Juwana, Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Juwana
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Pati
Pemerintahan
 • Camat Haryanto,SH,MM
Luas 55,93 km²
Jumlah penduduk 87.484 jiwa
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 29 desa/kelurahan

Juwana adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Kota Juwana merupakan kota di pesisir utara pulau Jawa yang terletak di jalur pantura yang menghubungkan kota Pati dan kota Rembang. Kota Juwana merupakan kota terbesar kedua di Kabupaten Pati setelah Pati. Di kota ini terkenal dengan industri kerajinan kuningan dan pembudidayaan bandeng.

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Nama Juwana kemungkinan berasal dari kata Jiwana, yang berasal dari kata bahasa Sansekerta, jiwa. Dengan demikian, perkataan Jiwana diduga adalah nama "Kahuripan" yang disansekertakan. Pendapat lain mengatakan bahwa Juwana berasal dari kata druju dan wana. Druju adalah nama pohon, sementara wana berarti hutan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Utara Laut Jawa
Selatan Kecamatan Jakenan dan Pati
Barat Kecamatan Wedarijaksa
Timur Kecamatan Batangan

Merupakan daerah pesisir dan dataran rendah dengan tanah berjenis aluvial dan red yelloy mediteran. Kota ini juga dilalui oleh sungai Juwana (disebut juga sungai Silugonggo) yang menjadi daerah aliran sungai waduk Kedungombo. Sungai terbesar di Kabupaten Pati ini tiap tahun mengakibatkan banjir termasuk di kota Juwana. Luas wilayah kecamatan Juwana adalah 5.593 ha (55,93 km²)

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk kecamatan Juwana sebanyak 87.484 jiwa (2006) yang terdiri atas 43.565 jiwa laki-laki dan 43.919 jiwa penduduk perempuan. Mayoritas penduduk kecamatan Juwana bermata pencarian sebagai petani, nelayan dan buruh.

Kecamatan ini mempunyai banyak lapangan kerja. Hal yang menjadi ciri khas kecamatan Juwana adalah usaha kerajinan logam kuningan yang sebagian besar terdapat di desa Growonglor dan sekitarnya, serta usaha tambak perikanan di desa Bajomulyo, Agungmulyo dan desa-desa sekitarnya. Dua perusahaan kuningan terbesar dari kota Juwana adalah Krisna & Sampurna.

Kota Juwana juga merupakan kota industri. Pabrik Rokok Djarum mempunyai cabang produksi di Kota Juwana, dan juga Pabrik Rokok Tapel Kuda, yang merupakan salah satu pabrik rokok tertua di Indonesia, basis produksi nya berada di kota Juwana. Selain Pabrik Rokok, kota Juwana juga memiliki pabrik minyak kacang.

Pelabuhan Juwana menjadi salah satu tulang punggung kekuatan perekonomian kecamatan Juwana. Pelabuhan ini menjadi salah satu pintu masuk kapal-kapal pengangkut kayu dari Kalimantan. Hasil tambak maupun tangkapan nelayan yang didapat antara lain: bandeng, udang, tongkol, kakap merah, kepiting, ikan pe, cumi, dan kerapu.

Baru-baru ini dibuka sebuah wahana wisata air dan darat baru di Juwana, tepatnya di Jl. Juwana - Rembang Km.8 Ds. Bumimulyo (Mujil) Kec. Batangan Kab. Pati. Nama wahana wisata ini adalah Juwana Water Fantasy, terdiri dari 37 wahana yang diharapkan oleh pemiliknya yang merupakan warga juwana aseli menjadi salah satu obyek wisata kebanggan Juwana yang dikenal diseluruh Indonesia

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Juwana terdiri atas 29 desa yang terdiri atas 87 Rukun Warga (RW) dan 362 Rukun Tetangga (RT). Desa-desa tersebut yaitu:

  1. Agungmulyo
  2. Bajomulyo
  3. Bakarankulon
  4. Bakaranwetan
  5. Bendar
  6. Bringin
  7. Bumirejo
  8. Doropayung
  9. Dukutalit
  10. Gadingrejo
  11. Genengmulyo
  12. Growongkidul
  13. Growonglor
  14. Jepuro
  15. Karang
  16. Karangrejo
  17. Kauman
  18. Kebonsawahan
  19. Kedungpancing
  20. Ketip
  21. Kudukeras
  22. Langenharjo
  23. Margomulyo
  24. Mintomulyo
  25. Pajeksan
  26. Pekuwon
  27. Sejomulyo
  28. Tluwah
  29. Trimulyo

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Juwana memilikibanyak lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Lembaga pendidikan itu antara lain:

Tempat Istirahat[sunting | sunting sumber]

  • Hotel Graha Dewata, Jl. Juwana-Pati Km.1 No: 2 Juwana (0295) 471481. Cocok untuk para pebisnis dari luar Juwana yang membutuhkan tempat istirahat atau para wisatawan yang hendak transit sejenak sebelum melanjutkan perjalanan

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Kwik Kian Gie adalah tokoh nasional kelahiran Juwana.
  • Tasiman adalah mantan bupati pati kelahiran Juwana.