Menara Pengawal Memberitakan Kerajaan Yehuwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Watchtower logo
The Watchtower and Herald of Christ’s Kingdom, Menara Pengawal di awal abad ke-20

Menara Pengawal (ISSN 0043-1087) adalah majalah keagamaan tengah bulanan yang penuh dengan ilustasi, dicetak dan diterbitkan oleh Saksi-Saksi Yehuwa melalui Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc. yang beralamat di 25 Columbia Heights, Brooklyn, NY 11201-2483, U.S.A. Judul ini didasarkan dari Yesaya 21:8. Menara Pengawal dikenal sebagai publikasi utama (dengan rekan majalahnya, Sedarlah!) didistribusikan oleh Saksi-Saksi Yehuwa dalam pelayanan dari rumah ke rumah mereka. Dalam bahasa Inggris berarti The Watchtower. Di Indonesia, majalah Menara Pengawal didistribusikan melalui Badan Hukum Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia, yaitu Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika pertama kali diterbitkan, pada bulan Juli 1879, majalah ini disebut Zion's Watch Tower and Herald of Christ's Presence. Majalah ini, menjadi penganjur yang gigih sehubungan korban tebusan Yesus Kristus, diterbitkan untuk menghidangkan makanan rohani kepada rumah tangga iman. Pada tanggal 1 Januari 1909, judul tersebut berubah menjadi The Watch Tower and Herald of Christ's Presence, agar perhatian difokuskan lebih jelas kepada tujuan majalah itu. Mulai tanggal 1 Januari 1939, dengan semakin ditekankannya fakta bahwa Kristus sudah memerintah dari surga sebagai Raja, maka judul tersebut diubah menjadi The Watchtower and Herald of Christ's Kingdom. Kemudian pada tanggal 1 Maret 1939, dengan mengubah judul menjadi The Watchtower Announcing Jehovah's Kingdom, perhatian diarahkan secara lebih menonjol kepada Yehuwa sebagai Penguasa Universal, Pribadi yang memberi wewenang kepada Putra-Nya untuk memerintah.

Ketika pertama kali diterbitkan, Watch Tower merupakan sebuah naskah delapan halaman, yang diproduksi sekali sebulan. Jumlahnya meningkat menjadi 16 halaman pada tahun 1891, dan menjadi majalah tengah bulanan pada tahun 1892. Format 32 halaman digunakan dalam banyak bahasa pada tahun 1950.

Penerjemahan Watch Tower ke dalam bahsa-bahasa lain dimulai secara perlahan. Sebuah sampel majalah diterbitkan di dalam bahasa Swedia (Vakttornet) pada tahun 1883 untuk digunakan sebagai risalah. Dari tahun 1886 sampai 1889, majalah dengan edisi ukuran kecil dicetak dalam bahasa Jerman (Der Wachtturm). Namun baru pada tahun 1897 Watch Tower muncul kembali dalam bahasa Jerman dan terus diterbitkan secara konsisten. Pada tahun 1916, majalah ini telah dicetak dalam tujuh bahasa Inggris, Swedia, Jerman, Denmark-Norwegia, Polandia, Prancis, dan Finlandia. Ketika pemberitaan kabar baik mendapat momentum yang lebih besar pada tahun 1922, jumlah bahasa yang digunakan dalam menerbitkan majalah ini meningkat menjadi 16. Akan tetapi, sejak tahun 2009 majalah ini secara tetap tentu diterbitkan dalam 174 bahasa—bahasa-bahasa yang digunakan oleh sebagian besar penduduk bumi. Ini bukan hanya termasuk bahasa-bahasa seperti Inggris, Spanyol, dan Jepang, yang dicetak sebanyak jutaan setiap terbitan, melainkan juga dalam bahasa Palau, Tuvalu, dan bahasa-bahasa lainyang disebarkan dengan jumlah beberapa ratus majalah saja.

Selama bertahun-tahun The Watchtower dipandang sebagai majalah yang terutama ditujukan kepada "kawanan kecil" dari umat Kristen yang mengabdi. Sirkulasinya agak terbatas; menjelang tahun 1916, hanya 45.000 majalah yang dicetak. Namun mulai tahun 1935, berulang-ulang ditandaskan untuk menganjurkan "kaum Yonadab", atau "kumpulan besar", agar memperoleh dan membaca The Watchtower secara tetap tentu. Pada tahun 1939, ketika sampul majalah mulai menonjolkan Kerajaan, langganan untuk The Watchtower ditawarkan kepada umum dalam suatu kampanye langganan internasional selama empat bulan. Hasilnya, daftar langganan meningkat menjadi 120.000. tahun berikutnya, The Watchtower secara tetap tentu ditawarkan kepada orang-orang di jalan.

