Ellen Johnson Sirleaf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ellen Johnson Sirleaf
Presiden Liberia
Masa jabatan
16 Januari 2006 – Sekarang
Wakil Presiden Joseph Boakai
Didahului oleh Gyude Bryant
Digantikan oleh Sedang Menjabat
Informasi pribadi
Lahir 29 Oktober 1938 (umur 75)
Monrovia, Liberia
Partai politik Partai Persatuan
Alma mater University of Colorado, Boulder
University of Wisconsin, Madison
Harvard University
Profesi Ekonom
Pebisnis
Aktivis
Agama Metodis

Ellen Johnson Sirleaf (lahir 29 Oktober 1938; umur 75 tahun) adalah Presiden Liberia ke-24. Dia menjabat sebagai Menteri Keuangan di bawah Presiden William Tolbert dari tahun 1979 sampai kudeta tahun 1980. Kemudian, ia meninggalkan Liberia dan memegang posisi senior di berbagai lembaga keuangan. Dia meraih posisi kedua pada pemilu presiden 1997. Kemudian, ia terpilih sebagai Presiden pada pemilu presiden 2005 dan menjabat presiden pada tanggal 16 Januari 2006. Sirleaf adalah perempuan pertama yang hingga saat ini menjabat kepala negara/presiden di Afrika.

Sirleaf dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2011 bersama dengan Leymah Gbowee dari Liberia dan Tawakel Karman dari Yaman. Para wanita yang diakui "untuk non-kekerasan perjuangan mereka untuk keselamatan perempuan dan hak-hak perempuan untuk berpartisipasi penuh dalam pembangunan perdamaian bekerja."[1] Namun, hal ini telah menghasilkan kontroversi di Liberia seperti yang telah ditafsirkan oleh para kritikus politik bahwa hadiah yang diberikan Sirleaf memiliki sebuah "keuntungan yang tidak adil" mengingat penganugerahan itu mendekati pemilihan umum Presiden Liberia yang dijadwalkan pada 11 Oktober 2011.

Latar Belakang Keluarga[sunting | sunting sumber]

Meskipun bukan merupakan keturunan Americo-Liberia, Sirleaf oleh beberapa pengamat dianggap sebagai Americo-Liberia.[2][3][4] Namun, Sirleaf tidak memperkenalkan dirinya seperti itu.[5] Latar belakang etnis Sirleaf adalah 1/2 Gola dari sisi ayahnya, dan 1/4 Jerman (kakek) dan 1/4 Kru (nenek) dari sisi ibunya.[6][7]

Ayahnya, Jahmale Carney Johnson dilahirkan dalam sebuah wilayah pedesaan miskin.[8] Ia adalah anak seorang kepala Gola kecil bernama Jahmale dan salah satu istrinya, Jenneh, di Julijuah, Bomi County.[9] Ayahnya dikirim ke Monrovia, dan mengubah nama akhirnya menjadi Johnson karena loyalitasnya terhadap Presiden Hilary RW Johnson, presiden kelahiran Liberia yang pertama.[9] Ia dibesarkan di Monrovia, dan dibesarkan oleh keluargaAmerico-Liberia dengan nama McGritty.[9] Ayah Sirleaf kemudian menjadi Liberia pertama dari kelompok etnis pribumi untuk duduk di legislatif nasional negara.[7][8]

Ibunya juga lahir dalam keadaan miskin di Greenville, Liberia.[9] Neneknya Juah Sarwee mengirim ibu Sirleaf ke Monrovia saat kakek Sirleaf yang keturunanJerman harus meninggalkan negara itu setelah Liberia menyatakan perang terhadap Jerman selama Perang Dunia I.[8] Seorang anggota keluarga Americo-Liberia terkemuka, Cecilia Dunbar, mengadopsi dan membesarkan ibu Sirleaf.[9]

Awal kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Sirleaf lahir di Monrovia,[8] dan ekonomi dipelajari dan rekening 1948-1955 di Sekolah Tinggi Afrika Barat di Monrovia. Dia menikah James Sirleaf ketika dia berusia 17 tahun,[7] dan kemudian pergi dengan dia ke Amerika Serikat pada tahun 1961 untuk melanjutkan studinya dan memperoleh gelar akuntansi di Madison Business College, di Madison, Wisconsin, dan gelar di bidang ekonomi dari Universitas Colorado, Boulder.[10] Sirleaf kemudian belajar ekonomi dan kebijakan publik di Harvard John F. Kennedy School of Government 1969-1971, mendapatkan [Guru [Administrasi Publik]]. Dia kemudian kembali padanya Liberia asli untuk bekerja di bawah pemerintah William Tolbert.

Sirleaf menjabat sebagai Asisten Menteri Keuangan 1972-1973 di bawah pemerintahan Tolbert itu. Dia mengundurkan diri setelah masuk ke perbedaan pendapat mengenai pengeluaran. Selanjutnya dia adalah Menteri Keuangan dari tahun 1979 sampai April 1980. Sersan Samuel Doe, seorang anggota masyarakat adat Krahn kelompok etnis, merebut kekuasaan dalam sebuah kudeta militer pada 12 April 1980; Tolbert dibunuh dan semua kecuali empat anggota kabinetnya dieksekusi oleh regu tembak. Majelis Pengampunan Rakyat mengambil alih negara dan memimpin pembersihan terhadap pemerintah mantan. Sirleaf awalnya diterima pos di pemerintahan baru sebagai Presiden Bank Liberia untuk Pembangunan dan Investasi, meskipun ia melarikan diri negara itu pada November 1980 setelah mengkritik Doe publik dan Dewan Penebusan Rakyat untuk manajemen negara.

