Tambakromo, Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tambakromo
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPati
Pemerintahan
 • CamatTony Romas Indriarsa, SSTP, MM.
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri33.18.03
Kode BPS3318030
Luas212 km²
Desa/kelurahan15 desa
3 kelurahan

Tambakromo (sebelumnya bernama Penancangan/Panancangan) (Jawa: ꦠꦩ꧀ꦧꦏꦿꦺꦴꦩꦺꦴ) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia.

Kecamatan Tambakromo terletak di bagian selatan Kabupaten Pati. Bagian selatannya merupakan bagian dari Pegunungan Kapur Utara yang sekaligus menjadi pembatas dengan Kabupaten Grobogan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dahulunya kecamatan ini menjadi bagian dari Kawedanan Kayen. Kecamatan ini dibentuk pada tahun 1965 berdasarkan:

Dahulunya kecamatan ini bernama Kecamatan Penancangan yang beribu kota di Desa Penancangan sebelum dimasukannya Desa Penancangan dan Desa Sambarpayung untuk membentuk wilayah Kecamatan Gondosari pada tahun 2005 yang merupakan pemekaran dari Kecamatan ini yang dibentuk PERDA Kabupaten Pati nomor 8 tahun 2005 tentang pembentukan 11 (sebelas) kecamatan di Kabupaten Pati, serta penataan, perubahan nama kecamatan dan pemindahan ibu kota kecamatan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayah Kecamatan Tambakromo setelah pemekaran tahun 2005 yaitu:

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

Setelah tahun 2005, setelah penataan, pembentukan dan perubahan nama kecamatan, ditambah dengan desa-desa Larangan dan Keben dari Kecamatan Kayen, serta dikurangi dengan Desa-desa Panceng, Brati Wetan dan Sitirejo Kulon untuk dimasukkan ke dalam Kecamatan Kayen, serta Desa-desa Penancangan dan Sambarpayung untuk dimasukkan dan untuk membentuk Kecamatan Gondosari, serta sekarang terbagi atas 15 desa dan 3 kelurahan, yakni: