Nusa Barung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nusa Barung
Nusa Barong
—  Pulau  —
Nusa Barung berada di daerah Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur
Nusa Barung is located in Jawa
Nusa Barung
Lokasi di Pulau Jawa
Koordinat: 8°28′29″LU 113°19′40″BT / 8,47472°LS 113,32778°BT / -8.47472; 113.32778
kepulauan
Luas
 • Total 100 km2 (40 mil²)
Ketinggian 0 sampai 304 m (Bad rounding hereFormatting error: invalid input when rounding ft)

Nusa Barung (atau Barong) adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pulau ini adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Barung ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Jember, sebelah selatan dari provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Nusa Barung merupakan sebuah cagar alam sejak tahun 1920. Di pulau ini dapat ditemukan banyak spesies burung, serangga, dan tumbuhan. Fungsi pokok cagar alam ini adalah sebagai perlindungan bagi lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah serta mempunyai jenis flora antara lain Calophyllum inophyllum, Sonneratia alba, Sterculia foetida, Terminalia catappa, Avicennia spp., Barringtonia spp., Alstonia spanthulatus, Alang-alang - Cylindrica imperata, Dillenia sp., Ficus amplas, Lumnitzera spp., Pleiornium sp., Rhizophora spp., Supatorium sp., Tamarindus sp., Vatica walichii, Vitex pubescens, Xylocarpus spp. dan Salah satu ancaman bagi cagar alam ini adalah penebangan kayu secara ilegal.


Fauna[sunting | sunting sumber]