Sirleaf awalnya pindah ke Washington DC untuk bekerja untuk Bank Dunia sebelum pindah ke Nairobi pada tahun 1981 untuk melayani sebagai Wakil Presiden Kantor Wilayah Afrika Citibank. Dia mengundurkan diri dari Citibank pada tahun 1985 setelah keterlibatannya dalam pemilu 1985 di Liberia dan bekerja untuk Bank Khatulistiwa, anak perusahaan dari HSBC. Pada tahun 1992, Sirleaf diangkat sebagai Asisten Administrator, maka Direktur, dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-bangsa Biro Regional untuk Afrika, dari mana ia mengundurkan diri pada tahun 1997 untuk mencalonkan diri sebagai presiden di Liberia. Selama waktunya di PBB, ia adalah salah satu dari tujuh orang terkemuka internasional yang ditunjuk pada tahun 1999 oleh Organisasi Persatuan Afrika untuk menyelidiki Genosida Rwanda, salah satu dari lima Kursi Komisi Inter-Kongo Dialog dan salah satu dari dua ahli internasional yang dipilih oleh UNIFEM untuk menyelidiki dan melaporkan efek konflik terhadap perempuan dan peran perempuan dalam membangun perdamaian. Dia adalah Ketua awal Inisiatif Open Society untuk Afrika Barat (OSIWA) dan kunjungan Profesor di Institut Pemerintahan Ghana Manajemen dan Administrasi Publik (GIMPA).

Politik karier[sunting | sunting sumber]

Pemilihan Umum 1985[sunting | sunting sumber]

Ketika bekerja di Citibank, Sirleaf kembali ke Liberia pada tahun 1985 untuk menjalankan untuk Wakil Presiden dari Partai Aksi Liberia dalam pemilihan pemilu presiden 1985. Namun, Sirleaf ditempatkan di bawah tahanan rumah pada bulan Agustus tahun itu dan segera setelah dihukum sepuluh tahun penjara untuk penghasutan sebagai konsekuensi dari sebuah pidato di mana ia menghina anggota rezim Doe. Setelah panggilan internasional untuk pembebasannya, Doe diampuni dan dirilis pada September. Karena tekanan pemerintah, dia telah dihapus dari tiket presiden dan bukannya berlari untuk Senat dari daerah pemilihan Kabupaten Montserrado.

Meskipun pemilihan umum, yang melihat Doe dan Nasional Partai Demokrat memenangkan kepresidenan dan mayoritas besar di kedua rumah, secara luas dikutuk sebagai tidak bebas dan adil, Sirleaf dinyatakan sebagai pemenang lomba Senat nya . Sirleaf menolak untuk menerima kursi sebagai protes terhadap kecurangan pemilu. Setelah usaha kudeta terhadap pemerintahan Doe berdasarkan Thomas Quiwonkpa pada tanggal 12 November, Sirleaf ditangkap dan dipenjara lagi pada 13 November oleh pasukan Doe. Meskipun terus menolak untuk menerima kursinya di Senat, dia dibebaskan pada bulan Juli 1986 dan diam-diam melarikan diri ke Amerika Serikat akhir tahun itu.

Kampanye Presiden 1997[sunting | sunting sumber]

Kampanye Sirleaf di Monrovia pada 2005, tak lama sebelum terpilih.

Pada pecahnya Perang Saudara Liberia Pertama pada tahun 1989, awalnya didukung Sirleaf Charles Taylor pemberontakan melawan Doe, membantu untuk mengumpulkan dana bagi perjuangannya. Namun, ia kemudian melanjutkan untuk melawan dia. Pada tahun 1996, kehadiran ECOWAS penjaga perdamaian diizinkan untuk penghentian permusuhan, sehingga pemilu umum 1997, yang Sirleaf dikembalikan padanya Liberia pribumi untuk kontes. Sebagai calon presiden untuk Partai Persatuan, dia ditempatkan kedua dalam pemilihan yang kontroversial, kehilangan dengan 10% suara untuk 75% Charles Taylor. Sirleaf meninggalkan negara segera setelah dan lagi pergi ke pengasingan di Abidjan.

Kampanye Presiden 2005[sunting | sunting sumber]

Setelah akhir Perang Saudara Liberia Kedua dan pembentukan sebuah pemerintahan transisi, Sirleaf diusulkan sebagai calon mungkin untuk ketua pemerintah. Akhirnya, Gyude Bryant, yang netral politik, dipilih sebagai ketua, sementara Sirleaf menjabat sebagai kepala Komisi Reformasi Pemerintahan.

