Daftar artefak terkait Alkitab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Detail "Arch of Titus" menunjukkan jarahan dari Kejatuhan Yerusalem oleh Titus pada tahun 70 M. Digambarkan di sini menorah dari Bait Suci dan trumpet, serta Meja Roti.
Black Obelisk 841 SM. Gambar seorang Israel tertua yang pernah ditemukan: kemungkinan Yehu putra Omri, atau duta yang diutus Yehu, bersujud di kaki raja Salmaneser III.
Lachish relief – Tawanan Yehuda dibawa ke perbudakan oleh orang Asyur setelah kota Lakhis jatuh pada tahun 701 SM, yang juga terpelihara baik dalam rangkaian ukiran yang pernah menghiasi istana raja Asyur, Sanherib di Ninewe.[1]
Silinder Nabonidus memastikan keberadaan Belsyazar. (lihat Kitab Daniel)
Silinder Koresh, tentang perlakuan raja Koresh terhadap agama, berkaitan penting dengan Kitab Tawarikh, Kitab Ezra dan Kitab Nehemia.
Prisma Taylor dipajang di British Museum. Menggambarkan pengepungan raja Asyur Sanherib terhadap Yerusalem pada tahun 701 SM dalam masa pemerintahan raja Hizkia, yang dicatat juga oleh Herodotus dan di Alkitab yaitu dalam Kitab Yesaya pasal 33 dan 36; 2 Raja-raja 18:17; 2 Tawarikh 32:9. Foto oleh David Castor.
Kurkh Monolith raja Shalmaneser III (859–824 SM) menyebut nama raja Ahab.
Mesha Stele c. 850 SM – Menyebut istilah "Rumah Daud" (= keturunan Daud); juga menyebut Omri, Israel, Yahweh, Bezer dan lain-lain.
Sebuah batu di Bukit Bait Suci di Yerusalem yang memuat tulisan bahasa Ibrani "Ke tempat meniup terompet"
Portal menunjukkan rangkaian inskripsi mengenai serangan firaun Shishak ke Yehuda dan Israel pada tahun 925 SM, terletak di Bubastis Portal di luar Kuil Amun di Karnak(1 Raja-raja 14:25; 2 Tawarikh 12:1–12).[2]
Tulisan Inskripsi Siloam.
Terowongan Hizkia
Replika Kalender Gezer di Gezer, Israel.
Stempel segel LMLK; Redondo Beach koleksi #22
Kain Kafan dari Torino (Turin Shroud): foto wajah, film positif (kiri), film negatif (kanan). Catatan: foto negatif diubah kontrasnya.

Berikut adalah daftar artefak yang berkaitan dengan Alkitab, yaitu barang-barang buatan manusia yang mempunyai arti penting dalam sejarah yang dicatat dalam Alkitab Ibrani maupun Alkitab Kristen.

2000 SM[sunting | sunting sumber]

  • Epos Gilgames atau Prasasti Air Bah (Deluge Tablet) – merupakan catatan Babilonia tentang air bah (lihat Nuh).
  • Epos Atrahasis - memuat kisah penciptaan dan air bah dari Babilonia.
  • Prasasti-prasasti hukum (Law tablets) – sejumlah prasasti berisi hukum di wilayah Timur Dekat kuno: Piagam Hammurabi (Code of Hammurabi), Hukum Eshnuna (Laws of Eshnunna, sekitar 1930 SM), Kode Ur-Nammu (Code of Ur-Nammu), raja Ur (sekitar 2050 SM), dan Kodeks Lipit-Ishtar dari Isin (Codex of Lipit-Ishtar of Isin) (sekitar 1870 SM).[3] Prasasti hukum lain setelah zaman Hammurabi antara lain Kode Nesilim (Code of the Nesilim),[4] Hukum orang Het (Hittite laws), Hukum Asyur (Assyrian laws), dan "613 Mitzvot" dari Hukum Musa, yang meliputi Sepuluh Perintah (Ten Commandments).
  • Tulisan-tulisan orang Het (Hittite texts) (Abad ke-17 SM dan seterusnya)
  • Ledakan gunung Minoa (Minoan Eruption) - bekas abu yang ditemukan di berbagai tempat penggalian (Tel) bertanggalkan Zaman Perunggu Akhir

1500 SM[sunting | sunting sumber]

  • Teks keagamaan Ugarit (Ugaritic religious texts) – (Abad ke-14 – 12 SM) mendukung catatan Filo, diawetkan dalam tulisan Eusebius, berkaitan dengan agama-agama orang Kanaan.
  • Surat-surat Amarna (c. 1300-an SM) – lempengan tanah liat berisi surat-surat korespondensi antara pemerintah Mesir dengan sejumlah pemimpin negara atau daerah di Timur Tengah, termasuk di Kanaan dalam periode Kerajaan Baru Mesir.
  • Papirus Ipuwer (c. Abad ke-13 SM) – naskah papirus kuno yang menggambarkan Mesir sedang dilanda bencana alam dan dalam keadaan kacau. Mengandung pernyataan seperti "sungai menjadi darah" dan sejumlah keterangan yang dianggap sebagai catatan orang Mesir mengenai sepuluh tulah yang dicatat dalam Kitab Keluaran di Alkitab.[5][6]
  • Keramik Midian (Midianite pottery) – (Abad ke-13 sampai 12 SM) Alkitab mencatat bahwa Musa tinggal di daerah Midian selama 40 tahun di antara waktu ia melarikan diri dari Mesir setelah membunuh seorang Mesir,[7] sampai kembali untuk memimpin bangsa Israel ke luar dari Mesir.[8] Selama di Midian, ia menikahi Zipora, putri Yitro, imam di Midian. Di masa-masa kemudian, orang Midian menjadi musuh dan penjajah orang Israel, paling sedikit sebagai hukuman Allah terhadap penyembahan berhala oleh orang Israel.[9]
  • Prasasti Merneptah (Merneptah Stele) (c. 1209/1208 SM).- salah satu rujukan tertua tentang Kerajaan Israel atau bangsa Israel.

Abad ke-10 SM[sunting | sunting sumber]

  • Gerbang berkamar enam (6-chamber gates) - (Abad ke-10 SM) - "Gerbang-gerbang ini ditemukan di Hazor, Megido, Gezer, serta Lakhis, dan khususnya oleh Yigael Yadin dihubungkan dengan proyek pembangunan raja Salomo." [1]
  • Inskripsi Khirbet Qeiyafa (Khirbet Qeiyafa inscription/pottery sherd) – (Abad ke-10 SM) Inskrispsi yang ditemukan dalam ekskavasi dekat lembah Elah, Israel.[10]
  • Kalender Gezer (Gezer calendar) (Abad ke-10 SM) – kalender dari kota Gezer yang disebut di Alkitab. Salah satu contoh tulisan bahasa Ibrani tertua.
  • Keramik Tell es-Safi (Tell es-Safi Potsherd) (Abad ke-10 sampai pertengahan ke-9 SM) – Potsherd bertulisan dua nama "alwt" dan "wlt", secara etimologi berkaitan dengan nama Goliat dan menunjukkan bahwa nama itu cocok dengan konteks budaya Filistin di akhir abad ke-10 sampai awal abad ke-9 SM. Ditemukan di Tell es-Safi, yang merupakan identifikasi tradisional untuk kota kuno Gat.
  • Struktur Batu Besar (Large Stone Structure) – diduga lokasi istana raja Daud (penanggalan sementara abad ke-10 sampai ke-9 SM).
  • Struktur Batu Bertingkat (Stepped Stone Structure) – (1000-900 SM) - diduga adalah bangunan orang Yebus, Millo, atau bagian dari "Struktur Batu Besar", yang diyakini sebagai bagian dari istana raja Daud.
  • Gerbang Bubastis (Bubastis portal) – memuat seri inskripsi yang mengisahkan serangan Firaun Shishaq ke Yudea dan Israel (diyakini pada tahun 925 SM), terletak di luar Kuil Amun di Karnak.(1 Raja-raja 14:25; 2 Tawarikh 12:1–12).[11]
  • Ukiran Shishak (Shishaq Relief) – menggambarkan kemenangan raja Shishak atas Yehuda (diduga raja Rehabeam ~ 925 SM, pada saat menjarah Bait Allah yang didirikan oleh Salomo di Kerajaan Yehuda).
  • Tempat pemujaan Khirbet Qeiyafa (Khirbet Qeiyafa shrines) - barang-barang pemujaan yang dilihat sebagai bukti "penyembahan berhala di Yehuda pada zaman raja Daud" dan dengan ciri-ciri (triglyph dan pintu yang tersembunyi) mirip dengan gambaran Bait Allah yang didirikan oleh Salomo.[12]
  • Ostrakon Isbeth Sartah (Isbeth Sartah ostracon) - ostrakon bertulisan yang berasal dari abad ke-11 SM dan memuat bahasa Proto-Kanaan. Aaron Demsky menganggapnya "tulisan tertua yang muncul dari lingkungan budaya Ibrani." Juga dianggap sebagai contoh kemampuan baca tulis di masa purba.[13]

