Pertempuran Isonzo Kelima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Isonzo Kelima
Bagian dari Blok Italia Perang Dunia I
Italian Front 1915-1917.jpg
Sebelas Pertempuran Isonzo
Juni 1915 — September 1917
Tanggal 915 Maret 1916
Lokasi Sungai Isonzo, Slovenia Barat
Hasil Kemenangan Austria-Hongaria
Pihak yang terlibat
Bendera Italia Italia  Austria-Hongaria
Komandan
Luigi Cadorna,
Emanuele Filiberto, Duke Aosta II
Conrad von Hötzendorf
Svetozar Boroević,
Archduke Eugen Austria
Kekuatan
286 batalyon
(lebih dari 90 sebagai cadangan),
1.360 senjata
100 batalyon
(lebih dari 30 sebagai cadangan),
470 senjata
Korban
1.882 terbunuh, terluka dan hilang 1.985 terbunuh dan terluka

Pertempuran Isonzo Kelima adalah pertempuran lanjutan antara Italia dan Austria-Hongaria pada tanggal 9 - 15 Maret 1916 dalam Perang Dunia I. Italia, di bawah tekanan besar komandan Perancis yang telah memutuskan untuk melakukan serangan lain di Sungai Isonzo.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Setelah empat kali menyeberangi sungai Isonzo dan menginvasi wilayah Austria-Hongaria, Luigi Cadorna, Komandan Italia, menyiapkan operasi/serangan baru yang dasyat pada musim dingin dalam pertempuran yang telah mengizinkan Komando Tertinggi Italia untuk mengumpulkan dan mengatur 8 divisi baru.

Namun, serangan dilakukan bukan setelah perencanaan strategis yang rinci, melainkan sebagai pengalih perhatian untuk menggeser Kekuatan Tengah dari blok Timur dan dari Verdun, di mana pertumpahan darah terbesar dari perang itu terjadi. Serangan itu hasil dari Konferensi Chantilly pada Desember 1915.

Serangan diperintahkan oleh Cadorna untuk Angkatan Darat ke-2 dan ke-3 Italia sebagai "demonstrasi" melawan musuh, ternyata kurang berdarah daripada yang sebelumnya. Pertempuran itu terjadi di dataran tinggi Kars, dengan tujuan mengambil Gorizia dan jembatan Tolmin.

Setelah seminggu pertempuran terdapat 4.000 korban di kedua belah pihak, pertempuran terhenti karena cuaca buruk yang memperburuk kondisi parit dan karena serangan "hukuman" Austria-Hongaria di Trentino.

Sepanjang bagian tertentu dp garis depan, terutama di sekitar Gorizia, pertempuran berlanjut terus antara peleton musuh hingga 30 Maret dan seterusnya, dalam suatu perjuangan yang berkepanjangan dan tidak menghasilkan pemenang yang jelas.

Cadorna telah menyerukan kepada Rusia (sekutunya) untuk melawan unit Austria-Hungaria di pantai di blok Timur dan memberikan kesempatan Cadorna untuk memposisikan pasukannya di Trentino sambil meninggalkan Pertempuran Isonzo Kelima.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°58′9″LU 13°36′40″BT / 45,96917°LU 13,61111°BT / 45.96917; 13.61111