Anatole France

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan Anatole France oleh Leroux.

Anatole France (lahir di Paris, 16 April 1844 – meninggal di Tours, 12 Oktober 1924 pada umur 80 tahun) adalah seorang penulis, kritikus urban, salah satu tokoh utama dalam sastra Perancis akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, yang dianugerahi Penghargaan Nobel Sastra tahun 1921. Skeptisisme France sudah Nampak dalam karya-karya awalnya, namun kemudian permusuhan terhadap kaum borjuis menyebabkannya mendukung Partai Komunis Perancis. Pada tahun 1920 tulisan-tulisannya didaftarkan dalam Indeks Buku Terlarang oleh Gereja Katolik Roma.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Nama aslinya adalah Jacques Anatole François Thibault. Ayah France adalah seorang penjual buku dan menyebut tokonya 'Librarie de France' – dari sinilah sang penulis mengambil nama marga. Sejak belia France sudah tertarik dengan buku dan membaca. Ia belajar di Collége Stanislas, di mana ia mulai bersikap anti-pendeta. Setelah gagal ujian sarjana muda beberapa kali, France akhirnya lulus dalam usia 20 tahun. Pada tahun 1860-an ia menjadi asisten ayahnya, lalu ia menjadi kataloger dan asisten penerbit di Bacheline-Deflorenne dan di Lemerre, dan ia juga bekerja sebagai guru.

Saat ayahnya pensiun, France menjalani sejumlah pekerjaan sebagai asisten editor. Ia menjadi anggota kelompok penyair Parnassian, Gautier, Catulle, Mendes, dll, dan membangun reputasi tinggi dalam lingkaran sastra. Selama Perang Perancis-Prusia, France bertugas sebentar di pasukan itu, dan terkejut dengan pertumpahan darah di Komune Paris tahun 1871.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1875 surat kabar Le Temps meminta France menulis serangkaian artikel kritik pada tulisan kontemporer. Ia memulai kolum mingguannya pada tahun berikutnya, yang diterbitkan antara 1889 dan 1892 dalam 4 jilid dengan judul La Vie Littéraire. Pada tahun 1876 France diangkat sebagai pustakawan asisten untuk Senat Perancis, sebuah kedudukan yang dipegangnya selama 14 tahun.

Sebagai novelis France membuat gebrakan dengan Le Crime de Sylvestre Bonnard. Seperti karyanya yang lain, buku ini menatap balik ke abad ke-18 sebagai zaman keemasan. Protagonisnya, seorang cendekiawan tua yang skeptis Sylvester Bonnard, merupakan yang pertama dari serangkaian tokoh fiktif, yang menampilkan watak pribadi France. Novel itu dipuji untuk prosanya yang elegan dan ironi yang membuatnya memenangkan sebuah penghargaan dari Akademi Perancis.

Antara tahun 1897-1901 France menulis 4 novel dengan judul l'Histoire contemporaine, sebuah laporan fiktif akan Belle Epoque. Jilid pertama memperkenalkan persona France lain yang penting, monsieur Bergeret, seorang guru sekolah sementara. Pada tahun 1893 ia menerbitkan La Rôtisserie de la reine Pédauque. Ia memperkenalkan Jérôme Coignard, yang digunakan France sebagai kendaraan untuk kritik sosial dalam Les Opinions de Jérôme Coignard (1893). Selama 1890-an dan awal 1900-an France menganjurkan reformasi sosial dan menyerang kelemahan masyarakat kontemporer dan gereja. France menghentikan pekerjaan perpustakaannya di senat pada tahun 1890, dan dipilih ke Academie francaise pada tahun 1896.

Beberapa karya terakhir France adalah L'Île des Pingouins (1908), di mana masalah evolusi kemanusiaan dialegorikan secara satir melalui perwujudan pinguin ke dalam manusia – setelah hewan itu dibaptis secara keliru oleh si mata ayam Abbot Mael. Biografi 2 jilid, Vie de Jeanne d'Arc (1908), kurang diterima – kaum Katolik mengkritik penggambaran realistik Jeanne d'Arc dan para sejarawan banyak mempertanyakan keakuratan sejarahnya. Les Dieux ont soif (1912) adalah sebuah novel sejarah mengenai Revolusi Perancis. Dalam La Révolte des angels (1914) seorang malaikat, yang dirusak oleh dunia buku, menyadari bahwa persaudaraannya yang jatuh itu benar.

Peristiwa Dreyfus[sunting | sunting sumber]

Anatole France berperan penting dalam kasus Dreyfus (1896) dengan penulis lain, di depan mereka Émile Zola dengan artikel terkenalnya J'accuse. France mendiskusikan peristiwa itu dalam 4 jilid l'Histoire contemporaine, berjudul Monsieur Bergeret à Paris (1901). Ia merupakan orang pertama yang menandatangani manifesto Emile Zola, mengutuk dakwaan palsu atas pengkhianatan kepada Alfred Dreyfus, seorang kapten Yahudi, yang telah diangkat untuk melindungi perwira tinggi pasukan dari skandal korupsi yang tampak.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

France menikahi Valérie Guérin de Sauville pada tahun 1877 dan menerbitkan kumpulan cerita pertamanya pada tahun 1879. Pernikahan itu berakhir dengan perceraian pada tahun 1893, beberapa tahun setelah perselingkuhannya dengan Mme Arman de Caillavet (Leontine Lippmann), yang mengilhami fantasi Kristennya Thaïs (1890), yang berhubungan dekat dengan karya Gustave Flaubert, La Tentation de Saint Antoine. Les Lys Rouge (1894), adalah sebuah roman à clef yang mengisahkan hubungan mereka, dan mendapatkan kesuksesan tinggi. Ia memimpin salon Armand de Caillavet hingga kematiannya pada tahun 1910.

15 tahun terakhir kehidupan France ditandai dengan kesulitan pribadi, beberapa darinya diciptakannya sendiri. Puterinya Suzanne meninggal pada tahun 1917, kekasihnya Mme Arman, yang mulai dikhianatinya dengan wanita lain pada awal 1904, sakit parah dan meninggal pada tahun 1910. Ia menipu penjaga rumahnya, Emma Laprevotte, yang kemudian dinikahinya, dan seorang wanita Amerika Serikat yang kemudian ditinggalkan, bunuh diri pada tahun 1911.

Kematian[sunting | sunting sumber]

France meninggal pada tanggal 12 Oktober 1924, di Tours, di mana ia pindah setahun sebelumnya. Anggota pemerintahan Perancis berpangkat tertinggi menghadiri pemakamannya. Penyair Paul Valery menggantikan Anatole France dan mengucapkan amanat yang di luar kebiasaan. Alih-alih menyampaikan pujian padanya, ia malah menyerang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ferdinand de Lesseps
Kursi 38, Académie française
1896-1924
Diteruskan oleh:
Paul Valéry