Laura Bush

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laura Bush
Ibu Negara Amerika Serikat
Masa jabatan
20 Januari 2001 – 20 Januari 2009
Didahului oleh Hillary Rodham Clinton
Digantikan oleh Michelle Obama
Informasi pribadi
Lahir Laura Lane Welch
4 November 1946 (umur 67)
Midland, Texas
Kebangsaan Amerika Serikat
Partai politik Republik
Suami/istri George Walker Bush (1977-sekarang)
Anak Barbara dan Jenna Bush
Tempat tinggal White House, Washington, D.C. (kantor suami)
Alma mater University of Texas at Austin
Profesi Penulis, Ibu negara, Guru
Agama United Methodist
Tanda tangan

Laura Lane Welch Bush (lahir di Midland, Texas, 4 November 1946; umur 67 tahun) adalah istri Presiden Amerika Serikat George W. Bush. Laura merupakan putri dari Harold dan Jenna Welch. Terinspirasi guru kelas duanya, ia menerima gelar B. Sc dalam pendidikan dari Southern Methodist University pada 1968. Ia kemudian mengajar di sekolah negeri di Dallas dan Houston. Pada 1973 ia menerima gelar MLS dari Universitas Texas di Austin dan bekerja sebagai pustakawan sekolah umum di Austin. Pada 1977 ia bertemu dan menikah dengan George W. Bush. Mereka memiliki putri kembar, Barbara dan Jenna Bush, yang dinamai dari nenek-nenek mereka.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Laura Bush dipersembahkan untuk melanjutkan pendidikan di AS dan mendukung pekerjaan Presiden memastikan bahwa tiada anak ditinggalkan di belakang sekolah atau dalam kehidupan. Ia membentuk inisiatif nasional, siap membaca, siap belajar, memberitahu orang tua dan pembuat kebijakan mengenai pendidikan anak awal dan pentingnya membaca dengan suara keras pada dan dengan anak dari hari-hari awal mereka. Ia menolong mengembangkan serial majalah berjudul Healthy Start, Grow Smart, untuk menyediakan orTu dengan informasi mengenai perkembangan dan kesehatan kognitif bayi mereka.

Sebagai salah satu prioritas pertamanya, Ny. Bush bersidang pada KTT Gedung Putih pada Perkembangan Kognitif Masa Kanak-kanak Awal. Pelajar dan pendidik terkemuka bersama-sama meneliti pada bagaimana bayi belajar dan bagaimana orTu dan pemberi perawatan bisa menyediakan anak-anak untuk pembelajaran selamanya. Untuk memberikan informasi ini dengan pendengan luas, Ny. Bush menjadi tuan rumah rapat sedaerah di seluruh negeri.

Bagian vital dari pendidikan anak-anak awal ialah mengajar anak-anak membaca dan mencintai buku. Ny. Bush secara kuat mendukung cita-cita Presiden untuk memastikan bahwa seluruh anak belajar membaca pada tingkat 3. Ia menjadi anggota Perpustakaan Kongres untuk meluncurkan Festival Buku Nasional di Washington, D.C., pada September 2001. Festival Buku Nasional 2003 dikunjungi 60.000 pecinta buku dari lintas bangsa. Ny. Bush juga menjadi tuan rumah rangkaian "Gedung Putih Menghormati pada Penulis AS," untuk memperingati pekerjaan besar sastra AS. Para pengarang terkemukan termasuk Mark Twain, penulis wanita dari Barat, penulis dari Harlem Renaissance, dan 3 pencerita klasik dari AS: Truman Capote, Flannery O'Connor dan Eudora Welty.

Untuk berhasil dalam seolah, anak-anak juga memerlukan guru yang unggul. Ny. Bush bekerja dengan program perekrutan guru seperti Guru untuk AS, Proyek Guru Baru, dan Pasukan Guru untuk mendorong murid, para ahli, anggota militer yang berhenti dari militer untuk menjadi guru. Ny. Bush juga menjadi tuan rumah Konferensi Gedung Putih pada Penyediaan Guru Besok.

Sebagai Duta Terhormat untuk Dekade Melek Huruf dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), Laura Bush memimpin usaha AS membawa pendidikan ke seluruh dunia, khususnya pada wanita dan anak perempuan. Ia merupakan penganjur kuat untuk hak bersama buat seluruh wanita. Ny. Bush ialah satu-satunya ibu negara dalam sejarah yang mencatat pembicaraan radio kepresidenan penuh, berbicara pada keadaan buruk wanita dan anak-anak yang tinggal di bawah Taliban. Ia sedang mengintervensi urusan dalam negeri Afganistan dengan memimpin usaha untuk membangun institut pelatihan guru buat wanita di Afganistan.

Dalam menghormati ibunya, wanita yang tetap hidup dari penyakit kanker payudara, Ny. Bush mendukung gerakan pendidikan untuk kanker payudara dan serangan jantung. Ia berpartner dengan Insititut Jantung Paru-paru Jantung dan Darah Nasional untuk membagi Kebenaran Jantung, yang bahwa penyakit jantung ialah penyebab utama kematian di antara wanita AS. Ny. Bush mendidik wanita mengenai risiko dan tekanan mereka pada pentingnya makanan sehat, penyaringan gerak badan dan preventif.

Antusias pada berjalan kaki dan berkemah, Laura Bush menyukai ke luar. Ia menolong untuk memulai Cagar Alam AS, inisiatif pemeliharaan nasional untuk melindungi peninggalan budaya dan alam AS. Ia menyoroti usaha pemeliharaan seluruh negara dan menganjurkan orang-orang AS untuk terlibat dalam memelihara jalan, taman, dan harta benda masyarakat utama. Ny. Bush juga menanami kembali rumput alam di peternakan keluarga di Crawford untuk melindungi pemandangan Texas.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Hillary Rodham Clinton
Ibu Negara Amerika Serikat
2001-2009
Diteruskan oleh:
Michelle Obama