Joseph Franklin Rutherford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joseph F. Rutherford

Joseph Franklin Rutherford (8 November 18698 Januari 1942) adalah presiden kedua dari Lembaga Menara Pengawal, salah satu badan hukum yang digunakan oleh Saksi-Saksi Yehuwa. Selama masa jabatannya sebagai Presiden (1916—1942), kelompok Siswa-Siswa Alkitab (sebutan bagi Saksi-Saksi Yehuwa pada masa itu) mendapat nama baru yang kemudian dikenal sebagai Saksi-Saksi Yehuwa atau Jehovah's Witnesses pada tahun 1931.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan Masa Awal[sunting | sunting sumber]

Joseph Rutherford lahir dari keluarga petani di Morgan County, Missouri, orang tuanya beragama Baptis. Ketika Joseph berusia 16 tahun Bapaknya menentangnya akan minat yang diperlihatkan pada jurusan hukum, tetap mengizinkan Rutherford muda untuk menyelesaikan kuliahnya asalkan ia membiayai diri sendiri dan membayar seorang buruh yang akan menggantikannya bekerja di ladang. Sebagai pemuda yang bertekad penuh, Joseph memperoleh pinjaman dari seorang teman dan berhasil masuk perguruan tinggi sambil juga mempelajari hukum.

Setelah menyelesaikan pendidikan akademisnya, Rutherford melewatkan waktu dua tahun di bawah pengawasan Hakim E. L. Edwards. Menjelang usia 20 tahun, ia menjadi pelapor resmi pengadilan untuk sidang-sidang di Pengadilan Keliling Keempat Belas di Missouri. Pada tanggal 5 Mei 1892, ia mendapat izin untuk membuka praktik hukum di Missouri. Rutherford kemudian bekerja sebagai jaksa penuntut umum selama empat tahun di Boonville, Missouri. Belakangan, ia kadang-kadang bertindak sebagai hakim khusus di Pengadilan Keliling Kedelapan di Missouri. Karena itulah ia dikenal sebagai "Hakim Rutherford".

Untuk membiayai sekolahnya, Rutherford menjual ensiklopedia dari rumah ke rumah. Ini bukan pekerjaan yang mudah—sering sekali ia ditolak dengan kasar. Suatu kali, ia hampir mati ketika jatuh ke dalam sungai yang sangat dingin sewaktu ia sedang mengunjungi perladangan. Ia berjanji kepada diri sendiri bahwa setelah ia menjadi pengacara, jika ada orang yang datang ke kantornya untuk menjual buku, ia akan membelinya. Sesuai dengan janjinya, ia menerima tiga jilid "Millenial Dawn" dari dua kolportir yang datang ke kantornya pada awal tahun 1894. Beberapa minggu kemudian ia membca buku-buku itu dan langsung menulis surat kepada Lembaga Menara Pengawal, yang isinya, "Istri saya yang saya kasihi dan saya sendiri telah membaca buku-buku ini dengan minat yang sangat besar, dan kami menganggapnya sebagai kiriman dari Allah dan suatu berkat besar bahwa kami mendapat kesempatan untuk memilikinya". Pada tahun 1906, Joseph F. Rutherford dibaptis, dan setahun kemudian ia menjadi penasihat hukum Lembaga Menara Pengawal.

Siswa-Siswa Alkitab[sunting | sunting sumber]

Ia mulai mennujukkan minatnya kepada pengajaran Siswa-Siswa Alkitab pada tahun 1894, setelah ia dan istrinya meilihat tiga buku berseri dari Charles Taze Russell yang berjudul Millennial Dawn (Fajar Millenium) (belakangan diganti dengan nama Studies in the Scriptures).

Ia dibaptis sebagai seorang Siswa Alkitab pada tahun 1906, dan pada tahun 1907 ia dipilih oleh Pastor Russell menjadi penasihat hukum bagi Watch Tower Society. Ia melayani sebagai penatua dan pengawas selama bertahun-tahun berikutnya. Ia dipilih sebagai Presiden dari Watch Tower Society pada bulan Januari 1917, dua bulan setelah kematian Russell.