Sirleaf sekali lagi berdiri sebagai presiden sebagai calon dari Partai Persatuan di pemilu 2005. Dia ditempatkan kedua dalam putaran pertama pemungutan suara di belakang pemain sepak bola George Weah. Dalam pemilu berikutnya run-off, Sirleaf meraih 59% suara dibandingkan 40% untuk Weah, meskipun Weah membantah hasil. Pengumuman pemimpin baru ditunda hingga penyelidikan lebih lanjut dilakukan. Pada tanggal 23 November 2005, Sirleaf dinyatakan sebagai pemenang pemilihan Liberia dan dikonfirmasi sebagai presiden berikutnya negara itu. Pelantikannya yang berlangsung pada tanggal 16 Januari 2006 dihadiri pejabat asing, termasuk Sekretaris Negara Amerika Serikat/Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condoleezza Rice dan Ibu Negara Amerika Serikat Laura Bush.

Kampanye Presiden 2011[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2010, Sirleaf mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri untuk jabatan kedua dalam pemilu presiden 2011 ketika berbicara ke sesi bersama Legislatif.[11] Pemimpin oposisi mencatat bahwa dalam melakukannya, dia telah melanggar janji yang dibuat selama tahun 2005 kampanyenya untuk hanya melayani satu istilah jika terpilih.[12] Sirleaf adalah dicalonkan kembali sebagai calon presiden Partai Persatuan di konvensi nasional partai pada tanggal 31 Oktober 2010.[13] Pada hari yang sama, Wakil Presiden Joseph Boakai dinominasikan oleh Sirleaf dan dikonfirmasi oleh para delegasi sebagai pasangan Sirleaf.[13]

Keresidenan[sunting | sunting sumber]

Kebijakan Domestik[sunting | sunting sumber]

Pelantikan Sirleaf di Monrovia.

Api pecah di Executive Mansion pada tanggal 26 Juli 2006, serius merusak struktur. Sebuah panel independen yang dibentuk untuk menyelidiki insiden tersebut mengesampingkan pembakaran, api menghubungkan ke listrik kerusakan.[14] Pemerintah Sirleaf yang disebut dana untuk perbaikan rumah prioritas yang rendah dalam menghadapi kebutuhan mendesak lagi, dengan mentransfer Sirleaf kantornya kepada Departemen Luar Negeri terdekat bangunan dan memilih untuk tinggal di rumah pribadinya di Monrovia.[15][16]

Pada tanggal 26 Juli 2007, Sirleaf merayakan Hari Kemerdekaan 160 Liberia dengan tema "Liberia pada 160: Reklasi Masa Depan." Dia mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dan simbolis dengan meminta 25 tahun aktivis Liberia Minggu Kimmie untuk melayani sebagai Orator Nasional untuk perayaan, di mana Minggu menyerukan pemerintah untuk memprioritaskan pendidikan dan perawatan kesehatan. Beberapa hari kemudian, Presiden Sirleaf mengeluarkan Executive Order membuat pendidikan gratis dan wajib untuk semua anak usia sekolah dasar.

Pada bulan Oktober 2010, Sirleaf menandatangani RUU Kebebasan Informasi menjadi Undang-undang Kebebasan Informasi, undang-undang pertama yang sejenis di Afrika Barat.[17] Dalam pengakuan ini, dia menjadi kepala negara pertama duduk untuk menerima Teman Media dalam Penghargaan dari Uni Afrika Afrika Editor.[18]

Pada tanggal 1 April 2011, Sirleaf mengatakan kepada wartawan bahwa dia berencana untuk mengisi kandidat oposisi dengan [penghasutan []] untuk mengorganisir sebuah rally memprotes korupsi dalam pemerintah. Sekretaris tekan nanti mengklarifikasi bahwa pernyataan itu menjadi 'Hari | April Mop' April Mop lelucon.[19]

Utang[sunting | sunting sumber]

Dari awal kepresidenannya, Sirleaf berjanji untuk membuat pengurangan utang nasional, yang berdiri di sekitar US $ 4,9 miliar pada tahun 2006, prioritas utama untuk administrasi nya. Dari Amerika Serikat menjadi negara pertama untuk memberikan keringanan utang ke Liberia, waiving penuh $ 391 juta utang dengan Liberia pada awal 2007.[20] Pada bulan September tahun itu, G-8 yang dipimpin oleh Jerman, Kanselir Angela Merkel $ 324.500.000 menyediakan untuk melunasi 60% utang Liberia ke Dana Moneter Internasional, kredit keputusan mereka dengan kebijakan makroekonomi dikejar oleh administrasi Sirleaf.[21]

Pada April 2009, pemerintah berhasil menulis dari tambahan $ 1,2 miliar pada asing komersial utang dalam kesepakatan yang melihat membeli kembali utang pemerintah pada tingkat diskon 97% melalui pembiayaan yang disediakan oleh Internasional Development Association, Jerman, Norwegia, Amerika Serikat dan Inggris.[22] Tingkat diskon adalah yang terbesar pernah ada untuk sebuah negara berkembang.[22]

