Kayen, Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kayen
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Pati
Pemerintahan
 • Camat Jabir/Puji Raharjo
Luas 96,03 km²
Jumlah penduduk 71.131 jiwa
Kepadatan 731 jiwa/km²

Kayen ( Kode pos : 59171 ) adalah salah satu dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Pati,Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.Kecamatan ini beribukota di Kayen,yang berjarak 17 Km dari pusat Kota Pati.Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Sukolilo,sebelah utara dengan Kab. Kudus dan Kecamatan Gabus,sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Tambakromo dan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Grobogan.Keempat dari Kecamatan ini ( Eks Kawedanan Kayen ),yaitu Kayen,Sukolilo,Gabus,dan Tambakromo sering disebut sebagai wilayah Pati Kidul ( selatan ).Yang dibatasi oleh Sungai Juwana dengan daerah utara.

Kota Kayen sebagai ibukota kecamatan sekaligus desa terbesar dan Paling ramai di Kecamatan ini,terletak di jalur strategis jalan trans kabupaten yang menghubungkan Kota Pati dengan Kota Purwodadi di sebelah selatan.Juga termasuk dari 4 pusat pengembangan bersama dengan Pati,Juwana dan Tayu yang ada di Kabupaten Pati.Meskipun begitu,banyak fasilitas yang banyak dibangun disini.Antara lain Pasar,RSUD,alun-alun,pasar modern,masjid,gereja,Sekolah,Perbankan,dan kantor pemerintahan.

Bentang Alam[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kayen tergabung kedalam daerah selatan di wilayah Kabupaten Pati.Akibatnya,wilayah ini tidak memiliki batas dengan laut.Pada bagian utara kecamatan,bentang alamnya berupa daerah rawa-rawa dan persawahan.Ini berkaitan karena tanah disekitar daerah ini dekat dengan alur sungai Juwana.Sehingga tiap tahun ketika banjir terjadi,air akan menggenangi wilayah persawahan ini dengan waktu yang cukup lama.

Pada bagian tengah,bentang alam berupa perkebunan.Beralih ke bagian tengah kecamatan,untuk wilayah ini sudah padat dengan perumahan penduduk,bangunan-bangunan,jalan raya dan sedikit persawahan.Terdapat beberapa alur sungai kecil yang melintasi desa-desa yang berada di bagian tengah kecamatan ini.

Pada bagian paling selatan,kenampakan daerah berupa dataran tinggi.Umumnya pada wilayah ini adalah hutan rakyat dan tegalan,karena memang berada pada deretan pegunungan Kapur Utara.Banyak terdapat hutan jati dan kandungan Karts/Kapur di tempat ini.Usaha Pertambangan rakyat maupun skala besar sudah mulai dirintis.

Tempat Wisata[sunting | sunting sumber]

Tempat wisata di Kecamatan Kayen antara lain :

1. Goa Pancur,terletak di desa jimbaran sekitar 3 km arah selatan dari pusat Kota Kayen.tempat wisata ini berupa gua lebar yang terletak di kaki bukit serta sebuah telaga kecil berukuran 200 m².Pernah menjadi pusat kegiatan Jambore Raimuna Pramuka se-Jawa Tengah pada tahun 1996.Saat ini,sejumlah fasilitas yang pernah dibangun pada masa Orde Baru telah banyak yang rusak dan butuh perhatian khusus dari Pemkab Pati.

2. Makam Syekh Jangkung,terletak di Dk. Landoh,Kayen.Adalah sebuah tempat wisata yang menyajikan wisata religi.Syekh Jangkung merupakan murid Sunan Kudus yang sangat cerdas dan diberi kemampuan lebih dibanding murid yang lain.Tempat wisata ini biasanya ramai pada Bulan Rajab yang bertepatan dengan Haul Syekh Jangkung/Mbah Saridin.

3. Pemancingan Desa Talun,terletak 3 km utara desa Kayen atau 15 km selatan kota Pati.Disini disajikan kegiatan agrowisata yang cukup menarik bagi pengunjung.Hamparan tambak yang luas dan pilihan pemancingan yang beragam,semakin memanjakan bagi para pecinta pemancing ikan.Desa Wisata Talun diresmikan oleh Gubernur Bibit Waluyo sebagao Desa Wisata Mandiri pada tahun 2013 lalu.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Beketel
  2. Boloagung
  3. Brati
  4. Durensawit
  5. Jatiroto
  6. Jimbaran
  7. Kayen
  8. Pasuruhan
  9. Pesagi
  10. Purwokerto
  11. Rogomulyo
  12. Slungkep
  13. Srikaton
  14. Sumbersari
  15. Sundoluhur
  16. Talun
  17. Trimulyo