Mariano Rajoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Most Excellent

Mariano Rajoy
Perdana Menteri Spanyol
Masa jabatan
21 Desember 2011 – Sekarang
Penguasa monarki Juan Carlos I
Deputi Soraya Sáenz de Santamaría
Didahului oleh José Luis Rodríguez Zapatero
Digantikan oleh Sedang Menjabat
Pemimpin Oposisi
Masa jabatan
17 April 2004 – 21 Desember 2011
Perdana Menteri José Luis Rodríguez Zapatero
Didahului oleh José Luis Rodríguez Zapatero
Digantikan oleh Alfredo Pérez Rubalcaba
Menteri Kepresidenan
Masa jabatan
9 Juli 2002 – 3 September 2003
Perdana Menteri José María Aznar
Didahului oleh Juan José Lucas
Digantikan oleh Javier Arenas
Masa jabatan
27 April 2000 – 27 Februari 2001
Perdana Menteri José María Aznar
Didahului oleh Francisco Álvarez Cascos
Digantikan oleh Juan José Lucas
Menteri Dalam Negeri
Masa jabatan
27 Februari 2001 – 9 Juli 2002
Perdana Menteri José María Aznar
Didahului oleh Jaime Mayor Oreja
Digantikan oleh Ángel Acebes
Deputi Pertama Perdana Menteri Spanyol
Masa jabatan
27 April 2000 – 3 September 2003
Perdana Menteri José María Aznar
Didahului oleh Francisco Álvarez Cascos
Digantikan oleh Rodrigo Rato
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Masa jabatan
20 Januari 1999 – 27 April 2000
Perdana Menteri José María Aznar
Didahului oleh Esperanza Aguirre
Digantikan oleh Pilar del Castillo (Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga)
Menteri Administrasi Publik
Masa jabatan
4 Mei 1996 – 20 Januari 1999
Perdana Menteri José María Aznar
Didahului oleh Joan Lerma
Digantikan oleh Ángel Acebes
Anggota Deputi Kongres
Masa jabatan
14 Maret 2004 – Sekarang
Konstituensi Madrid
Masa jabatan
22 Juni 1986 – 14 Maret 2004
Konstituensi Pontevedra
Informasi pribadi
Lahir 27 Maret 1955 (umur 59)
Santiago de Compostela, Spanyol
Partai politik Partai Rakyat (1989–Sekarang)
Afiliasi politik
lain
Aliansi Rakyat (Seelumnya 1989)
Suami/istri Elvira Fernández Balboa (1996–sekarang)
Anak Mariano
Juan
Tempat tinggal Istana Moncloa
Alma mater Universitas Santiago de Compostela
Tanda tangan
Situs web Party website

Mariano Rajoy Brey (pengucapan bahasa Spanyol: [maˈɾjano raˈxoi]; lahir 27 Maret 1955) adalah politikus Partai Rakyat Spanyol dan Perdana Menteri Spanyol sejak 21 Desember 2011.

Di bawah pemerintahan Perdana Menteri José María Aznar, Rajoy menjabat Menteri Administrasi Publik (1996-1999), Menteri Pendidikan (1999-2000), dan Deputi Perdana Menteri 2000-2003. Rajoy memimpin Partai Rakyat pada pemilu Maret 2004, tetapi pemilu tersebut dimenangi pihak oposisi yakni Partai Sosialis Pekerja Spanyol (PSOE) akibat Pemboman Kereta Madrid 2004. Kemudian, Rajoy menjadi Pemimpin Oposisi selama periode 2004-2011.

Awal Kehidupan dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lahir di Santiago de Compostela, Galicia, Rajoy lulus dari Universitas Santiago de Compostela. Pada usia 24 tahun, ia lulus ujian kompetitif yang diperlukan di Spanyol untuk masuk ke layanan sipil, sehingga tercatat sebagai yang termuda dalam registrasi

Karier Legislatif[sunting | sunting sumber]

Awal Karier Politik[sunting | sunting sumber]

Rajoy memulai karir politiknya pada tahun 1981 sebagai anggota partai sayap kanan [Aliansi [Rakyat]] (AP) dan menjabat wakil legislatif perdana di Galicia Parlemen. Pada tahun 1982, ia diangkat oleh Presiden wilayah Galicia, Antonio Pérez Rosón sebagai Menteri Hubungan Kelembagaan di Xunta de Galicia. Pada tanggal 11 Juni 1986, Rajoy terpilih menjadi Presiden Dewan Provinsi Pontevedra. Jabatan ini melekat padanya hingga Juli 1991.