Negara itu dianggap memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam inisiatif Negara Miskin Berutang Berat tahun 2008.[23] Pada bulan Juni 2010, negara itu mencapai titik penyelesaian HIPC inisiatif, kualifikasi untuk bantuan dari seluruh utang eksternal.[24] That same month, the World Bank and IMF agreed to fund $1.5 billion in writing off the Liberia's multilateral debt.[25] Pada tanggal 16 September, Paris Club setuju untuk membatalkan $ 1260000000, dengan kreditor bilateral independen membatalkan tambahan $ 107 juta, pada dasarnya menulis utang yang tersisa eksternal Liberia.[26] Sirleaf berjanji untuk mencegah pinjaman yang tidak berkelanjutan di masa depan dengan membatasi pinjaman tahunan 3% dari PDB dan membatasi pengeluaran semua dana pinjaman untuk satu kali proyek infrastruktur.[27]

Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, mendirikan Sirleaf Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi dengan mandat untuk "mempromosikan perdamaian nasional, keamanan, persatuan dan rekonsiliasi" dengan menyelidiki lebih dari 20 tahun konflik sipil di negara ini.

Dalam laporan akhir mereka, yang diterbitkan pada bulan Juni 2009, KKR termasuk Sirleaf dalam daftar 50 nama orang yang harus "khusus dilarang memegang jabatan publik; dipilih atau ditunjuk untuk jangka waktu tiga puluh (30) tahun" untuk "dikaitkan dengan faksi bertikai mantan."[28] Larangan yang diusulkan berasal dari dukungan finansial dari mantan Presiden Taylor pada bulan-bulan awal dari Perang Saudara Liberia Pertama.

Pada tanggal 26 Juli 2009, Sirleaf meminta maaf ke Liberia untuk mendukung Charles Taylor, menambahkan bahwa "ketika sifat sejati dari niat Mr Taylor dikenal, tidak ada kritikus lebih bersemangat atau lawan yang kuat untuk dia dalam proses demokrasi" daripada dia.[29] Pada tanggal 28 Agustus, Legislatif mengumumkan mereka harus "berkonsultasi konstituen kami selama sekitar satu tahun" sebelum memutuskan apakah atau tidak untuk melaksanakan rekomendasi Komisi.[30]

Selama penampilan di Dewan Hubungan Luar Negeri pada tahun 2010, Sirleaf berpendapat bahwa pelaksanaan larangan dianjurkan KKR tidak konstitusional akan melanggar haknya untuk proses karena.[31] Pada bulan Oktober 2010, Ketua Partai Persatuan Sirleaf itu, Varney Sherman, berpendapat bahwa pelaksanaan rekomendasi akan inkonstitusional, karena Pasal 21 (a) Konstitusi melarangex post factohukum , dan Sirleaf telah melanggar hukum tidak oleh pendukung finansial Taylor bahwa memberlakukan larangan dari jabatan publik sebagai penalti.[32]

Pada bulan Januari 2011, Mahkamah Agung memerintah di Williams v. Tah, kasus yang dibawa oleh orang lain direkomendasikan untuk dilarang dari jabatan publik dalam laporan KKR, bahwa rekomendasi KKR menjadi pelanggaran hak konstitusional individu yang tercantum 'untuk proses karena prosedural, dan bahwa akan tidak konstitusional bagi pemerintah untuk melaksanakan larangan yang diusulkan.[33]

Kebijakan Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Setelah pemilihannya ke kantor, Sirleaf melakukan perjalanan luar negeri pertamanya sebagai Presiden ke negara tetangga Pantai Gading, pertemuan dengan Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo dalam upaya untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara berikut Côte d'Pantai Gading dukungan Gerakan untuk Demokrasi di Liberia selama Perang Saudara Liberia Kedua.[34] Selama Krisis Pantai Gading 2010-2011, Sirleaf menjadi ketua Mano River Union yang didukung ECOWAS dari lawan Gbago, Alassane Ouattara sebagai pemenang pada pemilu presiden yang dipersengketakan, tetapi menolak panggilan untuk solusi militer terhadap krisis.[35]

Sirleaf telah ditempa hubungan erat dengan Amerika Serikat, sekutu tradisional Liberia. Menyusul pembentukan AFRICOM oleh Militer Amerika Serikat, Sirleaf menawarkan untuk memungkinkan AS untuk kantor pusat perintah baru di Liberia, satu-satunya pemimpin Afrika untuk melakukannya.[36] Perintah itu akhirnya bermarkas di Stuttgart, Jerman. Pada tanggal 15 Maret 2006, Presiden Sirleaf ditujukan pertemuan bersama dari Kongres Amerika Serikat, meminta dukungan Amerika untuk membantu negaranya "menjadi sebuah mercusuar yang brilian, sebuah contoh ke Afrika dan dunia dari apa yang cinta kebebasan dapat mencapai.”[37]

Sirleaf juga telah memperkuat hubungan dengan Republik Rakyat Tiongkok, menegaskan kembali komitmen Liberia dengan kebijakan Satu-Cina.[38] Sebagai imbalannya, Cina telah memberikan kontribusi terhadap rekonstruksi Liberia, membangun beberapa pemancar memperpanjang Liberia Broadcasting System nasional dan membangun kampus baru untuk Universitas Liberia.[39][40]

Sirleaf adalah anggota Dewan Pemimpin Perempuan Dunia, jaringan internasional dari presiden wanita saat ini dan mantan perdana menteri yang misinya adalah untuk memobilisasi tingkat tertinggi para pemimpin perempuan secara global untuk tindakan kolektif pada isu-isu sangat penting untuk perempuan dan adil pembangunan.