Abad ke-9 SM[sunting | sunting sumber]

Abad ke-8 SM[sunting | sunting sumber]

"Shebna lintel", dari makam pengurus istana yang ditemukan di Siloam, bertarikh abad ke-7 SM.
  • Inskripsi Sebna (Shebna's lintel inscription) – (Abad ke-8 sampai ke-7 SM ?) Tulisan yang ditemukan di palang pintu masuk sebuah makam, yang ternyata adalah milik panitera raja Hizkia, Sebna.
  • Tawarikh Babilonia (Babylonian Chronicles ~ 747–247 SM) – antara lain mencatat pengepungan Nebukadnezar terhadap Yerusalem (587 SM), Zedekia dan peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam Kitab 2 Raja-raja, Kitab Yeremia, dan Kitab Ratapan. Termasuk di dalamnya antara lain:
  • Segel Raja Ahas (King Ahaz's Seal) (732-716 SM) – Ahas adalah raja Yehuda yang tidak melakukan apa yang benar di hadapan Tuhan Allahnya seperti nenek moyangnya, Daud" (2 Raja-raja 16:2; 2 Tawarikh 28:1). Ia menyembah berhala dan mengikuti kelakukan orang-orang asing. "Ia bahkan melewatkan putranya di atas api, menurut praktek kekejian bangsa-bangsa lain" (2 Raja-raja 16:3). Ahas adalah putra dan penerus Yotam.
  • Bullae (~715–687 SM atau 716–687 SM)[18], sebuah lempeng bulat dari tanah liat yang dicap dengan stempel pribadi menandai pemilik suatu barang, pengarang suatu dokumen dan sebagainya. Seperti ostraka, bulla ini sering ditemukan baik dalam penggalian maupun pasar barang antik. Identifikasi pemiliknya dengan nama-nama di Alkitab adalah cukup sulit, tetapi sudah menghasilkan sejumlah nama penting, antara lain raja Hizkia[19] dan abdi-abdinya (bentuk jamak ab'dim dalam bahasa Ibrani).
  • Terusan Hizkia (Hezekiah's tunnel) (c. 701 SM) – terusan air yang dibangun oleh raja Hizkia dalam persiapan menghadapi serangan tentara Asyur. Dari National Geographic: "Terusan atau terowongan yang panjangnya sekitar 500 meter (550 yards), membawa air dari mata air Gihon, yang terletak sekitar 300 meter (330 yards) di luar tembok kota tua Yerusalem, ke Kolam Siloam di dalam kota kuno itu. Dibuat untuk melindungi suplai air kota selama pengepungan tentara Asyur".[20]
  • Prasasti Lakhis (Lachish relief) – bagian dari pahatan yang dibuat oleh raja Sanherib, yang menggambarkan tawanan dari Yehuda dibawa ke pembuangan setelah direbutnya kota Lakhis pada tahun 701 SM[21]
  • Prisma Taylor (Taylor Prism) – prisma dari tanah liat yang bertulisan annal (catatan tahunan) raja Asyur, Sanherib, yang terkenal karena mencatat mengenai pengepungannya atas kota Yerusalem pada tahun ~701 SM dalam masa pemerintahan raja Hizkiah. Peristiwa ini dicatat di beberapa kitab di Alkitab termasuk Kitab Yesaya pasal 33 dan 36; 2 Raja-raja 18:17; 2 Tawarikh 32:9. Peristiwa tersebut juga dicatat oleh sejarawan Yunani, Herodotus.
  • Annal Tiglat-Pileser III – 730 SM, mencatat pemberian upeti dari raja-raja Yehuda dan Israel; Ahas raja Yehuda, Menahem, Pekah dan Hosea raja-raja Israel. Annal ini juga menyebut Ahazia yang oleh par pakar diduga sama dengan Uzia, raja Yehuda.[22][23][24]

Abad ke-7 SM[sunting | sunting sumber]

Abad ke-6 SM[sunting | sunting sumber]

Abad ke-5 SM[sunting | sunting sumber]

Abad ke-2 SM[sunting | sunting sumber]

Abad ke-1 SM[sunting | sunting sumber]

  • Bait Allah Herodes (Herod's temple) (c. 19 SM)
  • Western Wall – (~ 19 SM) adalah suatu situs keagamaan penting bagi oranng Yahudi yang terletak di kota tua Yerusalem. Dibalik tembok tersebut, setengah dari tembok, termasuk 17 anak tangga yang berada di bawah permukaan jalan, berasal dari akhir zaman Bait Suci kedua, mulai dibangun pada tahun 19 SM oleh Herodes Agung. Lapisan sisanya ditambahkan sejak abad ke-7 M dan seterusnya.
  • Inskripsi dari Bait Suci Kedua – dari akhir abad ke-1 SM. Berisi peringatan bagi orang asing untuk tidak memasuki batas Bait Suci dengan ancaman hukuman siksaan sampai mati.

Abad ke-1 M[sunting | sunting sumber]

Abad ke-2 M[sunting | sunting sumber]

Periode yang tidak jelas[sunting | sunting sumber]

  • "Ostrakon" dari zaman alkitabiah (pecahan keramik yang dipakai untuk menulis catatan pendek di zaman kuno) sering ditemukan dalam penggalian arkeologis. Sebuah ostracon yang ditemukan di lembah Elah memuat kemungkinan contoh tertua tulisan bahasa Ibrani.
  • Bulla milik Gedalyahu/Galihu Ben Immer – Sebuah bulla diekskavasi dan memuat bagi sebuah nama "Galihu putra Imer", saudara "Pashur bin Imer" yang disebutkan dalam Kitab Yeremia (Yeremia 20:1 sebagai imam dan pejabat Bait Suci.[41][42]
  • Gua Makhpela (Cave of the Patriarchs) – Bangunan yang terletak di kota kuno Hebron, merupakan tempat paling suci kedua bagi orang Yahudi (setelah bukit Bait Allah di Yerusalem) dan juga dikeramatkan oleh orang Kristen dan Islam yang semuanya meyakini tempat itu merupakan kuburan tiga pasang tokoh Alkitab terhormat: (1) Abraham dan Sara; (2) Ishak dan Ribka; (3) Jakub dan Lea.
  • Foundation Stone – batu yang juga disebut "Sumur Jiwa-jiwa" (Well of Souls), sekarang terletak di dalam Dome of the Rock. Menurut Alkitab, raja Daud membeli tempat pemerasan anggur milik Araunah orang Yebus,[43] dan orang percaya bahwa di atas batu inilah Daud mempersembahkan korban seperti dicatat dalam ayat Alkitab tersebut. Daud berniat untuk membangun Bait Allah di Yerusalem, tetapi karena tangannya banyak menumpahkan darah, ia dilarang melakukannya sendiri. Proyek itu dilaksanakan oleh putranya, raja Salomo, yang menyelesaikan Bait Suci Pertama pada sekitar tahun 950 SM.
  • Pim weight – bukti penggunaan sumber asing pada Kitab Samuel karena pemakaian istilah kuno.
  • "Daftar budak Sifrah" (Shiphrah slave list) – Sifrah adalah salah satu dari dua bidan yang membantu mencegah pembunuhan bayi-bayi laki-laki Israel atas perintah Firaun menurut Kitab Keluaran (Keluaran 1:15–21). Nama ini ditemukan dalam daftar budak-budak di Mesir pada masa pemerintahan Firaun Sobekhotep III. Daftar terdapat pada Brooklyn 35.1446, sebuah gulungan papirus yang disimpan di Brooklyn Museum.
  • Kota Susan – Susan disebut dalam bagian Ketuvim di Alkitab, terutama dalam Kitab Ester, tetapi juga masing-masing satu kali dalam Kitab Nehemia dan Kitab Daniel. Baik Daniel dan Nehemia tinggal di kota Susan selama Pembuangan ke Babel pada abad ke-6 SM. Alkitab mencatat bahwa Ester dinobatkan menjadi ratu di kota ini, dan menyelamatkan orang Yahudi dari pembantaian. Makam Daniel dikatakan ada di sana, dikenal sebagai Shush-Daniel. Makam itu ditandai dengan kerucut batu putih yang unik, tidak beraturan maupun simetri. Banyak pakar percaya bahwa itu asalnya adalah Bintang Daud.
  • Makam Daniel (Tomb of Daniel) (sebelum 1160 M)
  • Makam Rahel (Rachel's Tomb) di dekat Bethlehem (sebelum abad ke-4 M)
  • Prasasti Uzia (Uzziah Tablet) – (Abad ke-8 SM atau 30-70 M?) prasasti kontroversial ditemukan pada tahun 1931 oleh Professor Eleazar L. Sukenik dari Hebrew University of Jerusalem dalam suatu biara Rusia.
  • Warren's Shaft – sebuah saluran yang kemungkinan sesuai dengan kisah Yoab, panglima raja Daud, merupakan jalur penyerangan mendadak terhadap orang-orang Yebus yang menguasai Yerusalem.
  • Kolam Betesda (Pool of Bethesda) – Pada abad ke-19, arkeolog menemukan bekas kolam tepat seperti yang digambarkan dalam Injil Yohanes.
  • Sumur dari Bait Suci pertama (First Temple period water cistern) di Yerusalem, dekat Bukit Bait Suci (Temple Mount), ditemukan tahun 2012. Tempat cadangan air yang besar ini dibangun antara tahun 1000-586 SM. Menurut Dr. Tvika Tsuk, kepala arkeolog "Israel Nature and Parks Authority", sumur ini digunakan oleh peziarah yang naik ke Bait Suci.[44][45]
Anak tangga yang menuju ke Bait Suci

