Wili-wili besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Esacus neglectus)
Wili-wili besar
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
E. magnirostris
Nama binomial
Esacus magnirostris
(Vieillot, 1818)
Sinonim

Esacus neglectus
Burhinus giganteus
Burhinus magnirostris

Wili-wili besar (Esacus magnirostris) adalah spesies burung dalam famili Burhinidae. Burung ini tersebar di Kepulauan Andaman dan Semenanjung Malaysia hingga ke Filipina, Indonesia dan Papua, juga di Australia dan Kepulauan Pasifik barat daya.[2]

Tempat hidup dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Wili-wili besar menghuni kawasan pesisir yang terpencil, berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya. Mencari makan secara diam-diam di pantai, gosong lumpur dan karang; berlindung di bawah akar bakau ketika air laut pasang. Burung ini sangat pemalu dan segera terbang ketika terganggu.[2]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Wili-wili besar berukuran sekitar 53-57 cm. Wili-wili besar dewasa ditandai dengan paruh besar. Bagian kepala sebagian besar kehitaman dengan garis mata putih. Saat terbang, sebagian besar bulu sekunder berwarna abu-abu, sedangkan sebagian besar primer tampak berwarna putih. Wili-wili besar remaja dibedakan dengan warna yang sedikit lebih pucat di bagian atas dengan pinggiran kekuningan. Di sepanjang penutup atas terdapat garis-garis kusam. Warna median abu-abu-coklat [3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Esacus giganteus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b "Wili-wili besar". Kutilang Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-31. Diakses tanggal 1 April 2014. 
  3. ^ Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 102.