Selama Perang Sipil Libya 2011, Sirleaf mendukung suara masyarakat internasional untuk pemimpin Libya Muammar al-Gaddafi agar menghentikan penggunaan kekerasan dan taktik politik represi. Dia juga mengkritik intervensi militer internasional di Libya, menyatakan bahwa kekerasan "tidak membantu proses dengan cara apapun datang".[41] Pemerintah nanti memutuskan hubungan diplomatik dengan Libya, menyatakan bahwa "Pemerintah mengambil keputusan itu setelah pemeriksaan yang seksama terhadap situasi di Libya dan menentukan bahwa Pemerintah Kolonel Gaddafi telah kehilangan legitimasi untuk memerintah Libya."[42]

Administrasi dan Kabinet[sunting | sunting sumber]

Templat:Infobox Liberian Cabinet Setelah pemilu pada tahun 2005, Sirleaf berjanji untuk mempromosikan rekonsiliasi nasional dengan membawa para pemimpin oposisi ke dalam administrasi.[43] Oposisi politisi yang bergabung dengan pemerintahan awalnya termasuk Menteri Transportasi Yeremia Sulunteh, Menteri Pendidikan Joseph Korto, dan Duta Besar untuk PBB Nathaniel Barnes. Sirleaf juga ditunjuk beberapa perempuan tingkat tinggi posting di administrasi-nya, dengan menteri perempuan awalnya memimpin Departemen Keuangan, Perdagangan Hukum, dan Industri, Gender dan Pembangunan, dan Pemuda dan Olahraga.[44] Sirleaf mengatakan bahwa sementara ia berencana menunjuk kabinet semuanya perempuan, ia telah mampu menemukan calon perempuan yang memenuhi syarat untuk tiap posisi.[31]

Setelah peresmian nya, Sirleaf berjanji bahwa ia akan menerapkan "toleransi nol" kebijakan tentang korupsi dalam pemerintah.[45] Meskipun demikian, kritikus berpendapat bahwa korupsi tetap merajalela dalam pemerintahan Sirleaf itu; Menteri Informasi Lawrence Bropleh dipecat pada 2008 atas tuduhan bahwa ia telah mencuri lebih dari $ 200.000 dalam dana negara, sementara Menteri Dalam Negeri Ambullai Johnson, saudara Sirleaf itu, dipecat pada 2010 setelah hilangnya dana untuk pembangunan kabupaten.[46][47] Sirleaf sendiri telah mengakui bahwa korupsi di pemerintah tetap, mencatat bahwa kebijakan toleransi nol nya terhambat oleh kebutuhan untuk lulus reformasi ekonomi utama melalui Legislatif, tujuan yang akan terhambat oleh signifikan undang-undang anti korupsi dan penuntutan.[46] However, Sirleaf has rejected claims that she has failed to fight corruption, pointing to the establishment of the Liberian Anti-Corruption Commission and the restructuring of the General Auditing Commission.[48]

Sirleaf seluruh kabinet dipecat dari kantor pada tanggal 3 November 2010, menjanjikan untuk berkumpul kembali kabinet dalam waktu singkat mungkin.[49] Dia berpendapat bahwa langkah itu diambil untuk memberikan administrasi dia "bersih" dalam persiapan untuk tahun terakhir masa jabatannya, meskipun kritikus berpendapat bahwa langkah itu ditujukan untuk memperkuat peluangnya pada pemilihan oleh menghadapi korupsi dalam administrasi.[49] By early December 2010, Sirleaf had reconstituted her entire cabinet, replacing seven of her nineteen ministers.[50]

Janji Yudisial[sunting | sunting sumber]

Setelah peresmian Sirleaf, bangku seluruh Mahkamah Agung, yang telah dipilih sebagai bagian dari pemerintahan transisi tahun 2003, mundur, meninggalkan Sirleaf untuk mengisi semua lima kursi di Pengadilan. Sirleaf dinominasikan Johnnie Lewis, sebuah Yale Law School pascasarjana dan mantan hakim Pengadilan Circuit, untuk kantor Hakim Agung.[51] Lewis dan tiga nominasi Asosiasi Sirleaf Keadilan, J. Emmanuel Wureh, Francis Korkpor dan Gladys Johnson, dikonfirmasi oleh Senat pada 2 Maret 2006.[52] Sirleaf nominasi dari Kabineh Ja'neh, mantan pemimpin pemberontak LURD gerakan, seperti Asosiasi Keadilan menerima kritik dari oposisi Kongres bagi Perubahan Demokratik karena kekhawatiran atas 'Ja manusia neh catatan hak selama perang sipil, dan Ja'neh tidak dikonfirmasi sampai 9 Mei.[44][53]