Kontroversial[sunting | sunting sumber]

Artefak yang disebutkan di Alkitab tetapi tidak ditemukan di zaman modern[sunting | sunting sumber]

Pemalsuan[sunting | sunting sumber]

Museum penting[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Fragmen-fragmen Gulungan Laut Mati yang dipertontonkan di Archaeological Museum, Amman, Yordania.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wigoder, Geoffrey The Illustrated Dictionary and Concordance of the Bible; p. 566
  2. ^ "Relief and Stelae of Pharaoh Shoshenq I: Rehoboam’s Tribute, c. 925 SM". COJS. Diakses 27 November 2009. 
  3. ^ Charles F. Horne, PhD (1915). "The Code of Hammurabi : Introduction". Yale University. Diakses 14 September 2007. 
  4. ^ "Code of Nesilim". Fordham.edu. Diakses 29 December 2011. 
  5. ^ Konig, George. "Evidence for the exodus". Christian Internet Forum (accessed 8 Nov 2005).
  6. ^ Becher, Mordechai. "The Ten Plagues – Live From Egypt". Ohr Somayach (accessed 8 Nov 2005).
  7. ^ Keluaran 2 terutama Keluaran 2:11–15
  8. ^ Keluaran 4 terutama Keluaran 4:18
  9. ^ Hakim-hakim 6 terutama Hakim-hakim 6:1
  10. ^ "Archaeology: What an Ancient Hebrew Note Might Mean". Christianity Today. 18 January 2010. Diakses 29 December 2011. 
  11. ^ "Rehoboam's tribute, c. 925 SM". Diakses 1 January 2010. 
  12. ^ http://phys.org/news/2012-05-archaeologist-evidence-cult-judah-king.html
  13. ^ http://www.biblicalarchaeology.org/uncategorized/what%E2%80%99s-the-oldest-hebrew-inscription/
  14. ^ Hoftijzer, J. & van der Kooij, G. (1976) "Aramaic Texts from Deir 'Alla", in: Documenta et Monumenta Orientis Antiqui 19. Leiden: Brill
  15. ^ Stern, Philip. Balaam in scripture and in inscription. Midstream (2002).
  16. ^ Kaufman, S. A. Anchor Bible Dictionary. hlm. 173–78. 
  17. ^ 2 Raja-raja 20:20; 2 Tawarikh 32:2-4, 30
  18. ^ Lihat William F. Albright untuk yang pertama dan tahun-tahun kedua lihat Edwin R. Thiele, The Mysterious Numbers of the Hebrew Kings (3rd ed.; Grand Rapids, MI: Zondervan/Kregel, 1983) 217. Tetapi Gershon Galil berpendapat tarikh pemerintahannya adalah 697–642 SM.
  19. ^ Grena (2004), p. 26, Figs. 9 and 10
  20. ^ "''National Geographic'' – Siloam Tunnel". News.nationalgeographic.com. 28 October 2010. Diakses 29 December 2011. 
  21. ^ Unger (1954) Archaeology and the Old Testament, Zondervan; p. 267
  22. ^ http://www.cojs.org/jh.php?id=assyrian&content=content/tiglath_pileser
  23. ^ http://books.google.rs/books?id=Wx4GsZH3dzAC&pg=PA125&lpg=PA125&dq=Ahaz+Tiglath+Pileser+III&source=bl&ots=GNdguYF-Gf&sig=g_iP4M59I-OI-Cip3alM_GqffFc&hl=en&sa=X&ei=bf9NUP-DIoXDtAaKg4HQDw&ved=0CDMQ6AEwAQ#v=onepage&q=Ahaz%20Tiglath%20Pileser%20III&f=false
