Kartidaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kartidaya (diturunkan dari Bahasa Indonesia "[Kar]unia Bak[ti] Bu[daya]"; juga dikenal sebagai Wycliffe Indonesia) adalah sebuah organisasi nirlaba di Indonesia yang berfokus pada promosi dan dukungan atas kegiatan penerjemahan Alkitab di seluruh Indonesia. Merupakan organisasi independen yang berafilisai dengan Wycliffe Global Alliance, dan mempunyai perjanjian kerjasama dengan berbagai denominasi Kristen di seluruh Indonesia. Setiap anggota Kartidaya harus mencari donatur untuk membiayai pelayanan dan kebutuhan hidup karena Kartidaya tidak memberikan gaji kepada anggota-anggotanya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kartidaya pertama kali dimulai pada tahun 1989.[1] Mereka telah bertumbuh dan sekarang melayani lebih dari 20 komunitas bahasa yang berbeda.

Pemimpin[sunting | sunting sumber]

Saat ini direktur Kartidaya adalah Ir. Budi Santoso periode th.'21 - '23, menggantikan Marnix Riupassa.[2] Direktur sebelumnya adalah Nitya Travis.[3]

Pelatihan[sunting | sunting sumber]

Kartidaya berfokus kuat pada pelatihan dan keinginan untuk melengkapi orang Indonesia yang mempersiapkan Alkitab ke dalam bahasa mereka sendiri. Saat ini ada 400 lebih bahasa di Indonesia yang belum mempunyai Alkitab.[4] Pelatihan ini dilakukan di berbagai lokasi termasuk kantor pusat Kartidaya di Jakarta Barat, Sulawesi, dan Papua. Berbagai aspek latihan dilakukan beberapa kali setahun di tempat-tempat pelatihan tersebut.[5]

Afiliasi[sunting | sunting sumber]

Kartidaya adalah partisipan dalam Wycliffe Global Alliance serta Forum of Bible Agencies di Indonesia.[6] Mereka juga bekerja sama erat dengan Lembaga Alkitab Indonesia, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII), International Reading Association, dan banyak organisasi dan gereja dari seluruh Indonesia dan Asia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Indonesia". Wycliffe Global Alliance. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-18. Diakses tanggal 14 August 2013. 
  2. ^ "Marnix Riupassa". LinkedIn. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-16. Diakses tanggal 14 August 2013. 
  3. ^ "Nitya Travis". LinkedIn. Diakses tanggal 14 August 2013. 
  4. ^ "Yayasan Kartidaya, Indonesia". Sabda (dalam bahasa Indonesian). 12 July 2012. Diakses tanggal 14 August 2013. 
  5. ^ "Program Pelatihan Kartidaya". SIL International. Diakses tanggal 14 August 2013. 
  6. ^ "Buku Pintar". Indonesian Bible Society (dalam bahasa Indonesian). Diakses tanggal 14 August 2013. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]