Gunungwungkal, Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gunungwungkal
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Pati
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 61, 80 m²
Jumlah penduduk 34.950 Jiiwa
Kepadatan 400 juta jiwa/km²

Gunungwungkal adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia.

Kecamatan Gunungwungkal adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Pati, berjarak sekitar 60 km dari pusat Kota Pati ke arah utara, di sebelah barat Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kudus tepatnya di kaki Gunung Muria, Sedangkan di sebelah timur kecamatan ini berdampingan dengan Kecamatan Tayu dan Kecamatan Margoyoso.sementara di bagian utara bersinggungan dengan Kecamatan Cluwak,sedangkan untuk wilayah utara kecamatan ini bertemu dengan Kecamatan Tlogowungu.

Luas[sunting | sunting sumber]

Dengan luas wilayah 61,80 m2 kecamatan ini menjadi salah satu kecamatan yang terhitung kecil di Kabupaten Pati, dengan wilayah sebagian adalah persawahan dan perbukitan. Dengan jumlah penduduk sekitar 34.950 jiwa terdiri dari 17.559 jiwa laki-laki dan 17.391 jiwa perempuan, menjadikan kecamatan ter kecil penduduknya di Kabupaten Pati. Penduduknya tersebar di beberapa desa di kecamatan itu yaitu :

- Kelurahan/Desa Bancak (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Gadu (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Gajihan (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Giling (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Gulangpungge (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Gunungwungkal (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Jembulwunut (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Jepalo (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Jrahi (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Ngetuk (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Perdopo (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Pesagen (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Sampok (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Sidomulyo (Kodepos : 59156)

- Kelurahan/Desa Sumberejo (Kodepos : 59156

Pertanian[sunting | sunting sumber]

Berada di daerah antara persawahan dan perbukitan tak pelak penduduk di kecamatan ini sebagian besar adalah petani, dengan Palawija dan Padi menjadi andalan mereka, selain Buah-buahan.Selain itu juga perternakan di jadikan andalan di daerah ini untuk menunjang perekonomian mereka. Seiring dengan berjalannya waktu penduduk daerah sini pun sebagian besar mengalih fungsikan lahan mereka dengan menanam Pohon Ubi, mengingat daerah tersebut dengan pengolahan Pati atau bahan baku Tepung Tapioka.

Kecamatan Gunungwungkal merupakan salah satu dari beberapa kecamatan di Kabupaten Pati sebagai penghasil Buah-buahan serta Palawija.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Selain pertanian, Wisata juga sedikit memberi nilai masuk pada penduduk desa ini, terletak di Lereng Gunung Muria serta daerahnya yang masih hijau menjadikan kecamatan ini menjadi salah satu daerah wisata alternatif bagi Masyarakat Pati. Ada satu wisata alam yang belum sepenuhnya di kelola oleh Pemerintah Kabupaten Pati yaitu Air Terjun Grejegan Sewu atau lebih di kenal Air Terjun Perawan. masyarakat setempat berharap agar potensi wisata tersebut dapat di kelola oleh Pemerintah Kabupaten Pati agar bisa menjadi salah satu wisata andalan di Kabupaten Pati serta mampu menopang perekonomian masyarakat setempat dengan menjajankan hasil Buahnya.

Di sisi Pendidikan daerah ini termasuk daerah yang masih tertinggal untuk Kabupaten Pati. di harapkan pemerintah secara aktif untuk terus memajukan mutu Pendidikan di daerah ini.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Bancak
  2. Gadu
  3. Gajihan
  4. Giling
  5. Gulangpungge
  6. Gunungwungkal
  7. Jembulwunut
  8. Jepalo
  9. Jrahi
  10. Ngetuk
  11. Perdopo
  12. Pesagen
  13. Sampok
  14. Sidomulyo
  15. Sumberejo