Pada Pemilihan Umum tanggal 22 Juni 1986, dia memperoleh kursi di Deputi Kongres sebagai kepala daftar AP untuk Pontevedra meskipun ia mengundurkan diri pada bulan November untuk mengambil posisi wakil presiden Xunta Galicia menyusul pengunduran diri Luis Xosé Barreiro dan seluruh menteri. Dia menempati posisi kedua sampai akhir September 1987.

Pada tahun 1989, ketika AP bergabung dengan pihak lain untuk membentuk Partai Rakyat (PP), dengan Manuel Fraga sebagai presiden, Rajoy diangkat menjadi anggota Komite Eksekutif Nasional dan delegasi untuk Pontevedra. Dia terpilih kembali ke parlemen pada tahun 1993. Sebelum kemenangan PP dalam pemilu 1996, ia adalah seorang anggota PP atas penunjukan dari "Komisi Kontrol Parlemen RTVE".

Menteri Dalam Negeri: 1996–2004[sunting | sunting sumber]

Seorang rekan lama bernama José María Aznar membuat Rajoy bergerak ke politik nasional ketika Aznar menjadi Perdana Menteri pada tahun 1996 dengan dukungan dari Partai Nasionalis Basque (PNV), Konvergensi dan Uni (Ciu) dan Canarian Koalisi, menjabat sebagai Menteri administrasi Umum dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam pemerintahan Aznar pertama.

Pada tahun 1996, ia menikah dengan seorang rekan Galicia, Elvira Fernandez Balboa.

Dia berhasil mengkampanyekan secara sukses Partai Rakyat dalam pemilu 2000. Aznar kemudian mengangkatnya menjadi Wakil Menteri Perdana dalam Pemerintahan Spanyol. Pada Februari 2001, ia diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri, setelah Jaime Mayor Oreja memutuskan untuk mencalonkan diri dalam daftar pimpinan Partai Rakyat pada Pemilihan Basque 2011.

Pada 30 Agustus 2003, Aznar mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari politik pada Pemilu 2004 dan mengusulkan Rajoy sebagai penggantinya. Setelah Kongres ke-14 Partai Rakyat pada bulan Oktober 2004, dia menjadi Ketua partai baru. Kemudian menjadi oposisi setelah kalah dalam pemilihan PSOE.

Pemimpin Oposisi: 2004–2011[sunting | sunting sumber]

Tiga hari sebelum Pemilu 2004, serangan teroris terjadi di Madrid pada tanggal 11 Maret. Semula tuduhan diarahkan pada ETA, tetapi kemudian pada Al-Qaeda. Pemerintah Aznar dan pemimpin Partai bersikeras menuduh organisasi separatis bersenjata Basque ETA yang melakukan serangan. Pada tanggal 13 Maret, Rajoy mengaku keyakinan tersebut karena kemampuan mereka untuk melakukan kejahatan.[1] Pemerintah dituduh mencoba untuk menyalahkan ETA atas serangan agar tetap memenangkan pemilu (karena mereka sangat disukai untuk dilakukan), tetapi kemudian tersiar kabar bahwa itu adalah tindakan Al-Qaeda, bukan ETA.

Pada 14 Maret 2004 PSOE, di bawah kepemimpinan José Luis Rodríguez Zapatero yang memenangkan pemilu dengan suara mayoritas 1.300.000 atas PP dan memperoleh 164 deputi (wakil), sementara PP memperoleh 9.763.144 suara dengan 148 deputi, berkurang 35 wakil dari yang diperoleh pada tahun 2000.[2] Rajoy terpilih untuk provinsi Madrid.