Hukuman Penjara[sunting | sunting sumber]

Pastor Russell's mengharapkan jilid ketujuh Studies in the Scripturesnya tidak ditulis pada masa hidupnya, tetapi diterbitkan setelah kematiannya, dan diumumkan sebagai karyanya, meskipun faktanya ditulis oleh J.F. Rutherford, dan dua orang koleganya. Buku ini diterima dengan kegairahan yang begitu besar. Jilid ketujuh ini (berjudul "Misteri yang Tersingkap") mendapat kritikan yang sangat besar dari para pemimpin Susunan Kristen karena menyingkapkan kebobrokan mereka berupa pengajaran yang tidak berdasarkan Alkitab, seperti Tritunggal (Trinitas), api neraka, api penyucian, jiwa yang tidak berkematian, Bunda Maria, dan lain-lain. Akhirnya pada tahun 1918 ia mendapat hukuman penjara dengan tujuh Direktur Lembaga dan ditempatkan di Penjara Federal di Atlanta, Georgia. Pada tahun 1919, Rutherford dan ketujuh Direktur Lembaga Menara Pengawal dibebaskan dari penjara dan dibersihkan nama baiknya.

Rutherford dan para koleganya akhirnya dibebaskan dari tuduhan sama sekali. Ini dibuktikan oleh fakta bahwa ia adalah anggota pengacara dari Mahkamah Agung Amerika Serikat dari tahun ketika ia menjadi anggota pada tahun 1909 hingga kematiannya pada tahun 1942. Dari tahun 1939-1942, ia melayani sebagai pengacara dalam 14 kasus, dua di antaranya menyajikan argumen lisan yang sangat alot dalam kasus—Schneider v. State of New Jersey (1939) dan Minersville School District v. Gobitis (1940).

Presiden Lembaga Menara Pengawal[sunting | sunting sumber]

Rutherford melayani sebagai Presiden dari Watch Tower Society hingga kematiannya pada tahun 1942 dan dikenal sebagai seorang pengabar yang tangguh. Mula-mula tahun 1919 ia mulai menerbitkan lektur seri yang berjudul "Jutaan yang Sekarang Hidup Tidak Pernah Akan Mati" yang menjadi fokus gerakannya selama 6 tahun berikutnya. Pada tahun 1919 sendiri, ia menciptakan record yang belum pernah dibuat oleh Presiden Lembaga sebelum dan sesudahnya, yaitu menerbitkan 35 judul risalah, 3 judul Berita Kerajaan (Kingdom News), dan sebuah majalah dengan nama "Golden Age" (Abad Keemasan) (pada tahun 1937 diubah menjadi Consolation (Penghiburan), lalu pada tahun 1946 diganti menjadi Awake! (Sedarlah!)

Kematian[sunting | sunting sumber]

Sekitar usia 70 tahun, ia beberapa kali mendapat pengobatan medis berkaitan dengan kanker usus. Ia mendapat lebih dari satu kali operasi pada tahun 1941. Ia tidak pernah sembuh. Rutherford meninggal pada usia 72 pada tanggal 8 Januari 1942 di San Diego.

Sumbangsih bagi Saksi-Saksi Yehuwa[sunting | sunting sumber]

Di bawah kepresidenan Joseph F. Rutherford Siswa-Siswa Alkitab, mendapat nama Saksi-Saksi Yehuwa pada tahun 1931. Sebelumnya, pada tahun 1922 ia menyampaikan khotbah "Umumkan Raja dan Kerajaannya" ("advertise the King and His Kingdom") yang menjadi tonggak sejarah pengabaran Saksi-Saksi Yehuwa merupakan teladan yang dilakukan oleh Yesus Kristus dan para pengikutnya yang belakangan dikenal sebagai Kristen (pengikut Kristus)pada Abad Pertama. Pada tahun 1922-1928, ia mempersiapkan 7 Kebaktian yang menggetarkan dunia khususnya para pemimpin politik, para pemimpin agama, dan para pedagang yang merupakan bagian dari sistem Setan yang dilambangkan dengan angka 666 dalam buku Penyingkapan.

Rutherford digantikan oleh Nathan Homer Knorr sebagai Presiden Lembaga Menara Pengawal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1. ^Saksi-Saksi Yehuwa—Pemberita Kerajaan Allah, 1993, h. 67, Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc.