Menachem Begin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menachem Begin
מנחם בגין
Perdana Menteri Israel ke-6
Masa jabatan
21 Juni 1977 – 10 Oktober 1983
Didahului oleh Yitzhak Rabin
Digantikan oleh Yitzhak Shamir
Informasi pribadi
Lahir 16 Agustus 1913
Brest, kemudian Kekaisaran Rusia, kini Belarusia
Meninggal 9 Maret 1992 (umur 78)
Tel Aviv, Israel
Partai politik Likud

Menachem Begin Tentang suara ini Menachem Wolfovich Begin (lahir 16 Agustus 1913 – meninggal 9 Maret 1992 pada umur 78 tahun) (Bahasa Ibrani: מְנַחֵם בְּגִין) adalah seorang keturunan Yahudi Polandia yang menjabat sebagai kepala Zionis dalam kelompok Irgun, penerima Penghargaan Perdamaian Nobel, dan menjabat sebagai Perdana Menteri Israel ke-6 dari Likud.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Begin dilahirkan di Brest-Litovsk, Belorusia, pada 16 Agustus 1913, putra dari Ze'ev Dov dan Hassia Begin. Ia belajar di sekolah Ibrani Mizrachi dan gimnasium di Polandia. Pada 1931 ia memasuki Universitas Warsawa dan mendapat gelar sarjana hukum 1935.

Sampai usia 13 ia memasuki pergerakan Hashomer Hatza’ir dan pada usia 16 tahun menjadi anggota Betar (Brit Trumpledor), sekutu pergerakan pemuda nasionalis dengan Pergerakan Revisionis Zionis. 1932 ia menjadi kepala Departemen Organisasi Betar untuk perjalanan Polandia pada kepentingannya di seluruh negeri dan menyumbang banyak artikel kepada pers revisionis. Ia dikirim ke Cekoslowakia untuk mengepalai gerakan di sana.

Pada 1937 ia kembali ke Polandia dan untuk sekian waktu dipenjara karena memimpin demo di depan KeduBes Inggris di Warsawa, memprotes kebijakan Inggris di Palestina. Ia mengatur anggota grup Betar yang pergi ke Palestina sebagai imigran gelap, dan 1939 menjadi kepala gerakan di Polandia. Pada waktu Perang Dunia II pecah, ia ditangkap oleh otoritas Uni Soviet dan antara 1940-1941 dikurung di kamp konsentrasi di Siberia dan di tempat lain, namun dibebaskan karena Persetujuan Stalin-Sikorski.

Setelah pembebasan, ia menjadi anggota pasukan Polandia dan dipindahkan ke Timur Tengah. Setelah demobilisasi, 1943 ia memimpin Organisasi Militer Nasional, dikenal dengan nama Ibraninya sebagai 'Etzel'. Pada kapasitas ini ia memimpin operasi Etzel melawan Inggris, dan Pemerintahan Palestina menawarkan menawarkan hadiah £10.000 bagi siapapun yang bisa menangkapnya, dan ia menghindar dengan tinggal di tempat tersembunyi di Tel Aviv. Pada 1947 ia bertemu secara rahasia dengan beberapa anggota Komite Khusus Palestina PBB dan juga pers asing untuk menjelaskan pandangan gerakannya.

Awal pagi 9 April 1948, grup teroris Irgun (dikepalai Menachem Begin) dan Stern Gang (dikepalai Yitzhak Shamir) menyerang Deir Yassin, desa berpenghuni lebih dari 750 tempat tinggal warga Palestina. Desa itu direncanakan diberikan PBB pada Negara Yahudi itu; memiliki reputasi yang tenang. Namun terletak pada koridor daerah yang tinggi antara Tel Aviv dan Jerusalem, dan menurut Rencana Dalet, akan dihancurkan dan penduduknya diungsikan.

Seluruh lebih dari 100 lelaki, wanita, dan anak-anak secara sistematis dibunuh. 53 anak yatim piatu dibuang di sekitar Kota Tua di mana mereka ditemukan Miss Hind Husseini dan dibawa ke belakang American Colony Hotel ke rumahnya yang menjadi panti asuhan Dar El-Tifl El-Arabi. Namun atas pembantaian ini, ia tak pernah dituntut Pengadilan Dunia. Selain itu, ia juga bertanggung jawab pada lepasnya tahanan penjara Akko dan pengeboman Hotel King David.

Setelah pendirian Israel, ia mendirikan pergerakan Herut bersama dengan para koleganya dan memimpin daftar kandidat partai di Knesset. Ia menjadi anggota Knesset sejak pemilihan pertama.

Pada 1 Juni 1967, Begin menjadi anggota Pemerintahan Persatuan Nasional dan menjabat sebagai menteri negara sampai 4 Agustus 1970.

Menachem Begin sendiri, terpengaruh paham Zionisme, sehingga tiada segan ia menyebut orang Palestina sebagai binatang berkaki dua. Pada 20 Juni 1977 Menachem Begin, kepala Partai Likud-setelah memenangkan pemilihan Knesset (17 Mei 1977)-mengajukan pemerintahan baru di Knesset dan menjadi PM Israel.

Ia menulis White Nights (menceritakan pengalaman waktu di Eropa) dan the Revolt yang telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan sejumlah artikel.

Pada 1978 ia menerima Hadiah Nobel Perdamaian dengan Presiden Mesir Anwar Sadat karena usaha 'perdamaian' di Camp David, Amerika Serikat. Pada 1981, Begin memerintahkan pemboman reaktor nuklir Osiraq (Tammuz) di Irak. Pada 1982 pemerintahan Begin menyerang Libanon, dan Menteri Pertahanan saat itu Ariel Sharon menggunakan tangan militan Kristen Phalangist pimpinan Elie Hobeika untuk melakukan pembantaian Sabra dan Shatila. Pada 1983, ia berhenti dari jabatannya.

Ia kawin dengan Aliza Arnold (Aliza Begin), berputra 1 orang dan berputri 2 orang. Menachem Begin meninggal pada 9 Maret 1992 dan jenazahnya dikubur di Bukit Zaitun, Yerusalem.


Didahului oleh:
Partai Baru
Ketua Partai Herut
1948 - 1973
Diteruskan oleh:
Likud
Didahului oleh:
Partai Baru
Ketua Partai Likud
1973 - 1982
Diteruskan oleh:
Yitzhak Shamir
Didahului oleh:
Yitzhak Rabin
Perdana Menteri Israel
1977 - 1983
Diteruskan oleh:
Yitzhak Shamir
Didahului oleh:
Moshe Dayan
Menteri Luar Negeri Israel
1979 - 1980
Diteruskan oleh:
Yitzhak Shamir
Didahului oleh:
Ezer Weizman
Menteri Pertahanan Israel
1980 - 1981
Diteruskan oleh:
Ariel Sharon

Pranala luar[sunting | sunting sumber]