Jalur kereta api Wonokromo-Sidoarjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jalur kereta api Wonokromo-Sidoarjo adalah jalur rel yang menghubungkan Stasiun Wonokromo dan Stasiun Sidoarjo di Daop VIII Surabaya. Jalur ini dilintasi kereta api lokal, komuter maupun ekspres (jarak jauh). Jalur ini terdapat beberapa halte kereta api yang khusus hanya untuk Kereta api Delta Ekspres (KA Komuter). Pada jalur ini, bila anda naik kereta api dari Wonokromo ke Sidoarjo, anda bisa melihat pemandangan jalan raya yang memiliki lalu lintas yang padat di sisi barat rel, mulai dari Stasiun Wonokromo hingga Halte Buduran. Jalur ini terhubung dan menghubungkan dengan Jalur Kereta api Surabaya Kota - Wonokromo, Jalur Kereta api Kertosono - Wonokromo, Jalur Kereta api Sidoarjo - Bangil dan Jalur Kereta api Sidoarjo - Tarik.

Kereta Api yang Melintas[sunting | sunting sumber]

Profil Jalur[sunting | sunting sumber]

  • Rel ukuran R42 keluaran tahun 1961/1962 bantalan beton (kecuali di jembatan baja yang menggunakan bantalan kayu) dan penambat bantalan DE Spring Clip.
  • Pembatasan Kecepatan (Taspat) berkisar antara 60-70 kilometer per jam, tergantung musim, kondisi rel, tanah fondasi dan lingkungan sekitar.

Stasiun Antara[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah stasiun-stasiun yang berada di dalam jalur ini: