Carl Spitteler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Carl Spitteler

Carl Friedrich Georg Spitteler (24 April 184529 Desember 1924) adalah seorang penyair imajinasi visioner Swiss dan pengarang kisah pesimistik namun heroik. Ia dianugerahi Nobel Sastra tahun 1919.

Seorang guru privat selama 8 tahun di Rusia dan Finlandia, Spitteler menurut karya puisi besar pertamanya, judulnya Prometheus und Epimetheus (1881), menyusul saat kembalinya. Selama beberapa tahun ke depan, saat ia harus hidup dari mengajar dan jadi wartawan, ia mulai mengekspresikan diri di kisaran luas sastra. Pada tahun 1892 sebuah pengakuan memungkinkannya tinggal di Luzern dan mencurahkan diri pada karya kreatif

Karya terbesar kedua Spitteler (yang mengantarkannya memenangkan Nobel) adalah epik puitis Der olympische Frühling (1900-05; direvisi tahun 1910), di mana ia menemukan jangkauan penuh untuk penemuan hebat dan secara gamblang kekuatan ekspresif. Pada tahun-tahun terakhir ia berhenti berkaya dan mulai menulis kembali karya-karya pertamanya dengan gubahan yang lebih ketat daripada versi awalnya dan, seperti Der olympische Frühling, dalam bait berirama, muncul pada tahun 1924 dengan judul Prometheus der Dulder.

Bermacam karya yang tak mengenai pokoqnya berasal dari masa pertengahan Spitteler. Ia menciptakan Extramundana (1883) dalam bentuk sajak, 7 mitos kosmik penemuannya sendiri; Balladen (1896); Literarische Gleichnisse (1892); dan 2 siklus lirik, Schmetterlinge (1889) dan Gras- und Glockenlieder (1906). Ia juga menulis 2 karya besar--Die Mädchenfeinde (1907), sebuah syair anak-anak yang berasal dari pengalamannya sendiri; dan Conrad der Leutnant (1898), Novelle yang diselesaikan secara dramatis di mana ia mendekati naturalisme yang sebaliknya ia benci. Novelnya Imago (1906) begitu tajam menggambarkan konflik dalamnya antara pemberian visioner dan nilai kelas menengah yang memengaruhi perkembangan psikoanalisis. Ia menerbitkan 1 jilid esai yang menstimulasi, Lachende Wahrheiten (1898), dan beberapa karya biografis yang mempesona, termasuk Meine frühesten Erlebnisse (1914). Pada tahun 1914 ia menerbitkan sebuah risalat yang dipengaruhi politik, Unser Schweizer Standpunkt, yang diarahkan terhadap pandangan pro-Jerman satu sisi atas Perang Dunia I.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]