Mairead Corrigan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mairead Corrigan (lahir di Belfast, Irlandia Utara, 27 Januari 1944; umur 70 tahun, juga dikenal sebagai Mairead Corrigan-Maguire, ialah seorang juru damai militan dari Irlandia Utara. Bersama Betty Williams, ia mendirikan Gerakan Perdamaian Wanita (Women's Peace Movement).

Corrigan menjadi aktif dalam gerakan perdamaian setelah 3 keponakannya tewas terlindas mobil yang dikendarai oleh Danny Lennon, tokoh Provisional Irish Republican Army (PIRA) yang ditembak oleh pasukan Britania saat mencoba lari.

Ia dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 1976 bersama Betty Williams.

Mairead Corrigan-Maguirre adalah anggota dewan kehormatan International Coalition for the Decade, organisasi yang didirikan untuk memberdayakan budaya perdamaian dan menentang kekerasan terhadap anak-anak di dunia.

Pada tahun 2004 ia terbang ke Israel dan menyambut Mordechai Vanunu yang baru saja dibebaskan dari tahanan setelah 18 tahun mendekam di sana akibat memaparkan rahasia nuklir Israel. Pada bulan April 2007, saat ikut serta dalam protes menentang pembangunan tembok Tepi Barat Israel di luar desa Bil'in, Palestina, angkatan rahasia Israel campur tangan dan Corrigan diterjang peluru baja berselubung karet dan menghirup gas air mata, sehingga memerlukan pertolongan medis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]