Nathan Homer Knorr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nathan Homer Knorr (lahir di Bethlehem, Pennsylvania, 23 April 1905 – meninggal di Wallkill, Ulster County, New York, 8 Juni 1977 pada umur 72 tahun) adalah Presiden ketiga dari Lembaga Risalat dan Alkitab Menara Pengawal yang memegang posisi tersebut pada tanggal 13 Januari 1942, menggantikan Joseph Franklin Rutherford, yang melayani sebagai Presiden Lembaga sejak 1916.

Latar belakang kehidupan[sunting | sunting sumber]

Nathan Knorr lahir pada tanggal 23 April 1905, di Bethlehem, Pennsylvania, ia mulai menunjukkan minat kepada Siswa-Siswa Alkitab Internasional (di mana Saksi-Saksi Yehuwa dikenal pada masa itu) pada usia 16 tahun. Ia meninggalkan Gereja Reformasi pada tahun 1922 dan pada tahun 1923 ia dibaptis sebagai seorang Siswa Alkitab. Sungguh ironis, orang yang memberi khotbah pada hari pembaptisannya adalah Frederick W. Franz, yang walaupun lebih tua darinya dan hidup lebih lama dari Knorr, akhirnya menggantikannya sebagai Presiden Lembaga Menara Pengawal. Dua pria ini menjadi sahabat dekat dan patner, dan mereka melayani selama bertahun-tahun sebagai angota dari Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa. Knorr meninggal karena tumor selebral pada tanggal 8 Juni 1977.

Sumbangsih bagi Saksi-Saksi Yehuwa[sunting | sunting sumber]

Presiden Knorr banyak memberikan sumbangsih yang sangat mengesankan bagi Saksi-Saksi Yehuwa khususnya berfokus pada pendidikan. Baru beberapa bulan, sebuah penyelenggaraan baru dibuat dengan menyelenggarakan "Kursus Lanjutan dalam Pelayanan Teokratis" sebuah sekolah yang memiliki keistimewaan riset Alkitab dan berbicara di depan umum. Belakangan diubah menjadi Sekolah Pelayanan Teokratis. Pada tanggal 24 September 1942, Knorr menyarankan agar didirikan sekolah lain guna melatih para misionaris untuk dinas luar negeri di mana ada kebutuhan besar akan para pemberita Kerajaan. Saran tersebut dengan suara bulat disetujui oleh Dewan Direktur. Di bagian utara negara bagian New York, kelas pertama Sekolah Gilead -- nama yang diberikan untuk sekolah misionaris (utusan injil) -- dimulai pada hari Senin, 1 Februari 1943.

Knorr adalah seorang pengorganisasi yang luar biasa yang memahami bagaimana mengorganisasi organisasi cabang yang baik diperlukan dalam memelihara langkah gerak maju dari pekerjaan pengabaran. Pada tahun 1942, ketika ia menjadi Presiden ada 25 kantor cabang. Pada tahun 1946, meskipun adanya pelarangan dan penindasan terhadap Saksi-Saksi Yehuwa selama Perang Dunia II, terdapat 57 jumlah kantor cabang. Lebih dari 30 tahun kemudian, jumlah cabang meningkat menjadi 97.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Beberapa publikasi yang digunakan oleh Saksi-Saksi Yehuwa dirilis selama kepemimpinan Knorr antara lain adalah : Diperlengkapi untuk Setiap Pekerjaan Baik, Karena Allah Itu Benar Adanya, Dari Fidaus Hilang hingga Firdaus Dipulihkan, majalah Sedarlah!, yang menggantikan majalah Penghiburan (sebelumnya Abad Keemasan), Segenap Alkitab yang Diilhamkan Allah dan Bermanfaat, dan Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru.

Penyesuaian organisasi[sunting | sunting sumber]

Mulai tanggal 1 Oktober 1972, penyesuain dimulai dalam sidang-sidang Saksi-Saksi Yehuwa. Tidak ada lagi hamba sidang atau pengawas sidang, melainkan yang ada badan penatua dan hamba pelayanan. Seorang penatua ditunjuk sebagai Pengawas Umum (chairman), tetapi semua penatua mempunyai wewenang yang sama dan berbagi tanggung jawab dalam membuat keputusan.

Belakangan, kepemimpinan (chairmanship) dari Badan Pimpinan mulai diberlakukan, rotasi dilakukan menurut abjad alfabet. Mulai tanggal 1 Januari 1976 Badan Pimpinan membentuk beberapa panitia untuk mengawasi penerbitan, penulisan, pengajara, dinas, dan pesonalia. Knorr bekerja dengan penyelenggaraan baru hingga penyakit menyerangnya sewaktu hendak pergi ke Watchtower Farms di Wallkill, New York tidak lama sebelum kematiaanya.

Knorr digantikan sebagai Presiden oleh Frederick W. Franz.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • jv 96, 98, 101, 592
  • Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania. Organization for Kingdom-Preaching and Disciple-Making. Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc.: New York, 1972.