Sedarlah!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sedarlah! adalah majalah tentang kepercayaan yang diterbitkan oleh Saksi-Saksi Yehuwa, dan merupakan versi Indonesia dari majalah aslinya Awake! yang berasal dari Amerika. Majalah Awake! sendiri pertama diterbitkan di Brooklyn, New York, U.S.A. pada tanggal 1 Oktober 1919 dengan nama The Golden Age. Majalah ini adalah rekan dari majalah Menara Pengawal dengan perbedaan bahwa bila majalah Menara Pengawal lebih memfokuskan pada pelajaran Alkitab dan doktrin, maka Sedarlah! lebih umum karena menerbitkan juga artikel-artikel yang berkenaan dengan sains, alam, geografi, dan peristiwa-peristiwa sejarah negara dan dunia. Izinnya adalah ISSN 0005-237X.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perubahan judul[sunting | sunting sumber]

Judul ini berasal dari Matius 24:42, Markus 13:33, dan Lukas 21:36. Judul Awake! pada mulanya menggunakan The Golden Age (masa keemasan) dan terbit pada tanggal 1 Oktober 1919. The Golden Age dirancang untuk disebarkan kepada umum, dan selama bertahun-tahun sirkulasinya melebihi sirkulasi The Watch Tower, desain sampul majalah mengalami perubahan-perubahan, namun beritanya tetap sama.

Pada terbitan 6 Oktober 1937, nama majalah menjadi Consolation. seiring dengan kekacauan yang melanda dunia pada Perang Dunia II dan invansi Jerman pada Polandia pada 1 September 1939. Pengubahan nama ditujukan agar majalah memberikan penghiburan pada pembacanya.

Pada 22 Agustus 1946, judul Awake! diperkenalan seiring dengan digunakannya sumber-sumber berita konvensional dan penambahan isi yang ditulis oleh koresponden-koresponden majalah tersebut yang berada di berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1959 versi Indonesia dari majalah Awake! diterbitkan dengan nama Sedarlah! yang merupakan penerjemahan dari kata Awake! dan nama ini tetap digunakan dan memutuskan untuk tidak mengikuti perubahan tata bahasa (bahasa Indonesia) yang terjadi pada tahun 1974, karena kata Sedarlah lebih halus ungkapan dan maknanya ketimbang Sadarlah[butuh rujukan].

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Tujuan penerbitan majalah ini dimuat pada halaman empat tiap terbitannya :

JURNAL INI DITERBITKAN untuk memberikan pencerahan kepada seluruh keluarga. Majalah ini memperlihatkan cara menanggulangi problem-problem dewasa ini. Majalah ini melaporkan berita, menceritakan kehidupan orang di berbagai negeri, memeriksa ilmu pengetahuan dan agama. Namun, bukan itu saja. Majalah ini juga mengkaji dan menunjukkan makna sesungguhnya di balik peristiwa-peristiwa terkini, tetapi tetap netral secara politik dan tidak mengunggulkan ras tertentu. Yang terpenting, majalah ini membina keyakinan akan janji sang Pencipta tentang suatu dunia baru yang aman dan sentosa yang segera menggantikan sistem sekarang yang fasik dan yang melanggar hukum.

Format Sedarlah! 2008[sunting | sunting sumber]

  • Artikel Utama yang terdiri dari Peristiwa-Peristiwa Terkini, Sains, Ilmu Pengetahuan , dan Agama
  • Pandangan Alkitab
  • Artikel-artikel Umum yang terdiri dari Sains, Ilmu Pengetahuan , dan Agama
  • Kisah Hidup
  • Kaum Muda Bertanya (Pertanyaan-Pertanyaan Kaum Muda)
  • Mengamati Dunia
  • Apa Jawabannya (Artikel pembahasan yang dirancang bagi orang-tua dengan anak-anak kecil)

Hingga bulan Desember 2005 majalah Sedarlah! diterbitkan tengah bulanan. Namun, sejak tanggal 1 Januari 2006 Sedarlah! diterbitkan ke dalam edisi bulanan. Majalah ini mempunyai 32 halaman dan dicetak empat warna atau full color. Menurut terbitan Januari 2013 majalah ini tersedia ke dalam 99 bahasa (75 bahasa bulanan, 24 bahasa kuartal bulanan), termasuk Inggris, Jerman, Swedia, Spanyol, Rusia, Cina, Arab, Indonesia, Hindi, dan Zulu.

Percetakan dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Majalah Sedarlah! sejak tanggal 1 September 2002 hanya dicetak di 8 kantor cabang Saksi-Saksi Yehuwa, yaitu : Amerika Serikat (untuk Amerika Serikat, Kanada, Alaska, Hawaii), Meksiko (untuk Meksiko, negara-negara Amerika Tengah dan kepulauan Karibia), Brasil (untuk Brasil dan negara-negara Amerika Selatan), Jerman (untuk Jerman, negara-negara Eropa Barat (kecuali Inggris), Eropa Utara, Eropa Selatan, Eropa Timur dan negara-negara bekas Uni Soviet serta sebagian negara-negara di Afrika), Inggris (untuk Inggris, negara-negara di Mediteranea dan negara-negara Timur Tengah serta sebagian negara-negara di Afrika), Afrika Selatan (untuk Afrika Selatan, negara-negara Afrika bagian Selatan, Afrika Timur, Madagaskar, Afrika Barat dan sebagian Afrika Utara), Jepang (untuk Jepang, negara-negara Asia Timur Jauh, Asia Tenggara, Asia Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Filipina, dan Indonesia), dan Australia (untuk Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Kaledonia Baru, Tahiti dan negara-negara kepulauan Pasifik).

Pencetakan edisi bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

Majalah Sedarlah! edisi Indonesia mengalami beberapa kali perpindahan tempat percetakan. Awalnya, edisi bahasa Indonesia dicetak di Indonesia. Mulai bulan Oktober 2002, Sedarlah! edisi bahasa Indonesia dicetak di Kantor Cabang Saksi-Saksi Yehuwa di Jepang, mengingat murahnya biaya pencetakan dan pengiriman dari Jepang dibandingkan biaya pencetakan di Indonesia sendiri. Namun, pengaturan telah dibuat dan akhirnya mulai terbitan Januari 2010 majalah ini dicetak di Indonesia kembali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^Saksi-Saksi Yehuwa—Pemberita Kerajaan Allah, 1993, h. 724-5, Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc.
  1. ^Sedarlah! November 2007, Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc.