Jaroslav Seifert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jaroslav Seifert 1981
photo Hana Hamplová
Jaroslav Seifert (1931)

Jaroslav Seifert Tentang suara ini dengarkan (IPA: [ˈjaroslaf ˈsajfr̩t]) (lahir 23 September 1901 – meninggal 10 Januari 1986 pada umur 84 tahun) adalah seorang penulis, penyair, dan wartawan Cekoslowakia yang memenangkan Hadiah Nobel Sastra.

Lahir di Žižkov, pinggiran Praha yang saat itu menjadi bagian Austria-Hongaria, kumpulan sajaknya pertama kali diterbitkan pada tahun 1921. Ia merupakan anggota Partai Komunis, penyunting sejumlah surat kabar dan majalah komunis - Rovnost, Srsatec, dan Reflektor - dan pekerja di rumah penerbitan komunis.

Selama 1920-an ia dianggap sebagai perwakilan utama avant-garde artistik Cekoslowakia. Ia merupakan salah satu pendiri jurnal Devětsil.

Pada bulan Maret 1929, ia dan 6 penulis komunis penting lainnya diusir dari Partai Komunis karena menandatangani sebuah manifesto yang memprotes kecenderungan Bolshevik dalam kepemimpinan baru Partai Komunis Cekoslowakia.

Kemudian ia bekerja sebagai wartawan dalam persatuan sosial-demokrat dan dagang antara 1930-an dan 1940-an.

Pada tahun 1949 Seifert meninggalkan kewartawanan dan mulai mencurahkan diri semata-mata dalam dunia sastra. Puisinya dianugerahi sejumlah penghargaan negeri pada tahun 1936, 1955, dan 1968, dan pada tahun 1967 ia diangkat sebagai Seniman Nasional. Ia merupakan ketua resmi Persatuan Penulis Cekoslowakia selama beberapa tahun (1968-70).

Pada tahun 1977 ia merupakan salah satu tokoh yang menandatangani Piagam 77 dalam melawan pemerintahan represif saat itu.

Seifert dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Sastra pada tahun 1984. Karena kesehatannya memburuk, ia tak hadir saat upacara penganugerahannya, sehingga puterinya mewakilinya menerima Hadiah Nobel atas namanya (Beberapa sumber menyebutkan bahwa pemerintah tak mengizinkannya menerima penghargaan itu). Meskipun menjadi masalah besar, ada catatan singkat dalam media negeri itu yang dikendalikan oleh negara. Ia meninggal pada tahun 1986 dan dimakamkan di pemakaman kota Kralupy nad Vltavou. Pemakamannya ditandai dengan kehadiran banyak polisi rahasia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]