Dalam bahasa Indonesia majalah The Watchtower baru diterbitkan pada tahun 1951 dengan nama Menara Pengawal Memberitakan Kerajaan Yehuwa; pada umumnya dikenal dengan nama Menara Pengawal.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Menara Pengawal digunakan oleh Saksi-Saksi Yehuwa dalam pengabaran umum mereka. Di dalam halaman sampul setiap terbitannya mempunyai pernyataan tujuan sebagai berikut :

TUJUAN MENARA PENGAWAL adalah memuliakan Allah Yehuwa sebagai Tuan Yang Berdaulat di alam semesta. Majalah ini terus mengamati peristiwa-peristiwa dunia seraya peristiwa-peristiwa itu menggenapi nubuat Alkitab. Majalah ini menghibur semua bangsa dengan kabar baik bahwa Kerajaan Allah akan segera membinasakan semua yang menindas sesama mereka dan akan mengubah bumi ini menjadi suatu fidaus. Majalah ini membina iman akan Raja yang dilantik Allah dan sedang memerintah, yakni Yesus Kristus. yang darahnya yang dicurahkan membuka jalan bagi umat manusia untuk memperoleh kehidupan kekal. Menara Pengawal, yang diterbitkan oleh Saksi-Saksi Yehuwa secara berkesinambungan sejak tahun 1879, tidak bersifat politik. Majalah ini senantiasa berpaut pada Alkitab sebagai sumber wewenang.

Majalah ini juga sebagai alat komunikasi utama dari Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa kepada semua penyiar untuk memberikan prosedur-prosedur berkenaan organisasi dan doktrin-doktrin pengajaran berkenaan Alkitab.

Pencetakan[sunting | sunting sumber]

Majalah Menara Pengawal sejak tanggal 1 September 2002 hanya dicetak di 8 kantor cabang Saksi-Saksi Yehuwa, yaitu : Amerika Serikat (untuk Amerika Serikat, Kanada, Alaska, Hawaii, dan Asia(untuk bahasa-bahasa Eropa, kecuali bahasa Inggris)), Meksiko (untuk Meksiko, negara-negara Amerika Tengah dan kepulauan Karibia), Brasil (untuk Brasil dan negara-negara Amerika Selatan), Jerman (untuk Jerman, negara-negara Eropa Barat (kecuali Inggris), Eropa Utara, Eropa Selatan, Eropa Timur dan negara-negara bekas Uni Soviet serta sebagian negara-negara di Afrika), Inggris (untuk Inggris, negara-negara di Mediteranea dan negara-negara Timur Tengah serta sebagian negara-negara di Afrika), Afrika Selatan (untuk Afrika Selatan, negara-negara Afrika bagian Selatan, Afrika Timur, Madagaskar, Afrika Barat dan sebagian Afrika Utara), Jepang (untuk Jepang, negara-negara Asia Timur Jauh, Asia Tenggara, Asia Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Filipina, dan Indonesia), dan Australia (untuk Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Kaledonia Baru, Tahiti dan negara-negara kepulauan Pasifik) serta Kanada yang mencetak bahasa Arab untuk negara-negara Asia dan negara-negara di benua Amerika. Khusus untuk Indonesia, majalah Menara Pengawal mendapat hibah dari kantor cabang di Ebina, Jepang. Sebelumnya, edisi bahasa Indonesia dicetak di Indonesia sendri.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Menara Pengawal mempunyai rata-rata pencetakan tiap terbitan (menurut terbitan 1.02.2014) 45.944.000 eksemplar dan dicetak dalam 213 bahasa. Lebih dari 213 bahasa diterbitkan secara simultan (serentak) termasuk Inggris, Jerman, Swedia, Spanyol, Rusia, Cina, Arab, Indonesia, Hindi, dan Zulu.

Majalah ini didistribusikan oleh Saksi-Saksi Yehuwa. Mereka juga mempertimbangkan pekerjaan dinas kepada umum mereka. Para Saksi umumnya menawarkan majalah ini dalam dinas dari rumah ke rumah. Mereka juga mendistribusikan melalui pendekatan kepada orang-orang di tempat umum atau secara informal kepada para dokter, akademisi, politisi, dan kenalan. Menara Pengawal boleh ditinggalkan sebagai materi bacaan di tempat-tempat umum, termasuk terminal bis, laundry, atau tempat-tempat lainnya. Praktik distribusi melalui penempatan ke kotak-kotak surat tidak dianjurkan oleh Lembaga Menara Pengawal.

Edisi[sunting | sunting sumber]

Setiap tahunnya, Saksi-Saksi Yehuwa menambahkan variasi edisi majalahnya, agar dapat tersedia seluas-luasnya kepada setiap aspek individu. Pada tahun 1976, Menara Pengawal tersedia dalam bahasa Inggris Braille Grade II. Pada tahun 1988, majalah ini mulai diproduksi ke dalam bentuk audio kaset untuk menambah manfaat bagi yang memiliki kerusakan secara visual sehingga dapat memperoleh informasi yang sama sebagaimana bagi mereka yang ingin mendengarkan. Pada tahun 2003, edisi kaset video dalam Bahasa Isyarat Amerika diproduksi, dan diperluas ke DVD pada tahun 2004. Menara Pengawal sekarang dirilis bulanan dalam Bahasa Isyarat Amerika dalam bentuk DVD. Artikel-artikel pilihan tersedia dalam website resmi mereka (www.watchtower.org). Pada tahun 2004, Menara Pengawal dirilis dalam bentuk compact disc (MP3 dan belakangan format audio CD). Pada tahun 2006, edisi DVD Menara Pengawal tersedia dalam Bahasa Isyarat Meksiko dan Bahasa Isyarat Brasil.



Referensi[sunting | sunting sumber]

1. ^The Watchtower July 1, 1979, Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc.

2. ^Saksi-Saksi Yehuwa—Pemberita Kerajaan Allah, 1993, h. 724-5, Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc.