri memaksa Inggris dari posisi mereka, namun mereka masih menaruh memberikan perlawanan yang kuat. Pihak Inggris menderita 1.600 korban tapi semangat tetap tinggi dan pasukan percaya bahwa mereka dapat terus menahan serangan Jerman.

Pasukan penembak ke-4 Inggris membela dari utara Mons. Batalion membuat jembatan gantung yang terletak pada titik ini dan jembatan kereta api lebih ke barat. Jembatan ini dibuka, memotong jalan Mons-Brussels. Pada jembatan gantung Inggris memegang Jerman. Seorang tentara Jerman, August Neiemeier, berenang melintasi kanal dibawah senapan Inggris dan mengoperasikan mesin-mesin untuk menutup jembatan. Sementara ia meninggal setelah menutup jembatan, usahanya memungkinkan Jerman untuk melintasi jembatan. [4]

Beberapa ratus meter ke barat, batalyon regu senapan mesin memberikan dukungan. Regu mengalami kerugian berat dari senapan Jerman. Lt Dease (satu-satunya anggota Regu yang terluka) mulai menembak salah satu senapan mesin. Ia terluka lima kali dan dievakuasi ke markas bantuan batalion, dimana ia meninggal. Prajurit Sidney Godley, terluka, mengoperasikan senjata lain, saat penarikan batalion. Sebelum ia kewalahan dan ditawan, Prajurit Godley membongkar bagian senapan sebelum melempar potongan-potongan ke dalam kanal. Untuk tindakan mereka, Lt Dease dan Prajurit. Godley diberikan Victoria Cross,[5][6] penghargaan tertinggi untuk keberanian dalam Angkatan Darat Inggris dan yang pertama diberikan selama perang.

Kompi "D" Middlesex Resimen ke-4 datang di bawah tembakan Jerman di Obourg. Penyerang mereka, Resimen Infanteri ke-31, menderita kerugian besar, tetapi segera diperkuat oleh Infanteri ke-85 dan ke-86 Resimen Penembak. Ketiga resimen Jerman terdiri dari 18 Divisi, sebuah unit yang terdiri dari divisi dari utara Jerman. 18 Divisi terlibat berhadapan Inggris sewaktu menggunakan kanal tanpa penjagaan, terletak sekitar 1 km timur dari Gare, untuk mendapatkan kavaleri menyeberang. Pada tengah hari, Inggris mulai melakukan penarikan. Untuk membantu mereka, mereka meminta penguatan dari Batalion ke-2 Kerajaan Irlandia. Bala bantuan tiba di bawah tembakan. Pada waktu itu Divisi 17 Jerman telah menyeberangi kanal dengan kekuatan di Havre dan bergerak di sepanjang jalan Havre-Mons untuk menumpas sayap kanan Inggris. Pada Obourg Gare, seorang prajurit tak dikenal mengorbankan dirinya untuk menutup gerakan mundur dari unitnya. Tersisa di stasiun pembakaran gedung, prajurit terlibat maju tentara Jerman dengan senapan. Diperbolehkan pembelaannya sisa Kompi "D" dan "B" Middlesex ke-4 untuk mundur ke Pemakaman St Symphorien di pinggiran Mons.

Sore[sunting | sunting sumber]

Pada pukul 14.00, Inggris mulai melihat mereka sedang kewalahan. Setelah mendengar dari tentara Prancis mundur ke selatan dan melihat tentara Belgia juga telah mundur, mereka menyadari sayap kanan mereka terbuka. BEF diikuti para sekutu-sekutunya mundur dari Mons; Batalion ke-2 dari Royal Munster Fusiliers dalam aksi garis belakang klasik yang diselenggarakan sembilan batalyon Jerman menderita parah dan kewalahan pada 27 Agustus di Etreux, hanya 240 orang selamat. Mereka mengamankan penarikan tanpa gangguan divisi mereka, Korps Kedua gagal kembali ke Le Cateau dan Korps Pertama untuk Landrecies. Penarikan pasukan berlangsung selama 14 hari, BEF merebut pinggiran Paris.

Koran memberitakan pertempuran dan penarikan pasukan mengakibatkan peningkatan yang cepat dalam perekrutan tentara di Britania. Pada April 1915, rumor yang beredar menyatakan bahwa sebuah "keajaiban" atau intervensi dari "Angels of Mons" telah dibantu tentara Inggris.

Novelis Jerman dan Kapten Walter Bloem menulis dalam buku hariannya setelah pertempuran:

«... Laki-laki semua kedinginan sampai ke tulang, hampir terlalu lelah untuk bergerak dan dengan kesadaran menyedihkan kekalahan menimbang berat kepada mereka. Sebuah kekalahan yang buruk, tidak boleh ada gainsaying itu ... kami sudah dipukuli habis-habisan, dan oleh Inggris - oleh Inggris kami jadi tertawa pada beberapa jam sebelumnya.»

