Lawrence R. Klein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lawrence Klein
Ekonomi Neo-Keynesianisme
Lahir 14 September 1920
Omaha, Nebraska, A.S.
Meninggal 20 Oktober 2013 (umur 93)
Gladwyne, Pennsylvania, A.S.
Kebangsaan  Amerika Serikat
Institusi Universitas Pennsylvania
Universitas Oxford
Universitas Michigan
NBER
Cowles Commission
Bidang Ekonomi makro
Ekonometrika
Alma mater MIT (Ph.D.)
UC Berkeley (B.A.)
Mempengaruhi Paul Samuelson
Dipengaruhi E. Roy Weintraub
Kontribusi Model peramalan ekonometrika makro
Penghargaan John Bates Clark Medal (1959)
Penghargaan Nobel dalam Ekonomi (1980)
Informasi di IDEAS/RePEc

Lawrence Robert Klein (lahir di Omaha, Nebraska, 14 September 1920 – meninggal di Gladwyne, Pennsylvania, 20 Oktober 2013 pada umur 93 tahun) adalah seorang ekonom Amerika Serikat, ia berasal dari keturunan Yahudi. Atas karyanya menciptakan model penghitungan untuk memperkirakan tren ekonomi di bidang ekonometrik di Universitas Pennsylvania, ia dianugerahi Hadiah Nobel Ekonomi pada 1980. Secara spesifik "untuk penciptaan model ekonomi dan penerapannya pada analisis fluktuasi ekonomi dan kebijakan ekonomi."

Profesor Klein ialah lulusan Universitas California, Berkeley, di mana ia memulai model penghitungannya; ia menerima PhD di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) pada 1944.

Klein kemudian pindah ke Cowles Commission for Research in Economics, yang saat itu ada di Universitas Chicago, kini Cowles Foundation. Di sana ia membangun sebuah model ekonomi Amerika Serikat untuk memperkirakan pengembangan fluktuasi bisnis dan mempelajari efek kebijakan ekonomi politik pemerintah. Setelah Perang Dunia II, Klein menggunakan modelnya untuk memperkirakan dengan besar harapan-harapan umum, bahwa akan ada kemajuan ekonomi daripada depresi. Ia memperkirakan dengan tepat bahwa resesi akan terjadi di akhir Perang Korea.

Pada 1959, Klein dianugerahi John Bates Clark Medal, salah satu dari 2 hadiah paling bergengsi di bidang ekonomi.

Di Universitas Michigan, Klein mengembangkan model ekonomi makro yang dipertinggi, khususnya model Klein-Goldberger yang terkenal, dibuat dengan Arthur Goldberger, yang berdasarkan pada dasar yang diletakkan Profesor Jan Tinbergen dari Belanda, yang kemudian memenangkan Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel pada 1969. Klein berbeda dengan Tinbergen dengan menggunakan teori ekonomi alternatif dan teknik statistik yang berbeda.

Klein pindah ke Inggris pada 1954, yang dipicu oleh "witch-hunt" antikomunis Senator Joseph Raymond McCarthy, dan penolakan masa jabatannya yang berlanjut di University of Michigan. Klein telah menjadi anggota Partai Komunis Amerika pada 1946 dan 1944 selama di Chicago; belakangan ia berkata bahwa ini adalah akibat kenaifan masa muda.

Di Inggris, Klein mengembangkan model ekonomi Britania Raya di Universitas Oxford, sebelum kembali ke Amerika Serikat pada 1958 untuk bergabung dengan Jurusan Ekonomi di University of Pennsylvania. Ia menjadi "Profesor Benjamin Franklin dalam Ilmu Ekonomi dan Keuangan" di Wharton Business School pada 1968.

Pada awal 1960-an Klein menjadi pemimpin "Brookings-SSRC Project" utama, untuk membangun model ekonometrik yang lebih detail untuk merencanakan pembangunan ekonomi AS dalam jangka pendek.

Belakangan pada 1960-an, Klein membangun Wharton Econometric Forecasting Model. Model ini, lebih kecil daripada model Brookings, memperoleh reputasi baik atas analisisnya pada keadaan bisnis, digunakan untuk memperkirakan fluktuasi termasuk produk nasional, ekspor, investasi, dan konsumsi, dan untuk memplajari efeknya dalam perubahan perpajakan, ekspeditur publik, harga minyak, dll.

Profesor Klein mendirikan Wharton Econometric Forecasting Associates atau WEFA, (kini Global Insight). Di akhir 1960-an ia adalah penggagas dan pemimpin riset aktif dalam proyek LINK mereka, yang juga disebutkan dalam kutipan Nobelnya. Tujuannya adalah menciptakan model ekonomi global pertama di dunia, menghubungan model-model di banyak negeri agar efek perubahan ekonomi sebuah negeri membayang di negeri lain.

Pada 1976, Klein adalah koordinator angkatan tugas ekonomi Jimmy Carter sebelum pemilu presiden AS. Ia menolak undangan untuk bergabung dengan pemerintahan Carter. Klein juga menjadi pimpinan Econometric Society dan American Economic Association (1977).

Kutipan Nobelnya menyimpulkan "sedikit, jika tak banyak, pekerja riset di bidang empiris ilmu ekonomi, memiliki begitu banyak pengganti dan dampak besar begitu seperti Lawrence Klein."

Ia meninggal di rumahnya tanggal 20 Oktober 2013 pada usia 93 tahun.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]