Setelah kematian Kehakiman Wureh pada bulan Juli 2006, Sirleaf dinominasikan Christiana Tah, wakil menteri di Kementerian Kehakiman, untuk mengisi tempat duduknya.[54] Namun, Senat kemudian menolak nominasi Tah itu, Sirleaf terkemuka untuk mencalonkan Menteri nya Pemuda dan Olahraga, Jamesetta Wolokollie Howard, yang dikonfirmasi.[54] Jaksa Johnson pensiun dari Pengadilan pada tanggal 26 Maret 2011 setelah mencapai usia pensiun diberi mandat oleh konstitusi tujuh puluh.[54] Sirleaf dinominasikan Phillip Bank AZ, mantan Menteri Kehakiman dan dia Ketua Komisi Reformasi Hukum, untuk menggantikan Johnson di Agustus 2011.[55] Bank dikonfirmasi oleh Senat pada 20 Agustus 2011.[56]

Gambaran International[sunting | sunting sumber]

Majalah Forbes menyebut Sirleaf sebagai wanita penguasa dunia ke-51 pada tahun 2006.[57] Pada 2010, Newsweek terdaftar sebagai salah satu dari sepuluh pemimpin terbaik di dunia, sementara Time memposisikannya antara sepuluh pemimpin atas perempuan.[58][59] Pada tahun yang sama, The Economist menyebutnya "presiden negara terbaik yang pernah dimiliki."[60]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1956, Sirleaf menikah James Sirleaf, dan kemudian mereka bercerai. Sirleaf merupakan ibu dari empat anak laki-laki[10] dan memiliki delapan cucu. Keponakannya, Emmanuel Sumana Elsar Sr adalah penasihat politiknya selama pemilu presiden 2005 ketika menghadapi George Weah.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Franklin and Eleanor Roosevelt Institute Freedom of Speech Award pada tahun 1988[61]
  • International Leadership Award dari Ralph Bunche
  • Grand Komandan Bintang Afrika Penebusan Liberia
  • Commandeur de l'Ordre du Togo
  • Common Ground Award dari Search for Common Ground pada tahun 2006[62]
  • Laureate of the Africa Prize for Leadership for the Sustainable End of Hunger, The Hunger Project pada tahun 2006[63]
  • Distinguished Fellow, Claus M. Halle Institute for Global Learning, Emory University pada tahun 2006[64]
  • Gelar Doktor Honoris Causa di bidang hukum dari Marquette University pada tahun 2006[65]
  • David Rockefeller Bridging Leadership Award dari Synergos pada tahun 2006[66]
  • Presidential Medal of Freedom pada 5 November 2007[67]
  • Gelar Doktor Honoris Causa di bidang hukum dari Indiana University pada tahun 2008[68]
  • Gelar Doktor Honoris Causa di bidang hukum dari Brown University pada tahun 2008[69]
  • EITI Award for "the rapid progress the country has made towards implementation of the EITI" pada tahun 2009[70]
  • Gelar Doktor Honoris Causa di bidang literatur-sastra dari University of Tampa pada tahun 2009[71]
  • Gelar Doktor Honoris Causa di bidang hukum dari Yale University pada tahun 2010[72]
  • Gelar Doktor Honoris Causa di bidang hukum dari Rutgers, The State University of New Jersey pada tahun 2010[73]
  • Friend of the Media in Africa Award dari The African Editor's Union pada tahun 2010[74]
  • Gelar Doktor Honoris Causa di bidang hukum dari Harvard University pada tahun 2011[75]
  • African Gender Award pada tahun 2011[76]
  • Hadiah Nobel Perdamaian 2011[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Nobel Peace Prize 2011 – Press Release". Nobelprize.org. Diakses 7 October 2011. 
  2. ^ Kofa, Tleh (28 September 2005). "Ellen Johnson-Sirleaf finally confesses to funding Liberian civil war". The Liberian Dialogue. Diakses 14 Maret 2010. 
  3. ^ "Ellen Johnson-Sirleaf: Liberia's 'Iron Lady'". CBC News. 28 March 2006. Diarsipkan dari aslinya tanggal 30 August 2006. Diakses 3 September 2010. 
  4. ^ Koblanck, Anna (4 November 2005). "Liberian Becomes Africa's First Elected Female Prez". Women's eNews. Diakses 13 April 2006. 
  5. ^ Bobby-Evans, Alistair. "Biography: Ellen Johnson-Sirleaf, Liberia's 'Iron Lady'". About.com. Diakses 14 Desember 2010. 
  6. ^ Kramer, Reed (11 December 2005). "Liberia: Showered With Enthusiasm, Liberia's President-Elect Receives High-Level Reception in Washington". AllAfrica.com. Diakses 15 Desember 2005. 
  7. ^ a b c "Ellen Johnson-Sirleaf". Encyclopædia Britannica Online. Diakses 14 Desember 2010. 
  8. ^ a b c d "Ellen!". Harvard University Kennedy School of Government. Spring 2006. 
  9. ^ a b c d e "Ellen Johnson Sirleaf's tribal roots and Americo Liberian background". Liberia Past And Present. Diakses 14 Desember 2010. 