Prajurit BEF yang berperang di Mons kemudian mendapat medali, Bintang Mons. Pada tanggal 19 Agustus 1914, Kaisar Wilhelm diduga mengeluarkan Perintah Harian yang dibaca : «saya pertama tentara untuk membasmi pengkhianatan Inggris; berjalan Marsekal perancis's hina kecil Angkatan Darat.» Hal ini menyebabkan Inggris "Tommies" dari label sendiri dengan bangga BEF The Old Contemptibles. Namun, tidak ada bukti Perintah Harian yang terkenal pernah ditemukan dalam arsip Jerman setelah perang, dan mantan Kaisar membantah telah memberikannya. Sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh Jenderal Frederick Maurice menelusuri asal usul Perintah ke GHQ Inggris, tempat itu telah mengarang dengan maksud propaganda.[7]

Peninggalan perang[sunting | sunting sumber]

Jerman membuat pemakaman militer St Symphorien setelah Pertempuran Mons. Tempat pemakaman tersebut merupakan tempat yang sudah ada tetapi mereka menciptakan sebuah gundukan buatan di pusat pemakaman secara melingkar. Pada titik tertinggi gundukan, mereka mendirikan sebuah tugu batu granit abu-abu, tinggi 23 meter, dengan prasasti Jerman "Dalam memori dari tentara Jerman dan Inggris yang jatuh dalam pertempuran di dekat Mons pada tanggal 23 dan 24 Agustus 1914". Mereka awalnya dimakamkan 245 Jerman dan 188 tentara Inggris di sana. 27 makam Inggris lainnya dibawa setelah gencatan senjata. Kemudian kuburan tambahan Inggris, Kanada dan Jerman itu pindah ke sini dari kuburan lain. Sekarang ada lebih dari 200, korban perang 1914-1918 diperingati di pemakaman ini. Dari jumlah tersebut, lebih dari 60 yang teridentifikasi dan peringatan khusus yang didirikan untuk lima prajurit dari Resimen Kerajaan Irlandia, diyakini dimakamkan di kuburan tanpa nama. Catatan khusus peringatan lainnya nama empat tentara Inggris, terkubur oleh musuh dalam Obourg Churchyard, yang tidak dapat ditemukan. Ini berisi kuburan pemakaman dua tentara dianggap menjadi yang pertama (Prajurit J. Parr, Batalyon ke-4, Resimen Middlesex., 21 Agustus 1914) dan yang terakhir (Prajurit GL Harga, Infanteri Kanada, 11 November 1918) prajurit negara persemakmuran dibunuh selama Perang 1914-18. Sebuah meja kecil di pemakaman merupakan pemberian dari Jean Houzeau de Lehaie.[8]

Masyarakat Mons telah menciptakan wisata medan perang. Peta dan buku panduan dapat diperoleh di Tourist Office di Grand Place.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jarymowycz, Roman; Starry, Donn (2008). Cavalry from Hoof to Track. Greenwood Publishing Group. hlm. 124. ISBN 0275987264. 
  2. ^ Jarymowycz, Roman; Starry, Donn.  Missing or empty |title= (help)
  3. ^ Jarymowycz, Roman; Starry, Donn.  Missing or empty |title= (help)
  4. ^ Jembatan ini kemudian dihancurkan dan satu beton modern berdiri di tempatnya sebagai penggantinya untuk memperingati Pasukan Penembak "perbuatan gagah berani".
  5. ^ London Gazette: no. 28976, p. 9373–9374, 13 November 1914.
  6. ^ London Gazette: no. 28985, p. 9957, 24 November 1914.
  7. ^ Arthur Ponsonby: Falsehood in War-Time. 1928.
  8. ^ Cemetery Details—St Symphorien Cemetery, Komisi korban perang negara persemakmuran.

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Military Heritage did a feature of the Battle of Mons and the Angels of Mons (Robert Barr Smith, Military Heritage, August 2005, Volume 7, No. 1, p. 14, p. 16, p. 17, and p. 76).
  • Evans, M. M. (2004). Battles of World War I. Select Editions. ISBN 1-84193-226-4.
  • Lomas, D. Mons 1914 : The BEF's Tactical Triumph (Campaign). Osprey Publishing.
  • The Advance from Mons 1914: The Experiences of a German Infantry Officer by Walter Bloem (Helion and Company Ltd) Published October 2004. ISBN 1-874622-57-4

Pranala luar[sunting | sunting sumber]