  24. ^ http://books.google.rs/books?id=--IvHbPo024C&pg=PA106&lpg=PA106&dq=azariah+uzziah+same+person&source=bl&ots=_4woAGB2rR&sig=lSThB8rTQjf5qHq6eCU9r61Buxw&hl=en&sa=X&ei=pQ1PUMzPOcTHsgbwgoHIAw&redir_esc=y#v=onepage&q=azariah%20uzziah%20same%20person&f=false
  25. ^ Gitin, S. , Dothan, T, & Naveh, J. "A Royal Dedicatory Inscription from Ekron," Israel Exploration Journal; 47 (1997): 9–16
  26. ^ Erlanger, Steven (2005-08-05). "King David's Palace is Found, Archaeologist Says". The New York Times. Diakses 2007-05-24. 
  27. ^ "The LMLK Research Website". Lmlk.com. Diakses 29 December 2011. 
  28. ^ Grena, 2004, p. 338.
  29. ^ http://beitlehifoundation.org/history/
  30. ^ http://www.kchanson.com/ancdocs/westsem/bytyhwh.html
  31. ^ http://cojs.org/cojswiki/The_First_Extra-Biblical_Reference_to_the_Sabbath,_c._630_BCE
  32. ^ http://cojs.org/cojswiki/Mezad_Hashavyahu_Ostracon%2C_c._630_BCE
  33. ^ "Solving a Riddle Written in Silver". The New York Times. 2004-09-28. Diakses 2010-05-08. 
  34. ^ "The Challenges of Ketef Hinnom: Using Mvanced Technologies to Recover the Earliest Biblical Texts and their Context", Gabriel Barkay et al., Near Eastern Archaeology, Vol. 66, No. 4 (Dec., 2003), pp. 162–171 (at JSTOR).
  35. ^ "Biblical Artifact Proven to Be Real". Webcenters.netscape.compuserve.com. Diakses 29 December 2011. 
  36. ^ Thomas, D. Winton (1958) Documents from Old Testament Times; 1961 ed. Edinburgh and London: Thomas Nelson and Sons; p. 84.
  37. ^ "Lachish letters". Formerthings.com. 10 January 1938. Diakses 29 December 2011. 
  38. ^ Jerusalem Milestones: A guide to the archaeological sites, Ronny Reich, Gideon Avni, Tamar Winter, p. 28
  39. ^ Kuhrt, Amélie. "Babylonia from Cyrus to Xerxes", in The Cambridge Ancient History: Persia, Greece, and the Western Mediterranean, C. 525–479 SM, pp. 112–138. Cambridge University Press, 1988. ISBN 0-521-22804-2
  40. ^ "Jesus Many Faces – Crucifixion | From Jesus To Christ | FRONTLINE". PBS. Diakses 29 December 2011. 
  41. ^ "Artifacts with links to Bible unearthed". The Washington Times (JERUSALEM). 2 January 2006. Diakses 19 December 2010. 
  42. ^ Gems in the Dirt (Permata dalam tanah kotor) oleh Shahar Ilan di Haaretz.com pada 12 Oktober 2005
  43. ^ 1 Tawarikh 21:25, dan 2 Samuel 24:18–25.
  44. ^ http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2201175/Archaeologists-discover-ancient-reservoir-used-pilgrims-way-Temple-Mount-Jerusalem-3-000-years-ago.html.
  45. ^ http://www.mfa.gov.il/MFA/History/Early+History+-+Archaeology/Water-cistern-6-Sep-2012.htm
  46. ^ Shlomit / Temech seal
  47. ^ Lukas 13
  48. ^ "Biblical artifacts". Athenapub.com. Diakses 29 December 2011. 
  49. ^ http://www.ynetnews.com/Ext/Comp/ArticleLayout/CdaArticlePrintPreview/1,2506,L-3484474,00.html