  10. ^ a b Bergner, Daniel (22 October 2010). "An Uncompromising Woman". New York Times Magazine. 
  11. ^ "Liberia President Ellen Johnson-Sirleaf to stand again". BBC News. 26 January 2010. Diakses 21 September 2010. 
  12. ^ Keating, Joshua E. (19 August 2011). "The Men Who Would Be Queen". Foreign Policy. Diakses 21 August 2011. 
  13. ^ a b Kamara, Varney (1 November 2010). "Sirleaf, Boakai Get Sec-Term Mandate". allAfrica.com. Diakses 1 November 2010. 
  14. ^ "In Liberia, Report on Executive Mansion Fire Rules Out Arson". Voice of America. 4 September 2006. 
  15. ^ Daygbor, Nathaniel (20 September 2010). "Mansion's Renovation Not Priority". The New Dawn. 
  16. ^ Gordon, Glenna (19 August 2009). "Inside Liberia's Other Executive Mansion". GlobalPost. 
  17. ^ "Liberia: President Signs Freedom of Information Law". allAfrica.com. 6 October 2010. 
  18. ^ "Sirleaf Sets Continental Record". allAfrica.com. 20 October 2010. 
  19. ^ "The President's 'April Fool'". New Democrat. 5 April 2011. 
  20. ^ "Liberia: Pres. Johnson-Sirleaf Returns Triumphantly". Africa News. 16 February 2007. 
  21. ^ "Liberia: G-8 Rallies for Country's Debts". Africa News. 24 September 2007. 
  22. ^ a b The Executive Mansion (16 April 2009). Liberia Slashes USD$1.2 Billion Commercial Debt. Siaran pers. Diakses pada 14 December 2010.
  23. ^ "Liberia on track for HIPC debt relief this year: IMF". Reuters Africa. 16 February 2010. Diakses 5 August 2010. 
  24. ^ Kennedy, George (2 June 2010). "Liberia Reaches HIPC Completion Point". The Liberian Observer. 
  25. ^ "Liberia: IMF and World Bank Announce U.S.$4.6 Billion Debt Relief". AllAfrica.com. 29 June 2010. 
  26. ^ "Liberia: Paris Club Clears More Than U.S.$1 Billion Debt Liberia Owes Its Creditors". AllAfrica.com. 16 September 2010. 
  27. ^ Toweh, Alphonso (19 July 2010). "Liberia ready to borrow again: finance minister". Reuters Africa. 
  28. ^ "Sirleaf should be banned from office: Liberia truth commission". AFP. 6 July 2009. Diarsipkan dari aslinya tanggal 12 March 2011. Diakses 14 December 2010. 
  29. ^ Gettleman, Jeffrey (13 August 2009). "Clinton Supports President of Liberia". New York Times. 
  30. ^ Konneh, Ansu (28 August 2010). "Liberian Parliament Delay Action on Truth Commission Findings". Bloomberg News. 
  31. ^ a b "A Conversation with Ellen Johnson Sirleaf, President, Republic of Liberia". Council on Foreign Relations. 25 May 2010. 
  32. ^ Sieh, Rodney (7 October 2010). "Interview: Varney Sherman on New UP Pickups Saga; Re-Electing Ellen". FrontPageAfrica. 
  33. ^ "Liberian Supreme Court Squashes Truth And Reconciliation Commission Ban on Politicians". NetNewsPublisher. 24 January 2011. 
  34. ^ "Liberia's president-elect Ellen Johnson-Sirleaf in Ivory Coast on first foreign trip". AP Worldstream. 29 November 2005. 
  35. ^ Sengbeh, D Kaihenneh (24 January 2011). "MRU Opposes Force by Ecowas in Côte Ivoire". The 1847 Post. 
  36. ^ "Liberian President disappointed over U.S. decision on AFRICOM". Emerging Minds. 24 February 2008. 
  37. ^ "Liberia: President Sirleaf Thanks U.S. Congress, Asks for Continuing Support". allAfrica.com. 15 March 2006. 
  38. ^ Campbell, Janjay (1 October 2007). "Liberia: Ellen Renews "One China" Commitment". allAfrica.com. 
  39. ^ "Liberian President Ellen Johnson Sirleaf Attends the Hand-over Ceremony of China-aided LBS Rehabilitation and Expansion Project and the Launching of CRI FM Programs in Liberia". Embassy of the People's Republic of China to the Republic of Liberia. 19 November 2008. 
  40. ^ "Remarks at the Handover Ceremony of the China-aided Fendall Campus of the University of Liberia". Embassy of the People's Republic of China to the Republic of Liberia. 20 July 2010. 
  41. ^ "President Sirleaf against air strikes in Libya". Afrique Avenir. 29 March 2011. Diakses 5 April 2011. 
  42. ^ "Liberia cuts ties with Gaddafi's Libya". Reuters Africa. 14 June 2011. 
  43. ^ "Profile: Liberia's 'Iron Lady'". BBC News. 23 November 2005. 
  44. ^ a b "Sirleaf starts to form government, some appointments spark protest". IRIN Africa. 14 February 2006. 
  45. ^ "West Africa: Mixed report card in 2008 corruption index". IRIN News. 28 September 2008. 
  46. ^ a b Mahtani, Dino (28 May 2010). "Tarnishing the Iron Lady of Africa". Foreign Policy. 
  47. ^ Butty, James (10 December 2010). "Liberian Minister Vows Jury Reform Following Bropleh Corruption Trial". Voice of America. 
