Albert Schweitzer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Albert Schweitzer (lahir 14 Januari 1875 – meninggal 4 September 1965 pada umur 90 tahun) adalah seorang teolog, musikus, filsuf dan dokter yang berdarah Alsace. Ia lahir di Kaisersberg, Alsace-Lorraine yang pada waktu itu masih merupakan bagian dari Kekaisaran Jerman. Setelah kemenangan Sekutu dalam Perang Dunia I pada tahun 1918, ia mengubah kewarganegaraannya menjadi Perancis berdasarkan garis keturunan Alsacenya.

Perangko yang menampilkan wajah Albert Schweitzer

Schweitzer mengajukan argumen-argumen tantangan baik terhadap pandangan sekular kontemporer mengenai Yesus secara historis maupun terhadap pandangan Kristen tradisional yang menggambarkan Yesus yang mendambakan akhir dunia yang tak dapat dihindarkan.

Schweitzer menerima penghargaan Nobel tahun 1952 untuk bidang perdamaian pada tahun 1953 atas ajaran filosofinya mengenai penghormatan yang tertinggi untuk kehidupan (reverence of life atau Ehrfurcht vor dem Leben). Ajaran filosofi ini sangat jelas diterapkannya melalui pendirian dan pengelolaan Rumah Sakit Lambaréné di Gabon, Afrika Tengah bagian Barat. Pandangan filosofinya ini terangkum dalam bukunya, Filsafat Peradaban.