Pada tanggal 1 Desember 2005, Rajoy selamat dari kecelakaan helikopter, bersama dengan Presiden Pemerintah Daerah Madrid Esperanza Aguirre. dia menderita patah pada jari dalam kecelakaan itu.[3]

Rajoy menghadapi situasi yang serius dalam partai setelah menerima tekanan publik dari elektoral sukses Alberto Ruiz Gallardón (Walikota Madrid) agar dimasukkan dalam daftar PP pada pemilihan umum Maret 2008. Gallardón merupakan sektor yang lebih moderat dalam partai, sedangkan Rajoy, Angel Acebes, dan Eduardo Zaplana secara luas diterima[vague] mewakili sayap yang lebih konservatif partai, lebih dekat untuk Aznar[butuh rujukan]. Keputusan akhir Rajoy adalah meninggalkan Gallardón keluar dari daftar dalam pemilu mereka, suatu tindakan yang memicu kekhawatiran tentang keterasingan pemilih potensial PP. Beberapa ahli dan surat kabar bahkan berpendapat bahwa hal itu sebagai biaya pemilu Rajoy[butuh rujukan]. Dalam kasus apapun, perebutan kekuasaan untuk suksesi menciptakan situasi menegangkan bagi dirinya dan untuk partai.[4]

Pada tanggal 30 Januari 2008, Rajoy menerima dukungan dari Angela Merkel di Jerman dan Nicolas Sarkozy dari Perancis untuk pemilihan umum Maret 2008.[5][6] PP kalah dalam pemilihan umum, bagaimanapun, dan Rajoy terus memimpin partainya di oposisi.

Kritikannya terhadap pemerintahan Zapatero terfokus pada apa yang dianggap sebagai:

  • Pengurangan rencana ambisius dari eksekutif sebelumnya
    • Rencana Hidrológico NacionalRencana Nasional hidrologis
    • Undang-undang Organik LOCE pada Mutu Pendidikan
  • Dugaan "tidak perlu" reformasi hukum, seperti disampaikan dalam Catalan dan referendum Andalusia dengan tingkat abstain yang sangat tinggi. Menurut Rajoy, beberapa informasi dari mereka merupakan perubahan tersembunyi dari komunitas otonom terhadap konfederasi, membahayakan integritas negara. Dia telah mengatakan bahwa jika Zapatero ingin menerapkan pandangannya dari Spanyol, akan lebih baik jika ia mengusulkan reformasi Konstitusi Spanyol yang akan membutuhkan persetujuan dalam referendum nasional.
  • Kelemahan diduga menghadapi proses perdamaian dibuka sebagai akibat dari gencatan senjata permanen yang dinyatakan oleh organisasi ETA pada tahun 2006, rusak oleh perampokan dan senjata pemboman Bandara Internasional Barajas.Templat:Specify
  • Pengenalan subjek kewarganegaraan pendidikan menengah pada tahun-tahun terakhir (Educación alinea la Ciudadanía) dari konten polemik (pihak berseberangan, terutama Gereja Katolik, dan organisasi-organisasi afiliasinya, katakan adalah tidak netral dan memberikan beberapa sayap kiri indoktrinasi politik). Rajoy telah mengumumkan pembatalan jika dia memenangkan pemilu berikutnya.
  • Legalisasi aborsi sampai 14 minggu kehamilan, hukum yang diperhatikan oleh Mariano Rajoy sebagai "kriminal" dan melawan kehendak sektor besar dari masyarakat Spanyol.
  • Tentang Kebijakan Luar Negeri

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Joan Lerma
Menteri Administrasi Publik
1996–1999
Diteruskan oleh:
Ángel Acebes
Didahului oleh:
Esperanza Aguirre
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
1999–2000
Diteruskan oleh:
Pilar del Castillo
sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga
Didahului oleh:
Francisco Álvarez Cascos
Deputi Pertama Perdana Menteri Spanyol
2000–2003
Diteruskan oleh:
Rodrigo Rato
Menteri Kepresidenan
2000–2001
Diteruskan oleh:
Juan José Lucas
Didahului oleh:
Jaime Mayor Oreja
Menteri Dalam Negeri
2001–2002
Diteruskan oleh:
Ángel Acebes
Didahului oleh:
Juan José Lucas
Menteri Kepresidenan
2002–2003
Diteruskan oleh:
Javier Arenas
Didahului oleh:
José Luis Rodríguez Zapatero
Pemimpin Oposisi
2004–2011
Diteruskan oleh:
Alfredo Pérez Rubalcaba
Perdana Menteri Spanyol
2011–Sekarang
Petahana
Jabatan partai politik
Didahului oleh:
José María Aznar
Ketua Umum Partai Rakyat
2004–Sekarang
Petahana

|}