  48. ^ Butty, James (27 June 2011). "Liberian President Sirleaf: Country Making Progress, Challenges Remain". Voice of America. 
  49. ^ a b "Liberian Leader Dissolves Cabinet". The New York Times. 3 November 2010. 
  50. ^ "Liberian president Sirleaf fully reconstitutes cabinet". Afrique Avenir. 6 December 2010. 
  51. ^ "Johnny Lewis Named Chief Justice Frances Johnson Morris is Justice Minister". allAfrica.com. 13 February 2006. 
  52. ^ "Pres. Sirleaf Commissions Chief Justice, Associate". allAfrica.com. 3 March 2011. 
  53. ^ "Senate Finally Confirms Ja'neh to Supreme Court". allAfrica.com. 10 May 2006. 
  54. ^ a b c "Void on the Bench". FrontPageAfrica. 3 April 2011. 
  55. ^ "Cllr. Philip Banks Nominated as Associate Justice of Supreme Court". The Executive Mansion. 9 August 2011. Diakses 10 August 2011. 
  56. ^ Nyenur, Tom B. (21 August 2011). "Amid Controversy – Senate Confirms Banks As Associate Justice". FrontPageAfrica. Diakses 21 August 2011. 
  57. ^ Serafin, Tatiana. "The 100 Most Powerful Women: Ellen Johnson Sirleaf". Forbes.  Text " 31 August 2006" ignored (help)
  58. ^ McLure, Jason (16 August 2010). "The Rebuilder: Ellen Johnson Sirleaf". Newsweek. 
  59. ^ Adams, William Lee (7 September 2010). "Top 10 Female Leaders". Time. 
  60. ^ "Another Round for Africa's Iron Lady". The Economist. 22 May 2010. 
  61. ^ "Recipients of the Four Freedoms Award". Franklin and Eleanor Roosevelt Institute. Diakses 14 December 2010. 
  62. ^ "Common Ground Awards 2006". Search for Common Ground. Diakses 14 December 2010. 
  63. ^ "President Ellen Johnson Sirleaf: 2006 Africa Prize Laureate". The Hunger Project. 2006. Diakses 14 December 2010. 
  64. ^ "Ellen Johnson Sirleaf: Halle Distinguished Fellow, September 12, 2006". Emory University. Diakses 14 December 2010. 
  65. ^ "Honorary Degree Recipient: Her Excellency Ellen Johnson Sirleaf". Marquette University. 23 October 2006. Diakses 14 December 2010. 
  66. ^ "2006 David Rockefeller Bridging Leadership Award Honorees". Synergos. 12 October 2006. 
  67. ^ White House Office of the Press Secretary (29 Oct. 2007). President Bush Announces Recipients of Presidential Medal of Freedom. Siaran pers.
  68. ^ Indiana University (8 April 2010). Liberian president receiving honorary degree at IU Bloomington commencement. Siaran pers.
  69. ^ Brown University (8 September 2009). Brown University Liberian President Ellen Johnson Sirleaf to Receive Honorary Degree. Siaran pers.
  70. ^ AllAfrica.com (18 February 2009). Eiti Awards Government for Progress, As President Sirleaf Returns Home. Siaran pers.
  71. ^ "UT Honorary Doctorate Ellen Johnson Sirleaf Named Nobel Peace Prize Recipient". The University of Tampa. 7 October 2011. Diakses 7 October 2011. 
  72. ^ Zuckerman, Esther (23 May 2010). "Liberian president to receive honorary degree". Yale Daily News. 
  73. ^ "2010 Commencement/Convocations". Rutgers University. 25 May 2010. 
  74. ^ The Executive Mansion (18 October 2010). President Sirleaf Receives African Editors Honor. Siaran pers.
  75. ^ http://news.harvard.edu/gazette/story/2011/05/harvard-to-award-nine-honorary-degrees/
  76. ^ Galat untuk menggunakan Templat:cite press release: Parameter title harus jelas
Bibliografi
Bacaan lebih lanjut
  • Johnson Sirleaf, Ellen; Nyirjesy, Francis (1991) The Outlook for Commercial Bank Lending to Sub-Saharan Africa . World Bank. (Report). Retrieved on 14 Desember 2010.
  • Johnson Sirleaf, Ellen (1999). "From Disaster to Development". In Cahill, Kevin. A Framework for Survival: Health, Human Rights, and Humanitarian Assistance in Conflicts and Disasters. New York: Routledge. ISBN 978-0-41-592235-7. 
  • Johnson Sirleaf, Ellen; Rehn, Elizabeth (2002). Women, War and Peace: The Independent Experts’ Assessment on the Impact of Armed Conflict on Women and Women’s Role in Peace-building. New York: UNIFEM. ISBN 0-912917-66-0. 
  • Johnson Sirleaf, Ellen (2009). "Foreword". In Van Der Gaag, Nikki. Because I am a Girl: In the Shadow of War. Woking: Plan UK. hlm. 10–11. ISBN 978-0-9550479-4-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pidato
Profil dan wawancara
Jabatan politik
Didahului oleh:
Gyude Bryant
Presiden Liberia
2006–Sekarang
Petahana
Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Liu Xiaobo
Peraih Hadiah Nobel Perdamaian
2011
Pejabat terkini