Luigi Pirandello

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Luigi Pirandello
Luigi Pirandello 1934.jpg
Lahir 28 Juni 1867
Agrigento, Sicily, Italia
Meninggal 10 Desember 1936 (umur 69)
Bosio, Roma, Italia
Pekerjaan Penulis drama, novelis
Kebangsaan Italia
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Sastra 1934

Luigi Pirandello (Agrigento, 1867Roma, 1936) adalah seorang penulis, novelis, dan dramawan Italia. Bersama dengan Salvatore Quasimodo ia adalah orang Sisilia yang mendapatkan Penghargaan Nobel dalam Sastra.

Kehidupan dan karya[sunting | sunting sumber]

Luigi Pirandello lahir di Girgenti (Agrigento) pada tahun 1867. Menulis drama dan novel dalam bahasa Sisilia, ia menempuh pendidikan di Universitas Roma kemudian menyelesaikan S2 di Universitas Bonn, menulis disertasi mengenai dialek tempat tinggalnya. Sisilia merupakan sumber ilham di mana ia mengarang karyanya dalam bahasa Italia maupun Sisilia.

Seni Pirandello berkembang dari iklim kekecewaan mendalam akan sejarah dan budaya. Dijiwai oleh keperluan yang luar biasa untuk lepas dari segala ketentuan pasti, tanpa ampun Pirandello membongkar setiap bagian rujukan yang terasa mengada-ada.

Dinominasikan untuk Akademi Italia pada tahun 1929, ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Sastra pada tahun 1934. Beberpaa karyanya antara lain Il Fu Mattia Pascal(1904), Uno, Nessuno e Centomila (1926) dan Novelle per un Anno (1926). Liolà adalah karya yang ditulis Pirandello dalam bahasa Sisilia.

Pirandello juga menulis karya drama teater seperti Lumie di Sicilia, Così è (Se Vi Pare), Sei Personaggi in Cerca d'Autore, Enricu IV]. Karya-karyanya menerima esai kritik di Italia maupun di seluruh dunia. Penulisannya, meski hampir sempurna sejalan dengan begitu banyak seni di akhir abad ke-19 dan dan awal abad ke-20, tak pernah terbawa dalam disagregasi namun dengan jelas menuliskannya.

Ia meninggal di Roma pada tahun 1936.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bahasa Italia[sunting | sunting sumber]

Bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]