Institut de droit international

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Institut de droit international (Lembaga Hukum Internasional) adalah sebuah organisasi internasional yang bertekun pada studi dan pengembangan hukum internasional.

Lembaga ini didirikan oleh 72 kolega, 60 anggota dan 13 anggota kehormatan pada tahun 1873. Para pendirinya adalah Pasquale Stanislao Mancini (Italia), Emile de Laveleye (Belgia), Tobias Michael Carel Asser (Belanda), James Lorimer (Britania Raya), Wladimir Besobrassof (Kekaisaran Rusia), Gustave Moynier (Swiss), Jean Gaspar Bluntschli (Kekaisaran Jerman), Augusto Pierantoni (Kerajaan Italia), Charles Calvo (Argentina), Gustave Rolin-Jaequemyns (Belgia), dan David Dudley Field (Amerika Serikat). Anggotanya, yang diundang oleh organisasi itu, adalah orang-orang yang menunjukkan karya ilmiah di bidang hukum internasional dan dibatasi pada mereka yang dianggap relatif bebas dari tekanan politik. Tujuan organisasi ini adalah mengumpulkan anggota yang mewakili semua negara di dunia. Anggota-anggotanya juga termasuk hakim di Pengadilan Kriminal Internasional.

Organisasi ini bertemu tiap 2 tahun sekali untuk studi hukum internasional seperti yang kini ada. Lembaga ini tidak berkomentar pada kasus khusus. Karena rekomendasinya mencakup hukum internasional dalam banyak bentuk, termasuk HAM dan resolusi perdamaian atas konflik yang terjadi, organisasi ini dianugerahi Penghargaan Perdamaian Nobel pada tahun 1904.

Sejak 2003 organisasi ini bermarkas di Grez-Doiceau, Brabant Walloon, Belgia. Reuni organisasi ini akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2007 di kota Santiago, Chili, dan dipimpin oleh Orrego Vicuña.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]